PENGARUH ETOS KERJA KELOMPOK TANI MUSLIM TERHADAP PENINGKATAN PRODUKSI DAN KESEJAHTERAAN

Nurmansyah Nurmansyah

Abstract


Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di Desa Bontolempangan Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh etos kerja kelompok tani muslim terhadap peningkatan produksi dan kesejahteraan masyarakat pedesaan di Desa Bontolempangan Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa.

Total sampling dalam penelitian ini berjumlah 130 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner atau angket. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah jumlah para petani yang tergolong dalam kelompok tani di Desa Bontolempangan Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa sebanyak 200 orang, dengan menggunakan rumus Slovin maka menghasilkan sampel sebanyak 130 sampel. Selanjutnya, data yang diperoleh melalui instrument tersebut kemudian diolah melalui analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi Partial Least Square (PLS).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa margin etos kerja kelompok tani muslim, peningkatan produksi dan kesejahteraan berpengaruh positif dan signifikan dari hasil analisis inferensial yang menggunakan uji t dengan rumus regresi linear berganda menunjukkan bahwa nilai thitunglebih besar dari pada nilai ttabel.

Kata Kunci : Etos Kerja Kelompok Tani Muslim, Peningkatan Produksi dan Kesejahteraan


Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI. 2008. Al-Qur’an dan Terjemahan, Depok: Cahaya Qur’an Penerbit Al-Qur’an Tajwid Indonesia.

Jhingan, M.L. 2014. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan, Jakarta: Rajawali Pers Divisi Buku Perguruan Tinggi PT Raja Grafindo Persada.

Jurnal Bina Praja. 2013. Apresiasi Petani terhadap Teknologi dan Penyuluhan Pertanian dalam Peningkatan Produksi Padi di Jawa Barat, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Dalam Negeri Jakarta.

Kountur Ronny. 2007. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis Edisi Revisi, Jakarta: Penerbit PPM.

Mappangaja, Muchlis. 2013.Pengaruh Etos Kerja dan Pengelolaan Tanaman Terpadu Islami terhadap Struktur Nilai Produksi dan Kesejahteraan keluarga Petani Muslim di kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan, Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Airlangga.

Mardani. 2014. Ayat-Ayat dan Hadis Ekonomi Syariah, Jakarta: Rajawali Pers Divisi Buku Perguruan Tinggi PT Raja Grafindo Persada.

Mujahidin, Akhmad, 2013. Ekonomi Islam Sejarah, Konsep, Instrumen, Negara, dan Pasar Edisi Revisi, Jakarta: Rajawali Pers Divisi Buku Perguruan Tinggi PT Raja Grafindo Persada.

Rosmina. 2016. Pengaruh Penjualan Hasil Pertanian terhadap Agen Serta Nilai Kesejahteraan Keluarga Petani Berbasis Syariah di Desa Labbo Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar.

Redaksi Sulawesi Pos. 2015. Potensi Pertanian Gowa Menjanjikan, Diakses pada Tanggal 23 September 2016.

Suhendi, Hendi. 2014. Fiqhi Muamalah Membahas Kedudukan Harta, Hak Milik, Jual Beli, Bunga Bank dan Riba, Musyarakah, Ijarah, Mudayanah, Koperasi, Asuransi, Etiks Bisnis dan Lain-lain, Jakarta: Rajawali Pers Divisi Buku Perguruan Tinggi PT Raja Grafindo Persada.

Tim Penyusun. 2015. Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Proposal Skripsi Makalah, dan Laporan Penelitian). Universitas Muhammadiyah Makassar.

Yusuf, Burhanuddin. 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: Rajawali Pers Divisi Buku Perguruan Tinggi PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-hes.v1i2.2299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL HUKUM EKONOMI SYARIAH



Jurnal Hukum Ekonomi Syariah ISSN 2549-4872 (Print), ISSN 2654-4970 (Online) indexed by:

Diterbitkan Oleh:
Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam.
Universitas Muhammadiyah Makassar
Makassar, Indonesia.
 
Contact Person:
Jasri, SE.Sy. (082349044666)
email: jurnal.hes@gmail.com
 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.