CUSTOMER IN SERVICE DELIVERY DALAM UPAYA PENINGKATAN JUMLAH NASABAH

Sri Handayani

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk menganalisis  pengaruh  dari variabel strategi  people (karyawan bank), process (proses pelayanan), serta physical evidence (bukti fisik) terhadap peningkatan jumlah nasabah.

Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 100 orang responden yang berdomisili di wilayah Makassar. Alat analisis yang dipergunakan adalah regresi linear berganda pada program SPSS.

Hasil Analisis data menunjukkan bahwa semua hipotesis dapat dibuktikan sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan jumlah nasabah dipengaruhi oleh variabel strategi people(karyawan bank), process(proses), serta physical evidence(bukti fisik). Penelitian ini juga menghubungkan hasil penelitian dengan implikasi teoritis dan implikasi kebijakan bagi manajemen yang diuraikan pada bagian kesimpulan. Keterbatasan penelitian dan agenda penelitian mendatang dapat dijadikan acuan bagi para peneliti berikutnya.

Kata Kunci: Customer In Service Delivery, Nasabah


Full Text:

PDF

References


Bank Sulselbar Syariah. 2011. Buku Panduan Pemasaran Edisi Pertama. Diterbitkan oleh Bank Sulselbar Syariah. Jl. Jenderal Sudirman Kav. 1/Jakarta: 10220 – Indonesia

Arifin, Zainal. 2006. Memahami Bank Syariah. Aksara Baru, Jakarta.

Atmaja, Karnan Purwa. 2005. Apa Bagaimana Bank Islam. PT. Gramedia Pustaka utama, Jakarta.

Dendawijaya, Lukman. 2005.Manajemen Perbankan Edisi Pertama. PT. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2005. Dasar-Dasar Perbankan. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. CV.Alfabeta, Bandung. Kasmir, MM. 2005. Pemasaran Bank. PT. Raja Grafindo, Jakarta.

Maslehuddin. 2005. Bank Syariah Problem dan Prospek Perkembangan di Indonesia. PT. Gunung Agung, Jakarta.

Santoso, Gempur, Drs. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Prestasi Pustaka, Jakarta.

Suharta, Ira Prabisma. 2005. Konsep Produk dan Implementasi Operasional Bank Syariah. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.

UU Pokok Perbankan No. 10. 2005. Tentang Pokok Perbankan. Bank Indonesia, Jakarta. Waworuntu, Bob. 2005. Dasar-Dasar Keterampilan Melayani Nasabah Bank. Gramedia Pustaka, Jakarta.

Arifin, Zainul, 1999, Memahami Bank Syariah Lingkup, Peluang, Tantangandan Prospek,Jakarta :Al vabet,

Fuady, Munir, 2007, perbankan modern berdasarkan undang-undang No.10, Bandung: Citra Aditya Bakri.

Fitrianingsi, 2010, Konsep dan Mekanisme Akad Mudharabah Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek Syariah, Jakarta : Syarif Hidayatullah

Muhammad. 2005. Konstruksi Mudharabah Dalam Bisnis Syari’ah. Yogyakarta: BPFE- Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.26618/j-hes.v1i2.2304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sri Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Hukum Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats