Pengaruh Media Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar Murid Kelas V SD Inpres Karunrung

Sutra Wulandar, Muliani Azis, Hamzah Hamzah

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah media pembelajaran berbasis lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar murid kelas V SD Inpres Karunrung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Sedangkan tujuan penelitian yang dilakukan yaitu Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis lingkungan terhadap hasil belajar murid kelas V SD Inpres Karunrung. Penelitian yang dilakukan adalah termasuk Penelitian Asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh atau hubungan antara dua variabel atau lebih. Dengan menggunakan penelitian ini, maka peneliti dapat membangun teori yang dapat difungsikan untuk menjelaskan dan meramal suatu hasil dari gejala yang terjadi.. Subjek penelitian ini adalah murid kelas V B SD Inpres karunrung sebanyak 25 murid pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian expost facto.Ex post facto sebagai metode penelitian menunjuk kepada perlakuan atau manipulasi variabel bebas telah ada sebelumnya sehingga peneliti tidak perlu memberikan perlakuan lagi. Hasil kecenderungan penggunaan media berbasis lingkungan yang digunakan oleh guru menunjukkan hasil yang sedang atau Cukup baik. Dari 25 responden yang diteliti sebanyak 5 jawaban murid (20%) masuk dalam kategori tinggi,14jawaban murid (56%) masuk dalam kategori sedang, dan 6 jawaban murid (24%)  masuk dalam kategori rendah. Persamaan garis regresi sederhana dapat dinyatakan dalam persamaan Y=5,240+ 0,878 X dan koefisien korelasi (R) 0.645 yang berarti jika penggunaan media berbasis lingkungan (X) meningkat satu satuan maka Hasil Belajar Murid (Y) meningkat 0,878 satuan. Melalui analisis regresi sederhana diperoleh harga thitung  sebesar 9,012 dan ttabel  pada taraf signifikan 5% dengan ttabel (dk= n-1= 115) sebesar 1,658. Harga thitung  lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikansi dibawah  5% sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media berbasis lingkungan mempunyai pengaruh positif dansignifikan terhadap hasil belajar murid kelasVdi SD Inpres Karunrung

Full Text:

PDF

References


Anitah, Sri.2009. Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

Azhar,Arsyad. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Baharudidin dan Esa.2006. Pengertian Media. Diakses dari http://www.total.or.id/info.mediapadahari Kamis, 7 Juli2013,jam 13.45.

Baharudidin dan Esa. 2007.Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Pusada.

Basuki, Wibawa dan Farida Mukti. 2001. Media Pengajaran. Bandung: CV.Maulana.

Daryanto.2014. Perlunya Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah. Diakses 14 Juli 2016 dari http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/artikel-coba-2/edukasi/996-perlunya-pendidikan-lingkungan-hidup-di-sekolah.

Depdiknas.2006.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen serta Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Bandung: Citra Umbara.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain.2003. Strategi Balajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik,O. 2004.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbullah, Khamidah. 2008. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV MIN Kebonan Kecamatan Karang gede Boyolali. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.

Hendarwati,Endah.2010. Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuir iterhadap Hasil Belajar Siswa SDN 1 Sribit Delanggu pada Pelajaran IPA. Diakses1 9 Juli 2016 dari http://journal.umsida.ac.id/files/EndahV2.1.pdf.

Hujair, AH. Sanaky, 2009. Media Pembelajaran: Penerbit Safiria Insania Press, Yogyakarta.

Imam, Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ibrahim dan Nana Syaodih.2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Izzaty, Rita Eka dkk.2008.Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka

Karmon, Sigalingging. 2009. Model Evaluasi Kreativitas Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.“Jurnal Pendidikan Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan ”Yogyakarta: UNY.

Mulyani, Sumantri dan Johar Permana. 2001.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Raharjo. 2008. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, dkk. 2005.Landasan Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT Remaja Rosda Karya.

Sigalingging.Karmon. 2009.Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Siregar, S.2011.Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan manual dan Aplikasi SPSS Versi17.Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Esti Wuryani Djiwandono. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Sudjana.2005.Supervisi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Srini M.Iskandar. 2001.Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdikbud.

Sudarwan Danim. 1994.Media Komunikasi Pendidikan.Jakarta:BumiAksara.

Sudjana. 2001.Metode Statistika. Bandung: PT.Tarsito.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: AlfaBeta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Purnamawati, Harjanto dan Eldarni, Kemp and Dayton. 2010. Manfaat Media Benda Konkret. Disadur dari http://anindita-yukichan.blogspot.commedia.htmlpadahari kamis, 9 Agustus 2013, jam 09.15.

Udin S. Winataputra ,dkk. 2007.Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yusuf hadi Miarso, dkk. 1994. Definisi Teknologi Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v1i2.1074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sutra Wulandar, Muliani Azis, Hamzah Hamzah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.