PERAN ETOS KERJA PETANI MUSLIM DALAM USAHA MENINGKATKAN PRODUKSI PADI PADA LAHAN IRIGASI SEDERHANA

Muchlis Mappangaja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan cara untuk meningkatkan produksi dan pendapatan petani melalui pengelolaan dan pengelohan lahan sawah irigasi sederhana di Kabupaten Gowa Sulawesi selatan. Jenis penelitian yaitu variabel kuantitatif yang digabung dengan variabel kualitatif, dengan pendekatan model PLS(Partial Least Squares),yaitu dengan peran etos kerja petani berbasis Islami(petani muslim) dapat meningkatkan produktivitas kerja petani dan akan meningkatkan produksi lahan.

Hasil yang akan dicapai: Diduga produksi padi pada lahan non produktif saat sekarang(2016-2017) antara 0-3 ton/Ha/MT, dengan hasil  peneltian melalui etos kerja petani diduga akan meningkatkan produksi menjadi 5 ton/ ha /musim.

Hal yang sifatnya dugaan awal dianalisis dengan pendekatan hipotesis serta melakukan pengujian statistik. Kekuatan pokok yang menjadi sasaran penelitian adalah membentuk kelompok tani di lokasi sawah yang statusnya irigasi sederhana dan pada sisi lain dukungan teknik irigasi sangat menentukan, penelitian tersebut dapat diyakini akan mendorong peningkatan produksi tanaman pangan. Beberapa potensi untuk memacu kinerja petani dalam mengusahakan lahannya yang tidak produktif menjadi produktif adalah adanya, niat, akhlaq, ilmu dan pengamalan ke empat komponen dasar tersebut , merupakan kekuatan yang sangat kuat untuk melakukan perubahan khususnya pengelolaan lahan irigasi sederhana menjadi lebih produktif, dan dari empatnya yang sangat dominan adalah perilaku akhlaq yang mulia pada para petani, karena itu sasaran utama adalah melakukan perubahan karakter melalui motivasi religi. dan budaya.

Kata Kunci: Etos Kerja, Petani Muslim, Produksi Padi


Full Text:

PDF

References


Al- Qur’an. 2007. Departemen Agama Republik Indonesia. Bandung Syaamil Qur’an Hadist dan As Sunnah.

Anshori Muslich, Iswati Sri. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif, AUP Surabaya.

Arif Ryan. 2012. Membudayakan Karakter Etosm Kerja Islami. Diakses: http://an-nur.org/2012/05/membudayakan-karakter-etos-kerja-islami,May8.2012/File under: Terbaru,Tsaqofah/Posted by : admin

Kusnendi. 2007. Model-Model Persamaan Struktural Satu dan Multigroup sampel dengan LISREL, Penerbit : Alfabeta, Bandung.

Purwantoro, 2011. Intensifikasi Padi Sawah Melalui Pengelolaan Tanaman Terpadu, Penerbit : PT Maraga Borneo Tarigas, Singkawang.

Perencanaan Irigasi Luwu Sulawesi Selatan, 1982,Dinas Pengairan Sulawesi selatan Ujung Pandang)

Pengembangan P3A dan Peranserta Petani dalam Pengelolaan Air Irigasi Di Indonesia, Ir.Soekarso Djunedi,1988),

Salikin, Karwan A. 2003. Sistem Pertanian Berkelanjutan. , Yogyakarta Kanisius.

Saragih Eliyas Sabastian, 2010, Pertanian Organik, Jakarta, Penerbit Penebar Swadaya.

Salikin, K.A. 2003, Sistem Pertanian Berkelanjutan. Kanisius, Jogyakarta.126 p.

Santoso Singgih, 2011. Structural Equation Modeling (SEM), Konsep dan Aplikasi dengan AMOS 18, Penerbit : PT.Elex Komputindo, Jakarta.

Suryana.A, 2007, Menelisik Upaya Menggapai Ketahanan Pangan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Jakarta.

Ulum, Misbahul, 2007. Model-model Kesejahteraan Sosial Islam Perspektif Normatif Filosofis dan Praktis. Fakultas Dakwah. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Wijanto Hari Setyo, 2008. Stuctural Equation Modeling, Penerbit : Graha Ilmu, Yogyakarta.

Yamin Sofyan.2011. Partial Least Square Path Modeling Penerbit: Salemba Infotek, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-hes.v1i2.2292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL HUKUM EKONOMI SYARIAH



Jurnal Hukum Ekonomi Syariah ISSN 2549-4872 (Print), ISSN 2654-4970 (Online) indexed by:

Diterbitkan Oleh:
Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam.
Universitas Muhammadiyah Makassar
Makassar, Indonesia.
 
Contact Person:
Jasri, SE.Sy. (082349044666)
email: jurnal.hes@gmail.com
 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.