Etika Bisnis Jual Beli Online dalam Perspektif Islam

Kristianto Dwi Estijayandono

Abstract


Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana pelaku jual beli online menerapkan etika bisnis dalam bertransaksi jual beli di Tokopedia.com. Adapun narasumber penelitian ini adalah 2 orang penjual di Tokopedia.com memiliki rating/penilaian toko sebanyak 4,5 bintang. Sedangkan narasumber selaku pembeli adalah 2 orang yang melakukan pembelian di Tokopedia.com lebih dari 2 kali sebulan. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data primer yang dikumpulkan melalui wawancara dan hasil observasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis dalam Tokopedia.com sejalan dengan etika bisnis Islam. Implikasi dari penelitan ini memberikan masukan dalam upaya  meningkatkan penerapan etika bisnis.


Full Text:

PDF

References


Alma, H. Buchari. 2011. Dasar-Dasar Etika Bisnis Islam. Bandung: Alfabeta,

Anoraga, Pandji. 2011. Pengantar Bisnis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arifin, Johan. 2013. Etika Bisnis Islami. Semarang: Walisongo Press.

Aziz, Abdul. 2013. Etika Bisnis Perspektif Islam. Bandung: Alfabeta.

J, Laudon dan Laudon K. C. 1998. Essential of Management Information System. New Jersey: Prentice Hall.

Marilang. 2013. Hukum Perikatan (Perikatan Yang Lahir Dari Perjanjian). Cet Ke-1; Makassar: Alauddin University Press.

Muslich. 2004. Etika bisnis Islam. Yogyakarta: Ekosiana.

Muslich, Ahmad Wardi. 2010. Fiqh Muamalat. Jakarta: AMZAH.

Suhendi, Hendi. 2014. Fiqh Muamalah. Cet. ke-9; Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-hes.v3i1.2125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kristianto Dwi Estijayandono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Hukum Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats