Analisis Determinan yang Mempengaruhi Keputusan Menggunakan Produk Bank Islam Thailand: Minat sebagai Variabel Intervening

Sabrinah Nurfalah Hasanah, Andi Amri, Mitra Sami Gultom

Abstract


Bank Islam sering disebut dengan Bank Syariah di Indonesia, bank tersebut banyak diminati oleh kalangan masyarakat muslim, akan tetapi bank tersebut hadir pada negara yang memiliki populasi muslim minoritas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, kepercayaan dan literasi keuangan Syariah yang dimiliki responden terhadap keputusannya untuk menggunakan produk Bank Islam Thailand dengan minat sebagai variabel intervening. Dengan menggunakan metode kuantitatif serta pendekatan asosiatif, data yang digunakan ialah data primer dengan objek penelitian karyawan dan guru di Yayasan Sangkhom Islam Wittaya School, Sadao menggunakan sampel jenuh sehingga diperoleh 52 responden. Adapun dalam menganalisis data menggunakan SEM dengan bantuan software SmrtPLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya: (1) hubungan religiusitas terhadap keputusan menggunakan tidak berpengaruh; (2) hubungan kepercayaan terhadap keputusan menggunakan berpengaruuh positif; (3) literasi keuangan Syariah terhadap keputusan menggunakan berpengaruh positif; (4) religiusitas terhadap minat tidak berpengaruh; (5) kepercayaan terhadap minat berpengaruh positif; (6) literasi keuangan Syariah terhadap minat berpengaruh positif; (7) religiusitas terhadap keputusan menggunakan dengan minat sebagai variabel intervening tidak berpengaruh; (8) kepercayaan terhadap keputusan menggunakan dengan minat sebagai variabel intervening berpengaruh positif; (9) literasi keuangan Syariah terhadap keputusan menggunakan dengan minat sebagai variabel intervening berpengaruh positif; (10) keputusan menggunakan terhadap minat berpengaruh positif.


Keywords


Kepercayaan; Keputusan Menggunakan; Literasi Keuangan Syariah; Religiusitas.

References


Alwi, S. (2014). Perkembangan Religiusitas Remaja. Kaukaba Dipantara, 128.

Ardianto, K., Nuriska, F. P., & Nirawati, L. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Ulasan Produk Terhadap Minat Beli Ulang Emina Pada Official Store Shopee Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(2), 62. https://doi.org/10.31599/jmu.v2i2.759

Asyhad, M. dan W. A. H. (2017). URGENSI LITERASI KEUANGAN SYARIAH PADA PENDIDIKAN DASAR. 13(7), 126–143.

Batubara, M. W. (2021). Peran Koperasi Syariah Dalam Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 1494–1498.

Chairunnisyah, K., AK, M. F., & Wathan, H. (2020). Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Ibu Muslim Kota Medan Dalam Mengkonsumsi Produk Makanan Halal. Jurnal Bilal (Bisnis Ekonomi …, 1(1).

Delvi Delviana Saragi, & Rahmi, D. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah terhadap Keputusan Mahasiswa S-1 Unisba dalam Menggunakan Produk Bank Syariah. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 87–94. https://doi.org/10.29313/jrieb.vi.1180

Dewi, S. K., & Tarigan, A. A. (2022). Pengaruh Religiusitas, Risiko, Penanganan Keluhan Konsumen Terhadap Keputusan Penggunaan Shopee Paylater Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(3), 1544–1560. https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i3.44486

Dini Selasi, Cory Vidiati, A. M. (2015). Pertumbuhan Bank Syariah di ASEAN : Dalam Sejarah The Growth of Islamic Banks in ASEAN: In History. Intelectual Capital Disclosure, 19 No. 1, 39–50.

Faizah, N., & Sa’diyah, M. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Kualitas Pelayanan dan Tingkat Kepercayaan Terhadap Minat Mahasiswa dalam Menabung di Bank Syariah. Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology, 253–266.

Fauzi, A., & Murniawaty, I. (2020). Pengaruh Religiusitas dan Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa terhadap Minat Menjadi Nasabah di Bank Syariah. EEAJ Economic Education Analysis Journal, 9(2), 473–486. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39541

Gardenia, Y. (2018). METODE STRUCTURAL EQUATION MODEL (SEM) PADA PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE PEMESANAN MAKANAN ONLINE. JSI, 4(3), 410–419.

Hasyim, A. F. dan K. S. (2017). HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN SIKAP TERHADAP HOMOSEKSUAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA. 000.

I luh Aqnez Sylvia, S.S, S.Th, M. S. (2021). SERVANT LEADERSHIP(KEPEMIMPINAN YANG MENGHAMBA) (J. Ambaria (ed.); Pertama). Penerbit Adab.

