Pengaruh Metode Permainan terhadap Hasil Belajar Perkalian pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDN 319 Lokajaha Kabupaten Bulukumba

Amril Amril, Ernawati Ernawati

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode permainan terhadap hasil belajar perkalian pada mata pelajaran matematika kelas III SD Negeri 319 Lokajaha Kabupaten Bulukumba tahun ajaran 2017/2018.  Sedangkan penelitian ini mengacu pada criteria hasil pembelajaran yaitu ketuntasan belajar individu. Penelitian ini mengacu pada hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika. desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design, yaitu penelitian yang hanya menggunakan satu kelas kontrol tanpa ada kelas pembanding. Penelitian dilaksanakan selama 6 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes awal dan tes akhir. Lembar observasi untuk mengamati kemampuan hasil belajar perkalian siswa pada mata pelajaran matematika menggunakan metode permainan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata tes hasil belajar matematika sebelum diterapkannya metode permainan (pretest) adalah 62,56. Dan berada pada kategori sangat rendah dengan standar deviasi 3,81 dimana skor terendah diperoleh adalah 33,00 dan skor tertinggi adalah 93,00 dari skor ideal 100. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 5 siswa atau 17,86% mencapai ketuntasan individu sementara 23 siswa atau 82,14 % tidak mencapai ketuntasan individu dan ini berarti bahwa ketuntasan secara klasikal tidak tercapai dan setelah diterapkannya model pembelajaran tersebut (posttest) diperoleh skor rata-rata  tes hasil belajar siswa adalah 80,93 dan berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 4, 53 dimana skor terendah diperoleh 62,00 dan skor tertinggi 100 dari skor ideal 100. Dari hasil tersebut bahwa 22 siswa atau 78,57% mencapai ketuntasan individu, sementara 6 siswa atau 21,43% tidak mencapai ketuntasan individu dan ini berarti bahwa ketuntasan secara klasikal dapat tercapai. Berdasarkan hasil penelitian, maka metode permainan berpengaruh dan dapat diterapkan terhadap hasil belajar perkalian pada mata pelajaran matematika kelas III SD Negeri 319 Lokajaha Kabupaten Bulukumba.

Full Text:

PDF

References


Abdurahman. 2012. Pendekatan PAILKEM untuk meningkatkan Hasil Belajar. Bandung: Andira

Adjie, N. dan Maulana. 20016. Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: UPI Press

Ediaty. 2008. Kelebihan dan Kekurangan Mathmagic. Jakarta: Mizan

Enik, Chaerul Umah. 2013. Peningkatan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat melalui MTB pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Jurnal Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2): 40-48

Handojo. 2007. Cara Pandang Baru Belajar Matematika. Bandung: Rosdakarya

Harini, L.P.I., Nilakusmawati, D.P.E., 2014. Kajian efektivitas penerapan metode ringkas dalam perkalian susun. Jurnal Matematika, 4 (2): 111 – 129

Harlina. 2009. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara

Leonard. 2013. Peran kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2): 61-71

Maman & Sarjaya. 2014. Metode tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pengolahan data. Jurnal Formatif, 4(1): 71-79

Muhammad, As’adi. 2009. Menghidupkan Otak Kanan Pada Anak Anda. Yogyakarta: Power Books

Ruseffendi, E.T, dkk. 1992. Pendidikan Matematika. Jakarta: Depdikbud

Setyono. 2007. Matchmagic Untuk Pembelajaran Menyenangkan. Jakarta: Yudhistira

Suminah. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan menerapkan metode buzz grup pada Mata Pembelajaran IPS kelas IV SD. Skripsi Universitas Negeri Makassar.

Surakhmad, Winarno. 1982. Pengantar Interaksi dalam Belajar, Dasar dan Teknik Metode Pengajaran. Bandung: Tarsito

Suwangsih. 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press

Syafik, Abu. 2012. Permainan matematika sebagai metode alternatif dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal LIMIT-Pendidikan Matematika. 1 (2): 21-36

Yunus. 2005. Tantangan Pendidikan Abad 21. Jakarta: Grafindo

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

http://tips-belajar internet.blogspot.com/2009/08/hasil-belajar-matematika.html. diakses tanggal 02 Mei 2017

http://deparisiska.blogspot.com/2011/05/efektivitas-metode-mathmagic-dalam_16.html diakses tanggal 02 Mei 2017.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v1i2.1076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Amril Amril, Ernawati Ernawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.