Faktor- Faktor yang Memengaruhi Biaya Usahatani

Siti Walidah Mustamin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang memengaruhi biaya usahatani padi di Kelurahan Wala Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini terdiri dari satu variabel terikat yaitu biaya (Y) dengan variabel bebas yaitu biaya pupuk (X1), upah tenaga kerja (X2), biaya bibit, (X3), biaya pestisida (X4) dan produksi padi (X5). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petani padi yang ada di Kelurahan Wala Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang yang berjumlah 600 orang kemudian dari jumlah tersebut ditarik sampel 10 % sehingga diperoleh 60 orang responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis fungsi biaya coob- douglas, pengujian hipotesis dengan uji f dan uji t, dan pengukuran ketetapan model. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Faktor- faktor yang berpengaruh signifikan secara positif terhadap biaya ushatani padi di Kelurahan Wala Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang yaitu biaya pupuk, upah tenaga kerja, biaya bibit dan biaya pestisida. Sedangkan faktor yang berpengaruh signifikan secara negatif terhadap biaya usahatani padi di Kelurahan Wala Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang yaitu produksi padi.

Kata Kunci : Biaya bibit; Biaya pestisida; Biaya; Produksi padi; Upah tenaga kerja

Keywords


Biaya bibit; Biaya pestisida; Biaya; Produksi padi; Upah tenaga kerja

Full Text:

PDF

References


Ahmad S.Pd. 2004. Analisis Pendapatan Usaha Tani Padi di Kelurahan Bontoa Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Skripsi Universitas Negeri Makassar.

Anas M Fauzi dan Arif Satria. 2008. Agenda Riset Pangan. Institut Pertanian Bogor.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Biro Pusat Statistik. 2011. Dinas Pertanian Kabupaten Sidenreng Rappang.

Hanapi, Sidiq. 2010. Analisis Pendapatan dan Faktor Keuntungan Usahatani Padi Sawah Irigasi di Sumatera Selatan. Hasil- hasil penelitian dan Pengkajian. Palembang.

Munarfa Andi, M, Hasan. 2009. Metode Penelitian. Makassar: Peraktika Aksara Semesta.

Rahim. 2010. Analisis Harga Ikan Laut Segar dan Pendapatan Usaha Tangkap Nelayan di Sulawesi Selatan. Disertasi S-3 Program Pasca Serjana, Fakultas Pertanian, Program Studi Ekonomi Pertania, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Rahim, A., dan D.R.D.Hastuti. 2007. Ekonomika Pertanian (Pengantar, Teori, dan Kasus). Penebar Swadaya, Jakarta.

Rahim, A., Supardi, Suprapti, D.R.D. Hastuti. 2012. Model Analisis Ekonomika Pertanian, Badan Penerbit UNM, Makassar.

Sharma, A.N., dan V.K. Sharma. 1981. Elements of Farm Management, Prentice Hall of India Private, New Delh.

Soekartawi, 1994, Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglas. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian: Teori dan Aplikasi. Edisi Revisi 2002. Raja-Grafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi, Yogyakarta: PT Alfabeta Bandung.

Sukirno, S. 2004. Pengantar Teori Mikroekonomi (Edisi ketiga), Rajawali Press Jakarta.

Widodo, S. 1993. Ilmu Ekonomi Pertanian dan Pembangunan, Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Ekonomika Pertanian. Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada, Jogjakarta.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-hes.v2i2.1621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Siti Walidah Mustamin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Hukum Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats