KAPITALISME Dl ERA PASAR BEBAS DAN REALITAS KONDISI EKONOMI KEKIKNIAN

Kartini Muslimin

Abstract


Kapitalisme berarti penggunaan kekayaan untuk menciptakan kekayaan yang lebih besar. Konsep kapitalisme melebar ke dalam berbagai varian, dari kapitalisme murni pasar bebas hingga kapitalisme yang di dalamnya melibatkan campur tangan negara. Secara umum, dalam sebuah sistem ekonomi kapitalis akan menuntun manusia pada sistem hukum rimba: karena kapitalisme sangat menekankan kekuatan rmdal dan alat produksi dalam upayanya survive. Realitas tersebut akan membuat masyarakat proletar akan "survive' pula dengan status sosialnya yang tidak akan pernah naik kelas, karena untuk selamanya akan berperan sebagai "babu" ataupun pelaku ekonomi kelas kacangan.

Dampaknya di era pasar bebas akan semakin memberikan peran yang cukup besar kepada kelompok kapitalis dengan ekspansi pasarnya pada semua level masyarakat, bahkan kehadiran Alfa mart, Alfa Midi dan Indomaret sudah "merampok pangsa pasar atau lahan masyarakat bavah dengan segala fasilitas yang diberikan oleh kekuatan kapitalis, dan hampir semua produk home industri di Indonesia sudah tergeser oleh mainan yang murah dengan ragam mtif yang semakin memperkokoh eksistensinya.

Kata Kunci: Kapitalisme, pasar bebas dan ekonomi


Full Text:

PDF

References


Garna, Judstira. Teori-Teori Perubahan sosial. Bandung; PPS Univ. Padjajaran, 1992.

Johnson, D.P. Teori Sosiologi Klasik dan Modern. Terjemahan Robert MZ, 1986.

Lewis, Oscar. Kebudayaan Kemiskinan; dalam Kemiskinan di Perkotaan, di edit oleh Parsudi Suparlan, Jakarta-Sinar Harapan Yayasan Obor, 1983.

Martono, Nanang. Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif, klasik, modem, postmodem dan Poskolonial. Jakarta; Raja Grafindo, 2011.

Maslow, Abraham. Motivasi dan kepribadian. Jakarta: Pustaka Biman Pressindo, 1994.

Marx, Karl. Kapital Sebuah Kritik Ekonomi Politik, Buku III: Proses produksi Kapitalis Secara Menyeluruh, Jakarta: Hasa Mitra. 1991.

Ritzer, George. Ketika Kapitalisme Berjingkrak, Telaah Kritis terhadap Gelombang McDonaldisasi, edisi Terjemahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2002.

___________. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. (diterjemahkan Oleh Alimandan): Jakarta; Raja Grafindo. 2007.

Qardhawi, Yusuf. Teologi Kemiskinan : Doktrin dasar dan solusi Islam atas problem kemiskinan, diterjemahkan Oleh Maimundan Wahid; Yogyakarta: Mitra Pustaka.Lawang. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-hes.v1i1.1634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JHES : JURNAL HUKUM EKONOMI SYARIAH



Contact Person:

Jasri, SE.Sy. ME. (082349044666)
email: jurnal.hes@gmail.com
 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.