Janna, N. M., & Herianto. (2021). KONSEP UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS DENGAN MENGGUNAKAN SPSS. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Maharama, A. R., & Kholis, N. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Gojek Di Kota Semarang Yang Dimediasi Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 19(2), 203. https://doi.org/10.30659/ekobis.19.2.203-213

Mumammad Richo Rianto, & Tutiek Yoganingsih. (2020). Pengaruh Religiusitas, Pengaruh Sosial Dan Dukungan Pemerintah Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Mandiri - Bekasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen, 16(2), 76–83. https://doi.org/10.31599/jiam.v16i2.405

Mustofa. (2021). ANALISIS LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN PERILAKU MENABUNG MAHASISWA. uny, 2016, 183–191.

Nastiti, D., & Laili, N. (2020). Asesmen Minat dan Bakat: Teori dan Aplikasinya (E. W. Maryam (ed.)). UMSIDA Press.

Ngadimen, A. N., & Widyastuti, E. (2021). Pengaruh social media marketing, online customer review, dan religiusitas terhadap keputusan pembelian konsumen shopee di masa pandemi Covid-19 dengan minat beli sebagai variabel intervening. Journal of Management and Digital Business, 1(2), 122–134. https://doi.org/10.53088/jmdb.v1i2.134

Okaviantari, K. A. R., Ekawati, N. W., Yasa, N. N. K., & Suasana, G. A. K. G. (2023). PERSEPSI RISIKO & PENGETAHUAN PRODUK UNTUK MEMBANGUN SIKAP POSITIF DAN NIAT BELI : Konsep dan Aplikasi (Pertama). Media Pustaka Indo.

Parastika, P., Hartini, T., & Amri, U. (2021). Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 10(1), 177–187. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v10i1.8609

Pringgadini, S. A., & Basiya, R. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Perceived Security, dan Risiko Terhadap Minat Penggunaan E-Payment Pospay (Studi Kasus Pengguna Pospay Kantor Pos Pati). SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 574–584. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1774

Prof. Dr. Sutan Remy Sjahdeini, S. H. (2018). Perbankan Syariah: Produk-produk dan Aspek-Aspek Hukumnya (Pertama). Kencana.

Rahmani, H. F., & Erpurini, W. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Penerapan Teknologi Aplikasi Zakat Terhadap Minat Masyarakat Dalam Berzakat. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 639–648. https://doi.org/10.22437/jssh.v4i2.11324

Ridwan, M., Khoirunnisa, A., Ak’nes, E., Tamara, A. D., Efrilian, L., Aisyah, N., & Adita, R. (2023). Analisis Perkembangan Ekonomi Islam di Asia Tenggara. Jurnal Ekonomi Manajemen, 18(1), 25–38.

Salim, F., Arif, S., & Devi, A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, dan Religiusitas terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(2), 226–244. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i2.752

Sarah, S. F., & Artanti, Y. (2020). Pengaruh Religiusitas dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian. BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 8(1), 37. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i1.6732

Savitri, A., Purwanti, I., & Syamsuddin. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Manfaat dan Risiko Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih E-Wallet (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan). Jurnal Sahmiyya, 1(1), 194–201.

Selistia, N. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Viral marketing Terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah: Studi pada Masyarakat Kota Palembang dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. Proceeding of International Seminar on Social, Humanities, and Malay Islamic Civilization, 9(Vol. 9 No. 1 (2023): International Seminar on Social, Humanities, and Malay Islamic Civilization), 536–552. www.aging-us.com

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99

Syaekhu, A. dan S. (2021). TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN. Zahir Publishing.

Tehupelasuri, N. B., Askandar, N. S., & Mahsuni, A. W. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Perilaku Keuangan Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Feb Universitas Islam Malang. E-Jra, 10(06), 52–59.

Urnika, A., & Khasanah, I. (2023). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Risiko, Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Di Lazada Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 12(1), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Usvita, M. (2021). Pengaruh Religiusitas Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Keputusan Menabung Pada Bank Nagari Syariah Kcp Simpang Empat. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(1), 47–53. https://doi.org/10.31846/jae.v9i1.339

Wildan, T., & Albari. (2023). Pengaruh Promosi dan Kepercayaan terhadap Keputusan Nasabah menggunakan Produk Tabungan Haji pada Bank Muamalat menggunakan Produk Medan Buku. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), 3(1), 551–563.

Wulandari, S. (2021). Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Indomie Di Sidoarjo). JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 4(1), 31–36. https://doi.org/10.26533/jmd.v4i1.754




DOI: https://doi.org/10.26618/j-hes.v8i1.15166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sabrinah Nurfalah Hasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Hukum Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats