Analisis pada Fluktuasi Harga Paket Data Internet di Platform Digital Dana dan LinkAja dengan Metode Qiyas

Ashif Jauhar Winarto, Muhammad Lathoif Ghozali

Abstract


Pada era saat ini kebutuhan sehari-hari bagi semua kalangan sangat mudah untuk didapatkan dengan cara menggunakan gadget atau smartphone sehingga bisa mengakses semua yang diinginkan oleh konsumennya sangat perlu perhatian khusus oleh umat Islam seperti hukum dalam jual beli di internet atau platform digital, dalam fluktuasi harga terdapat di platform digital tersebut sehingga terhindar dari yang dinamakan unsur riba. Ulama Jumhur berpikiran qiyas itu menjadi hujjah syariah atau sumber hukum syariah untuk hukum amal tindakan manusia dalam tingkat keempat argumen syariah. Oleh sebab itu, jika suatu peristiwa tidak memiliki hukum ditentukan dari nash atau ijma’ dan memiliki pandangan ‘illat dengan sesuatu hal yang memiliki nash. Golongan ini, oleh pakar ushl fiqh disebut dengan mutsbitul qiyas.  Penelitian ini memiliki tujuan  untuk menganalisis dan menemukan hukum fluktuasi harga paket data internet di platform digital Dana dan LinkAja dengan menggunakan metode Qiyas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan kepustakaan (library research). Acuan hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah  As-Sunnah tentang mekanisme pasar dan Fatwa DSN-MUI No. 40 & 80 yang di dalamnya terdapat ketentuan mekanisme pasar. Fluktuasi pada harga paket data internet di platform digital Dana dan LinkAja yang dianalisis memakai metode Qiyas terhadap sistem mekanisme pasar dalam Islam. Penelitian ini menunjukkan hasil riset bahwasannya fluktuasi pada harga paket data internet di platform digital Dana dan LinkAja adalah mubah, karena memiliki kesamaan karakteristik (‘illat) dengan mekanisme pasar yang juga mengalami fluktuasi naik turunnya harga berdasarkan permintaan dan penawaran.

Abstract

In the current era, daily needs for all people are very easy to obtain by using a gadget or smartphone so that they can access everything that their consumers want, they really need special attention by Muslims, such as the law in buying and selling on the internet or digital platforms, in price fluctuations. contained in the digital platform so as to avoid the so-called element of usury. Jumhur scholars think that qiyas is a source of sharia law or a source of sharia law for the law of human action in the fourth level of the sharia argument. Therefore, if an event does not have a law, it is determined from the text or ijma' and has the view of 'illat with something that has a text. This group, by ushl fiqh experts, is called mutsbitul qiyas. This study aims to analyze and find the law of price fluctuations for internet data packages on the Dana and LinkAja digital platforms using the Qiyas method. This research is descriptive qualitative research using a library research approach. The legal reference used in this study is the As-Sunnah on market mechanisms and the DSN-MUI Fatwa No. 40 & 80 in which there are provisions for market mechanisms. Fluctuations in the price of internet data packages on the Dana and LinkAja digital platforms were analyzed using the Qiyas method on the market mechanism system in Islam. This study shows the results of research that fluctuations in the price of internet data packages on the Dana and LinkAja digital platforms are permissible because they have the same characteristics ('illat) with market mechanisms which also experience price fluctuations up and down based on supply and demand.


Keywords


Fluktuasi Harga; Mekanisme Pasar; Platform Digital; Qiyas.

References


Al-Ghazali, A. H. (n.d.). al-Musytashfa fi ‘ilm al-Ushul (II). Dar al-Kutub al-‘ilmiyyah.

Al-Khin, M. said. (1969). Asr al-Ikhtilaf fi al-Qowaid al-Ushuliyah fi Ikhtilafi al-Fuqaha. Muassasah al-Risalah.

