LABELISASI HALAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK MAKANAN SESUAI HUKUM ISLAM

Mulyani Toyo

Abstract


Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui Baggaimana Tanggapan tentang Labelisasi Halal di benak masyarakat dan dan memilih produk Makanan syar’ih dalam keputusan Pembelian. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel, yaitu Labelisasi Halal, Perilaku Konsumen, dan Produk Makanan Syar’ih.

Pengambilan sample dalam penelitian ini berjumlah 66 orang, peneliti menggunakan skala kepribadian, lembar observasi berupa Pengisian angket oleh konsumen. Selanjutnya, data yang diperoleh melalui instrument tersebut kemudian diolah melalui analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi Partial Least Square (PLS).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis inferensial yang menggunakan uji t dengan rumus regresi linear berganda menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari pada nilai t table sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya Pengaruh Labelisasi Halal terhadap perilaku konsumen memilih produk makanan Syar’ih sangat berpengaruh pada Masyarakat diKec. Tamalate Makassar (studi kasus kelurahan Mangasa). Berdasarkan uraian kesimpulan tersebut, sebagai bentuk implikasi dari penelitian ini diharapkan agar Masyarakat lebih memperhatikan lagi label halal pada produk makanan pada saat keputusan pembelian.

Kata Kunci: Labelisasi Halal, Produk Makanan Syar’ih,  Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Al-Haritsi, Jaribah bin Ahmad. Fiqih Ekonomi Umar bin Al-Khattab. Jakarta Timur: Khalifa. 2010.

Karra Muslimin, dkk. Pengantar Ekonomi Islam. Makassar : Alauddin Press. 2000.

Nasution, Edwin Mustafa. Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana. 2006.

AfZafur Rahman, Dokrin Ekonomi Islam jilid 2 (Jakarta: Dona Bakti Wakaf,1995), 2010.

Apriyanto, Anton dan Nurbowo. Panduan Belanja dan Konsumsi Halal. Jakarta pers: Khairun Bayan. 2003.

Charles, Lamb. Pemasaran . Jakarta: Salemba empat, 2001.

Handoko Hani dan Swastha, Manajemen Pemasaran : Analisa Perilako Konsumen Yogyakarta: BPFE, 2000.

Dewi, Diana Candra. Rahasia Dibalik Makanan Haram. Malang: UIN Press. 2007.

Departemen Agama RI. Sistem dan Prosedur Penetapan Fatwa Produk Halal MUI. Jakarta: Depag. 2003.

Girindra, Aisyah dan Ali Yafie. Bahaya Makanan Haram Bagi Kesehatan Jasmani dan Kesehatan Rohani. Jakarta: Al-Mawardi Prima. 2003.

Kadir, Amiruddin. Ekonomi dan Keuangan Syariah. Makassar: Alauddin University Press.

Muhflih, Muhammad. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo. 2006.

Sakr, Ahmad Hussein. Menyingkap Produk-Produk Haram. Yogyakarta: Wahana Cendikia. 2006.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-hes.v3i1.2117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mulyani Toyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Hukum Ekonomi Syariah ISSN 2549-4872 (Print), ISSN 2654-4970 (Online) indexed by:

Diterbitkan Oleh:
Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam.
Universitas Muhammadiyah Makassar
Makassar, Indonesia.
 
Contact Person:
Jasri, SE.Sy. (082349044666)
email: jurnal.hes@gmail.com
 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.