HUBUNGAN PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA SDN 07 DOMPU
Abstract
Penguatan (Reinfocement) yang diberikan kepada peserta didik melalui pujian ataupun penghargaan merupakan salah satu upaya dalam memotivasi peserta didik agar menyadari pentingnya sikap disiplin, sehingga peserta didik akan akan melatih diri bersikap disiplin. Melalui pemberian penguatan secara terus menerus, memungkinkan peserta didik akan terbiasa mengikuti segala peraturan sekolah. Sehingga tujuan dari pencapaian proses pembelajaran dapat terpenuhi yaitu terciptanya keefektifan belajar yg diperoleh dari sikap disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pemberian penguatan terhadap kedisiplinan siswa SD Negeri 07 Dompu tahun Pembelajaran 2023/2024. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan pemberian penguatan terhadap kedisiplinan siswa SD Negeri 07 Dompu tahun Pembelajaran 2023/2024. Hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,438 > 0,312 pada taraf signifikansi 5 %. Ini bermakna Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan pemberian penguatan terhadap kedsiplinan siswa SD Negeri 07 Dompu tahun Pembelajaran 2023/2024.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Eka Purwanti, dan Yantoro, I. S. P. (2020). Kedisiplinan siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 112–117.
Anwar, A. M. (2022). Pemberian Penguatan ( Reinforcement ) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Journal of Islamic Education Policy, Vol. 7 No., 52–67.
Depdiknas. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. 1(2), 1–15.
Dewi, G. Y., Ruskandi, K., & Ruswan, A. (2021). Renjana Pendidikan 1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD Kampus UPI di Purwakarta 2021 Tersedia daring pada: http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk Analisis Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar. 1561–1567. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk
Maulidia, S. Z., Maulidia, S. Z., Bua, A. T., & Nanna, A. W. I. (2021). Kedisiplinan Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Jurdiknas Borneo), 02(1), 111–120.
Nelyahardi, N. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 202–218. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6806
Pradnyayoni, W. (2017). Keterampilan Dasar Mengajar Memberi Penguatan Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar, 1(1), 1–48. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW
Riduwan. (2019). Belajar Mudah Untuk Guru Karyawan Peneliti Pemula. Alfabeta.
Rohman, F. (2018). Peran Pendidik Dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah / Madrasah. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1), 72–94.
Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Wahyulestari, M. R. D. (2018). Keterampilan Dasar Mengajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA UMJ, 199–210.
DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i2.10792
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 angga putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.