Al-Zaf-Zaf, A. (1970). Muhadharat fi Ushul al-Fiqh. Dar al-Fikr al-‘Arabi.

Al-Zuhaili, W. (n.d.). Ushul al-Fiqh al-Islami. Dar al-Fikr.

Arifin, M. (2014). Studi Komparatif tentang Mekanisme Pasar Ibnu Khaldun dan Adam Smith. Maliyah: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 4(2), 904–923.

Bermeo, E., & Collard, S. (2018). Women and high cost credit: A gender analysis of the home credit industry in the UK. Women’s Studies International Forum, 71(November), 85–94. https://doi.org/10.1016/j.wsif.2018.08.007

Dwijayanty, R. (2017). Dampak Variabel Makro Ekonomi Terhadap Permintaan Pembiayaan Murabahah Perbankan Syariah. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 1349–1356. https://doi.org/10.17509/jrak.v5i1.6735

Falk, T., Kunz, W. H., Schepers, J. J. L., & Mrozek, A. J. (2016). How mobile payment influences the overall store price image. Journal of Business Research, 69(7), 2417–2423. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.01.011

Fayidillah, M. F. (1984). Al Ijtihad Fi Al-Syariat Al-Islamiyyah. Maktabah Dar Al-turats.

Fuad, A. M. (2016). Qiyas Sebagai Salah Satu Metode Istinbāṭ Al-Ḥukm. MAZAHIB, 15(1), 42–60. https://doi.org/10.21093/mj.v15i1.606

Hakim, M. A. (2015). Per pemerintahan dalam mengawasi mekanisme pasar dalam perspektif islam. Iqtishadia, 1(3), 19–40. https://doi.org/10.32678/alqalam.v28i3.889

Hasan, A. (2018). Tidak membatalkan Ijtihad yang lain. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 1–12.

Helmi, R. (2018). Manhaj Penetapan Fatwa Hukum Ekonomi Syariah Di Indonesia. Syariah: Jurnal Hukum Dan Pemikiran, 18(2), 301. https://doi.org/10.18592/sy.v18i2.2518

Khallaf, A. W. (2003). Ushul Fiqh. Pustaka Amani.

Mahmudi, A. F. (2017). Analisis hukum islam terhadap qiyas uang dengan emas pada pembiayaan murabahah uang di BMT Madani Sepanjang Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Sunan Amep Surabaya.

Nizarudin, M. B. (2016). Monopoli Dagang Dalam Kajian Fiqih Islam. At-Tahdzib : Jurnal Studi Islam Dan Muamalah, 4(2), 81–99. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tahdzib/article/view/2369

Purnamawati, A. M. (2017). Konsep Qiyas dalam Transasi Ekonomi Money changer. Ekonomadania, 1(1), 115–133.

Suprihati, & Baiduri. (2017). Membangun Paradigma Hukum Islam untuk Pembaharuan Hukum Bisnis Syariah di Indonesia : Studi Analisis Pada Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Maslahah, 8(2), 37–54.

Umar, A. (1956). Sullam al-Wusul li Ilm al-Ushul. Dar al-Ma’arif.

Wahyuni, E. (2017). Analisis praktik penambahan dan pengangguran nilai harga pada transaksi jual beli emas di passr Aceh dalam perspektif hukum islam. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Wicaksono, A. S., Malik, Z. A., & Febriadi, S. R. (2018). Analisis Ketentuan Penetapan Harga Menurut Ibnu Taimiyah Terhadap Penetapan Harga Daging Sapi di Kios Anugerah Pasar Ciroyom Bermartabat Kota Bandung Analysis of Price Stipulation by Ibnu Taimiyah on Determining Th. Prosiding Keuangan Dan Perbankan Syariah, 4(1), 392–398.

Zahrah, M. A. (2007). Ushul Fiqh. Pustaka Firdaus.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-hes.v6i01.6943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ashif Jauhar Winarto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Hukum Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats