Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Jasa Bank Syariah di Makassar

Rafiqa Hastharita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah menggunkan jasa bank syariah. Jenis penelitian yang digunakan field research kuantitatif. Populasi dalam penlitian ini yaitu nasabah bank syariah di kota Makassar. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dokumendasi untuk mendapatkan data pendukung. Metode analisis data yang digunakan yaitu 1) analisis deskriptif variabel, 2) uji kualitas data melalui uji validasi dan realibilitas, 3) uji asumsi klasik, 4) uji hipotesis melalui uji regresi linear berganda dengan memperhatikan koefisien determinan (R2), uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji t (parsial), faktor lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa bank syariah, hasil ini disebabkan oleh penerapan nilai-nilai religious pada bank syariah yang dapat dirasakan oleh nasabahnya. Faktor Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa bank syariah, hasil ini disebabkan oleh penampilan karyawan perbankan syariah yang sangat santun dan ramah dalam melayani konsumen.


Keywords


Lingkungan, Kualitas Pelayanan, Promosi, Keputusan Nasabah

Full Text:

PDF

References


Adhipratama, A. A. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Non-Muslim untuk Menggunakan Bank Syariah (Master's thesis, Universitas Islam Indonesia).

Aisyah, Muniaty, dkk. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dengan Religious Behaviour Sebagai Variabel Moderator (Studi Kasus Pada Produk Tabungan BNI Syariah)”. Jurnal Liquidity Vol. 6, No. 2. (Februari 2017).

Dharmesta, Basu Swastha. 2014. Manajemen Pemasaran. BPFE. Yogyakarta.

Haris, H. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan dan periklanan terhadap keputusan nasabah dalam menabung pada bank syariah (studi kasus pada BTN syariah Surakarta). Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 3(1), 1-24.

Hasan, H. A. (2017). Pengentasan Kemiskinan dengan Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 1(1), 50-63.

Howard, John A. and Jagdish N. Sheth. 1998. Consumer Behavior and Marketing Strategy. Irwin Mc Graw Hill.

Jalilah, J., & Yasir, M. (2017). Pengaruh Persepsi terhadap Minat Etnis Tionghoa Kota Banda Aceh terhadap Perbankan Syari’ ah. Aricis Proceedings, 1.

Jasri, J. (2017). Pendapatan Margin Bayal-Murabahah Terhadap Profitabilitas Pada Bank Syariah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 1(1), 64-73.

Karim, A. (2010). Bank Islam: Analisis Fiqh dan Keuangan (Edisi Keempat). Jakarta (ID): PT. Raja Grafindo Persada.

Syakir Sula, M., & Kertajaya, H. (2006). Marketing Syariah. Mizan. Bandung.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Indonesia. Salemba Empat. Jakarta.

Maghfiroh, S. (2018). Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah pada Santri Pesantren Mahasiswi Darush Shalihat. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 7(3), 213-222.

Maulidi, R. (2019). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Menggunakan Bank Syariah (Studi Kasus Siswa Sma Negeri 1 Ambarawa) (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).

Nurlatifah, U. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Religiusitas dan Lokasi terhadap Keputusan Menjadi Anggota BMT”. Tesis. (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Muzayyanah, M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Tabungan terhadap Keputusan Nasabah dalam Menabung Di Bprs Buana Mitra Perwira Cabang Banjarnegara Oleh: Muhimatul Muzayyanah (Doctoral dissertation, IAIN).

Sultania, V. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Nasabah Menabung di Bank Bni Syariah Kantor Cabang Fatmawati (Doctoral dissertation, Fakultas Agama Islam).

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Swastha, B., & Handoko, T. H. (2000). Manajemen pemasaran: Analisa perilaku konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, F. (2011). Manajemen dan strategi merek. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Taslim, T. (2018). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Menabung Masyarakat di Bank BNI Syariah KCP Wonomulyo (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Khaerul, U. (2013). Manajemen Perbankan Syariah. Bandung: CV Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-hes.v4i01.3586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rafiqa Hastharita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Hukum Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats