MODEL BAGI HASIL TRADISI TESANG PADA MASYARAKAT PETANI PADI DI TINJAU DARI HUKUM EKONOMI ISLAM

Siradjuddin Siradjuddin

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang di-peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dianalisis dengan menggunakan pola pikir deduktif. Data yang menjadi rujukan penulis adalah Data Demografi dan Monografi Kelurahan Bontomanai 2015 serta jawaban dari 10 Narasumber dari hasil wawancaralangsung dengan para pelaku Tradisi tesang tersebut yang meliputi ketua Rukun Warga, ketua Rukun Tetangga dan para Masyarakat petani lainnya yang pengambilannya di-lakukan secara acak di Kelurahan Bontomanai Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa.

Hasil penelitian menunjukkan Penerapan tradisi tesang jika ditinjau dari perspektif Islam sudah sesuai dengan hokum Islam dimana ter-penuhinya Prinsip dan Asas-asas ekonomi Islam, namun belum sesuai dengan syarat-syarat ekonomi Islam dimana akad harus dilakukan secara tertulis. Faktor yang menyebabkan terjadinya tradisi tesang bagi pemilik lahan yaitu adanya pekerjaan lain, usia yang sudah tua, janda, menolong sesama (Qs. Al-Maidah ayat 2 : Dan tolong menolonglah kamu dalam me-ngerjakan kebajikan dan takwa). Sedangkan bagi petani yaitu mencari peng-hasil antam bahan dan tidak mempunyai lahan untuk digarap. Pengetahuan masyarakat petani padi di Kelurahan Bontomanai akan ekonomi Islam khususnya dibidang kerjasama lahan pertanian sangatlah minim, terlihat dari jawaban para narasumber akan kebenaran dan kondisi sebenarnya ketika penulis bertanya tentang ekonomi Islam.

Kata Kunci: Bagi Hasil, Tradisi Tesang, Petani Padi


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Cetakan Kesepuluh. Bandung: Alfabeta.

Amirullah. 2002. Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakarta: Graha Ilmu.

Anggen, Monica. 2012. Marketing is Terrorist. Cetakan Pertama. Jakarta: Laskar Aksara.

Departemen Agama RI. 2007. Al-qur’an dan Tarjamah. Jakarta.

Ghozali, Imam dan Fuad. 2006. Structural Equation Modeling. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo, Indrio. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Kasmir. 2004. Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Cetakan Ketigabelas. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Kedelapan. Cetakan Pertama. Jakarta: Erlangga.

Mardani. 2014. Ayat-ayat dan Hadist Ekonomi Syariah. Edisi pertama. Cetakan Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.

Salusu, J. 2015. Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Edisi Revisi. Cetakan Kesepuluh. Jakarta: Grasindo.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen Konsep Dan Implikasi untuk Strategi Dan Penelitian Pemasaran. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakatra: Kencana.

Sunyoto, Danang. 2015. Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-hes.v1i2.2300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL HUKUM EKONOMI SYARIAH



Jurnal Hukum Ekonomi Syariah ISSN 2549-4872 (Print), ISSN 2654-4970 (Online) indexed by:

Diterbitkan Oleh:
Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam.
Universitas Muhammadiyah Makassar
Makassar, Indonesia.
 
Contact Person:
Jasri, SE.Sy. (082349044666)
email: jurnal.hes@gmail.com
 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.