Pengaruh Metode Bercerita terhadap Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sd Negeri Mangkura IV Makassar

Tamara Nagita, Hambali Hambali, Andi Adam

Abstract


Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya aktifitas murid, kebanyakkan murid yang takut dan malu untuk berbicara di depan umum. Adapun rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh metode bercerita terhadap keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mangkura 4 Makassar. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mangkura 4 Makassar. Penelitian ini adalah Penelitian ini merupakan penelitian korelatif (hubungan) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian hubungan bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih serta mengetahui pengaruhnya. Pada pelaksanakannya dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan Evaluasi. Subjek penelitian adalah muris kelas IV SD Negeri Mnagkura 4 Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif Hasil perhitungan analisis hipotesis yang dilaksanakan kelas IV SD Negeri Mangkura 4 Makassar Kecamatan Ujung Pandang, Kelurahan Sawerigading, Kota Makassar, Sulawesi Selatan sebesar adalah 0.558. Selain uji hipotesis diuji juga dengan nilai koefisien determinasi sebesar 31.13%. Uji terakhir yang dilakukan adalah uji signifikansi untuk mengetahui apakah hipotesis yang dibuat dari awal diterima atau ditolak dari. Hasil uji signifikansi adalah sebesar 3.560. Nila rata-rata sebesar 72,82% dengan kategori baik maka dari hasil penelitian menunjukan jika metode bercerita dan keterampilan berbicara saling berpengaruh dalam hasil belajar dan aktivitas belajar murid. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan jika metode bercerita dan keterampilan berbicara saling berpengaruh dalam hasil belajar dan aktivitas belajar murid.


Full Text:

PDF

References


Akhadiah, dkk 1991. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia Jakarta: Penerbit Erlangga

Ahmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: YA 3 Malang.

Amier, Muhammad, 2014. Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Makassar: Unismuh Makassar

Arsjad, Maidar G, 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Arikunto, Suharsimi, 2006. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Asara.

------------------------, 2013. Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bachri, Bachtiar S, 2005. Pengembangan Kegiatan Bercerita Di Taman Kanak-kanak, Teknik, dan Prosedurnya. Jakarta: Dirjen Dikti.

Bungin, Burhan, 2013. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Djiwandono, M. Soenardi. 1996. Tes Bahasa Dalam Pengajaran. Bandung: Penerbit ITB.

Hadi, Sutrisno, dkk. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Haryadi dan Zamzani. (1996/1997). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Hasan, M. Iqbal, 2001. Metodologi Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Jonathan, Sarwono, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta:Graha Ilmu

Margono, 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Musfiroh, Tadkiroatun, 2005. Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Dirjen Dikti.

Moeslichatoen, Metode penajaran di taman kanak-kanak, Malang: Rhieka Cipta

Nurancana, Wayan, 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Noor, Juliansyah, 2011. Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Prabantara, Esti Wijayanti, 2015. Peningkatan Keterampilan Berbicara

Riduwan, 2004. Metode Riset. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rofi’uddin dan Zuhdi, Ahmad dan Darmiyati. (1998/1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti.

Sibarani, Robert, 2004. Antropolinguistik. Medan: Poda

Sukmadinata, Nana, Syaodih, 2013. MetodePenelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugihartono, dkk, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono, 2011 Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta CV.

------------, 2010. Pendekatan Penelitian Kuatintatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Usman, Moh Uzer 2006 Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wuryandani, Wuri 2011. Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Nuha Litera.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v1i2.1078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Tamara Nagita, Hambali Hambali, Andi Adam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.