KONSEP AKAD MURABAHAH DAN APLIKASINYA PADA PERBANKAN SYARIAH

St. Salehah Madjid

Abstract


Adanya bahvasahnya bank syariah hanya nmjadi label untuk menarik simpatik zakat muslim dibidang perbankan, dan salah satu produknya yang diklaim mendomnasi dari produk lainnya,yaitu murabaha, menyebabkan kajian konsep dan implementasi akad murabahah pada perbankkan syari'ah menjadi menarik, yang mana sistem yang dipakai murabahah dalam perbankkan syari'ah polemik, yaitu murâbahah li al-âmr bi al-syżâ', yaitu transaksi jual beli di mana seorang nasabah datang kepada pihak bank untuk membelikan sebuah komoditas dengan kriteria tertentu,dan ia berjanji akan membeli kormditas/barang tersebut secara murabahah yakni sesuai harga pokok penoelian ditambah dengan tingkat keuntungan yang disepakati kedua pihak, dan nasabah akan melakukan pembayaran secara installment (cicilan berkala) sesuai dengan kemampuan finansial yang dimliki

Jenis penelitiannya adalah Kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode library research, yang sering juga disebut studi pustaka, yang merupakan rangkaian kegiabn yang berkenaan dengan metode pengumputan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian.

Keywords: Akad, Murabahah, Aplikasi, Bank Syari'ah.


Full Text:

PDF

References


Beik, lrfan Syauqi. “Syariah dan Pengembangan Sektor Riil Bank Syariah dan Pengembangan Sektor Riil”. PesantrenV//'/irtual.com. 2007.

Dahab, Asyraf Thaha Abu. al-Mu'jam al-lslâmy;al-Jawanib ad-Dîniyyah wa asSiyăsiyyah wa al-ljtimă'iyyah wa al-lqtishădiyyah. Kairo:Dăr asy-Syur0q. 2002.

Hakim,Cecep Maskanul. 2004. Problematika Penerapan Murabahah Dalam Bank Syariah. Paper Lokakarya Produk Murabahah di Balaikota Bogor,26 Agustus 2004.

Hamud, Sami Hasan. 1992. Tathwîr al- A'mâl al-Mashrafiyah Bimâ Yattafiq al-Syarî 'ah al-lslâmiyah. Aman: Mathba'ah al-Syarq.

Lathif,Ah Azharuddin. Konsep dan Aplikasi Akad Murabahah Pada Perbankan Syariah Dilndonesia, Jumalhttp://www.academia.edu/6497439/Konsep_ dan_Aplikasi_Ak ad Murabahah_pada Perbankan_Syariah_di_lndonesia, dikases pada tanggal 15Țuni 2014, pukul 18-.49 WIB.

Muhammad. Sistem dan Prosedur Operasional Bank Syari'ah. Yogyakarta: UII press. 2000.

Saeed, Abdullah. Bank Islam dan Bunga, Studi Kritis dan Interpretasi Kontemporer tentang Riba dan Bunga. Cet.l; Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2003.

Dewan Syariah Nasional MUI dan Bank Indonesia, Himpunan Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI.

Sarthawy, Fuad. at-Tamwil al-lslămî wa Daur al-Qithă' al-Khăsh. cet.I; Jordan:Dăr al-Masîra, tt.

Wiroso.2005. Jual Beli Murabahah.yogyakarta: I-III Press.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-hes.v1i1.1632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JHES : JURNAL HUKUM EKONOMI SYARIAH



Creative Commons License
Jurnal Hukum Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats