Strategi Kesuksesan Tribun Timur Raih Youtube Awards 2022 Kategori Most Viewed News Channel

Rayfadil Dwi Juliady, Ahmad Syarif

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui srategi kesuksesan Tribun Timur raih Youtube Awards 2022 kategori Most Viewed News Channel. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini mengacu pada strategi manejemen media baru dari George R. Terry yaitu, (Planning), (Organizing), (Acting), dan (Controlling) POAC. Hasil penelitian menunjukkan strategi dalam mengelola media baru salah satunya platform Youtube dalam hal ini Tribun Timur sukses merai penghargaan Youtube Awards. Terdapat tahapan diantaranya: (1) Perencanaan, dalam merspon perkembangan teknologi pada arus informasi Tribun Timur melakukan terobosan dan berinofasi dalam produksi dan distribusi informasi yaitu dengan cara mengkonvergensi medianya dari media konvensional ke media baru dengan memanfaatkan media sosial salah satunya platform youtube. (2) Perorganisasian, mengubah dan menerapkan struktur organisasi new media dengan membentuk komponen baru sesuai kebutuhan dalam mekanisme produksi dan distibusi pada media baru khususnya pada penelolaan platform youtube. (3) Pelaksanaan, menjalankan strategi pelaksanaan dalam mengelola dan mengemas informasi menjadi konten youtube dengan berbagai tahapan-tahapan dan secara kosnsiten mengupload puluhan video perharinya. (4) Pengendalian ini berupa pengotimalisasi data dan statistik yang menggunakan youtube analytics sebagai acuan dalam mengoreksi, evaluasi dan laporan setiap konten yang telah terupload. kemudian dalam membangun pasar dan target yaitu dengan menjalin kolaborasi eksternal membuka ruang dan komunikasi dari pihak pemerintah, swasta, komunitas dan lapisan masyarakat lainnya.


Keywords


Strategi Manajemen Media, Media Baru, Youtube Awards

Full Text:

PDF

References


Batlayeri, F. (2016). Peranan Media Komunikasi Weblog Bagi Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi.

Dewi, D. K. (2022). Sinergi Dan Kolaborasi Sebagai Strategi Media Cetak Bertahan Dalam Era Disrupsi. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 201–213.

Dhea Kharisna. (2021). Pemanfaatan Youtube Sebagai Sarana Menyebarluaskan Berita (Studi Pada Channel Inews Aceh).

George R. Terry. (2005). Principles of Management. Alexander Hamilton Institute.

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Yogyakarta Press. http://www.academia.edu/Download/35360663/Metode_Penelitian_Kualitaif.Docx

Roger Fidler. (2003). Mediamorfosis : Memahami Media Baru. Bentang Budaya.

Sarnita Sadya. (2023). Daftar Negara Pengguna Youtube Terbesar Awal 2023, Ada Indonesia. Dataindonesia.Id.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Metode Penelitian Kualitatif.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).

Syahputra, D. R., & Aslami, N. (2023). Prinsip-Prinsip Utama Manajemen George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal (Makreju).

Syarif, A., Arni, & Dewi, A. F. (2023). Efek Konvergensi Media Terhadap Pembaca Tribun Timur (Studi Pada Dosen Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar). Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 112–123.




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v5i2.15884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats