Pengaruh Strategi Penetapan Harga terhadap Minat Beli Konsumen Di Matahari Department Store Makassar (Analisis Etika Bisnis Islam)

Syahriyah Semaun, Darwis Darwis

Abstract


Studi ini bertujuan mengetahui apakah variabel skimming pricing dan penetration pricing dalam strategi penetapan harga berpengaruh terhadap minat beli konsumen di PT. Matahari Department Store Makassar. Kajian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah pelanggan di Matahari Department Store Makassar, hipotesis diuji dengan  analisis regresi linier berganda. Hasil uji t menunjukkan terdapat pengaruh variabel skimming pricing terhadap minat beli konsumen di Matahari  Department Store dan tidak terdapat pengaruh variabel penetration pricing dan terhadap minat beli konsumen di Matahari  Department Store. Uji regresi linier berganda diperoleh persamaan Y=9,503 + 0,482X1 + 0,063X2 yang menunjukkan bahwa variabel dominan berpengaruh terhadap minat beli konsumen di Matahari  Department Store adalah variable skimming pricing dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,482X1


Keywords


skimming pricing, penetration pricing, minat beli.

Full Text:

PDF

References


Buchari, A. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arijanto, Agus. (2011). Etika Bisnis Bagi Pelaku Bisnis. Cet. II. Jakarta Rajawali Pres

Departemen Agama RI. (1971). Al-Qur’an dan terjemahannya. Jakarta: YPPA.

Ernawan, Erni R. (2011). Business Ethics: Etika Bisnis. Bandung: Alfabeta

Estijayandono, K. D. (2019). Etika Bisnis Jual Beli Online dalam Perspektif Islam. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3(1), 53-68.

Fahmi, Irham. (2014). Etika Bisnis, Teori, Kasus dan Solusi. Bandung: Alfabeta

Hakim, M. A. (2016). “Peran Pemerintah dalam Mengawasi Mekanisme Pasar dalam Perspektif Islam”. Iqtishadia, 8(1).

Hilal, S. (2014). Konsep Harga dalam Ekonomi Islam (Telah Pemikiran Ibn Taimiyah). ASAS, 6(2).

Istijanto. (2005). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia

Khasanah, U. (2019). Dampak Praktik Rentenir terhadap Kesejahteraan Pedagang Eceran dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3(1), 12-26.

Kotler, Philip dan Keller. (2012) Marketing Management. New Jersey: Pearson Prentice Hall. Inc

Masyuri dan Zainuddin. (2008). Metode Penelitian, Jakarta: Revika Aditama

Muhammad (2004). Etika Bisnis Islami. Yogyakarta; Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Purwanto, Djoko. (2006). Komunikasi Bisnis. Ed. 3; Jakarta Erlangga

Qardhawi , Yusuf. (1997). Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakrta: Gema Insani.

Rangkuti, F. (2015). Riset Pemasaran. Cet. Ke-XII; Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Syafei, H. R. (2006). Fiqih Muamalah. Bandung: Pustaka Setia.

Sudarso, Heri. (2003). Konsep Ekonomi Islam. Cet. Ke-II; Yogyakarta: Ekonosia.

Tjiptono, Fandi. (2012), Service Manajemen Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2, Yogyakarta Andi

Umar, Husein. (2012). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta PT. Gramedia Pustaka

Yusanto, M. Ismail dan Yunus M.Arif. (2009). Pengantar Ekonomi Islam. Bogor: Al-Azhar Press.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-hes.v4i01.2550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Syahriyah Semaun, Darwis Darwis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Hukum Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats