Pengaruh Strategi Penetapan Harga terhadap Minat Beli Konsumen Di Matahari Department Store Makassar (Analisis Etika Bisnis Islam)
Abstract
Studi ini bertujuan mengetahui apakah variabel skimming pricing dan penetration pricing dalam strategi penetapan harga berpengaruh terhadap minat beli konsumen di PT. Matahari Department Store Makassar. Kajian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah pelanggan di Matahari Department Store Makassar, hipotesis diuji dengan analisis regresi linier berganda. Hasil uji t menunjukkan terdapat pengaruh variabel skimming pricing terhadap minat beli konsumen di Matahari Department Store dan tidak terdapat pengaruh variabel penetration pricing dan terhadap minat beli konsumen di Matahari Department Store. Uji regresi linier berganda diperoleh persamaan Y=9,503 + 0,482X1 + 0,063X2 yang menunjukkan bahwa variabel dominan berpengaruh terhadap minat beli konsumen di Matahari Department Store adalah variable skimming pricing dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,482X1
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buchari, A. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arijanto, Agus. (2011). Etika Bisnis Bagi Pelaku Bisnis. Cet. II. Jakarta Rajawali Pres
Departemen Agama RI. (1971). Al-Qur’an dan terjemahannya. Jakarta: YPPA.
Ernawan, Erni R. (2011). Business Ethics: Etika Bisnis. Bandung: Alfabeta
Estijayandono, K. D. (2019). Etika Bisnis Jual Beli Online dalam Perspektif Islam. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3(1), 53-68.
Fahmi, Irham. (2014). Etika Bisnis, Teori, Kasus dan Solusi. Bandung: Alfabeta
Hakim, M. A. (2016). “Peran Pemerintah dalam Mengawasi Mekanisme Pasar dalam Perspektif Islam”. Iqtishadia, 8(1).
Hilal, S. (2014). Konsep Harga dalam Ekonomi Islam (Telah Pemikiran Ibn Taimiyah). ASAS, 6(2).
Istijanto. (2005). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia
Khasanah, U. (2019). Dampak Praktik Rentenir terhadap Kesejahteraan Pedagang Eceran dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3(1), 12-26.
Kotler, Philip dan Keller. (2012) Marketing Management. New Jersey: Pearson Prentice Hall. Inc
Masyuri dan Zainuddin. (2008). Metode Penelitian, Jakarta: Revika Aditama
Muhammad (2004). Etika Bisnis Islami. Yogyakarta; Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.
Purwanto, Djoko. (2006). Komunikasi Bisnis. Ed. 3; Jakarta Erlangga
Qardhawi , Yusuf. (1997). Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakrta: Gema Insani.
Rangkuti, F. (2015). Riset Pemasaran. Cet. Ke-XII; Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Syafei, H. R. (2006). Fiqih Muamalah. Bandung: Pustaka Setia.
Sudarso, Heri. (2003). Konsep Ekonomi Islam. Cet. Ke-II; Yogyakarta: Ekonosia.
Tjiptono, Fandi. (2012), Service Manajemen Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2, Yogyakarta Andi
Umar, Husein. (2012). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta PT. Gramedia Pustaka
Yusanto, M. Ismail dan Yunus M.Arif. (2009). Pengantar Ekonomi Islam. Bogor: Al-Azhar Press.
DOI: https://doi.org/10.26618/j-hes.v4i01.2550
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Syahriyah Semaun, Darwis Darwis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Hukum Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats