Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Farmasi Halal di Kota Parepare

Sri Fatimah Rahmatillah, Syahriyah Semaun, Andi Bahri S, Darmawati Darmawati, Muzdalifah Muhammadun

Abstract


Farmasi halal merupakan salah satu produk konsumsi dengan tingkat urgensi yang tinggi dalam kehidupan masyarakat muslim. Namun, masih sangat sedikit studi empiris yang menganalisis perilaku konsumen dalam pembelian produk farmasi halal di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk farmasi halal, menggunakan teori perilaku konsumen yang terdiri dari variabel sosial, pribadi, psikologis, dan keputusan pembelian, serta mengkaji relevansi antara perilaku pembelian konsumen dengan implementasi maqashid syari’ah dalam berkonsumsi. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini mengambil data primer dari hasil kuisioner pada 100 muslim Kota Parepare dan dianalisis menggunakan metode SEM-PLS dengan program SmartPls 4.0. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk farmasi halal, dibuktikan dari path coefficients sebesar 0,296 dan nilai signifikansi 0,012<0,05 ; (2) faktor pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk farmasi halal, dibuktikan dari path coefficients sebesar 0,190 dan nilai signifikansi 0,047<0,05; (3) faktor psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk farmasi halal, dibuktikan dari path coefficients sebesar 0,470 dan nilai signifikansi 0,000<0,05; (4) Seluruh variabel eksogen memenuhi maqashid syari’ah, artinya faktor sosial, pribadi, dan psikologis dalam mempengaruhi perilaku pembelian konsumen telah mengimplementasikan unsur-unsur maqashid syari’ah dalam kegiatan konsumsinya.


Keywords


Perilaku Konsumen; Keputusan Pembelian; Farmasi Halal; Maqashid Syari’ah

Full Text:

PDF

References


Abdillah, A. J. (2023). Analisis Pengaruh Label Halal, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mie Samyang Korea (Studi Kasus Dikalangan Mahasisa UIN Bandung). Tesis. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

Adhim, C. (2020). Analisis Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Pada Butik Yulia Grace. Pendidikan Tambusai, 4(1), 239–247. https://jptam.org/index.php/jpttam/issue/view/15

Adiwijaya, A. J. S. (2019). “Menyongsong Pemberlakuan Kewajiban Sertifikasi Halal Di Indonesia.” Jurnal Living Law, 11(1), 22. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jill.v11i1.1641

Arsyad, P. N., & Ressandy, S. S. (2022). Sikap dan Persepsi Apoteker terhadap Kehalalan Obat di Samarinda. Borneo Student Research (BSR), 3(2), 2174–2182.

Astria, R., Junaida, E., & Bulan, T. P. L. (2021). Pengaruh Faktor Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Emina Di Kota Langsa. Jurnal JIM Manajemen: Manajerial Terapan, 1(1), 52–62. https://jim.unsam.ac.id/index.php/JMT/article/view/113

Bahari, A. F., & Ashoer, M. (2018). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. Jurnal Manajemen, Ide, dan Inspirasi (MINDS), 5(1), 69–78. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.4839

Chaniago, A. A. P. I. (2023). Determinan Keputusan Pembelian Produk Makanan Halal (Studi Mahasiswa IAIN Fatahul Muluk Papua). Tesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Diah, L., & Rahardjo, M. (2022). Faktor-faktor yang Memengaruhi Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Pemutih Tubuh Merek Jellys Pure Soap PT Dunia Kosmetik Sukses. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 6(5), 463–468. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i5.20255

Duryadi. (2021). Metode Penelitian Ilmiah (Vol. 7, Nomor 1). Yayasan Prima Agus Teknik dan Universitas STEKOM.

Fauzia, I. Y., & Riyadi, A. K. (2014). Prinsip Dasar Ekonomi Islam Perspektif Maqashid al-Syari’ah. Prenadamedia Group.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. BP Universitas Diponegoro.

Habibah, N., Soedarto, T., & Dwi Nugroho, S. (2023). Faktor yang Memengaruhi Keputusan Konsumen dalam Membeli Sayur Organik di Pasar Modern Kota Surabaya. Jurnal Pertanian Agros, 25(1).

Hakim, A., Sugihantoro, H., Aspari, I. K., Ramadhanty, C., Kusnanto, N. G., & Amin, I. K. N. (2022). Tingkat Pengetahuan, Persepsi, Dan Sikap Masyarakat Terhadap Kehalalan Obat Di Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Farmasi Farmasyifa, 5(2), 122–130. https://doi.org/10.29313/jiff.v5i2.9608

Hamdollah, R., & Baghaei, P. (2016). Partial least squares structural equation modeling with R. Practical Assessment, Research and Evaluation, 21(1). https://doi.org/https://doi.org/10.7275/d2fa-qv48

Hayati, R. (2021). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal dengan Label Halal Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Pekanbaru). Tesis. Pekanbaru: UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Helminah, N. (2020). Pengaruh Label Halal dan Electronic Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi pada Konsumen Muslim Wardah di Kota Bandung). Tesis. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ibrahim, D. (2019). Al-Qawa’id Al-Maqashidiyah: Kaidah-kaidah Maqashid. Ar-Ruzz Media.

Jannati, R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Pemahaman Keagamaan terhadap Keputusan Membeli Makanan Halal dengan Kesadaran Halal (Halal Awwareness) sebagai Variabel Intervening (Study Masyarakat Muslim Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang). Tesis. Semarang: Program Magister Ekonomi Syariah Universitas Negeri Walisongo.

Josianta, R. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Non Muslim Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Cepat Saji Bersertifikat Halal di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Pada Konsumen Non Muslim di Kecamatan Pekanbaru Kota, Sukajadi dan Senapelan). Tesis. Pekanbaru: UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Kasri, R. A., Ahsan, A., Widiatmoko, D., & Hati, S. R. H. (2021). Intention to Consume Halal Pharmaceutical Products: Evidence from Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 14(3), 735–756. https://doi.org/10.1108/JIMA-06-2021-0192

Kementerian Agama RI. (2013). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Cipta Bagus Segara.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th Global Edition. Pearson Education.

Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 30 Tahun 2013 tentang Obat dan Pengobatan. Diambil 10 Agustus 2023, dari https://www.mui.or.id/

Muhson, A. (2022). Analisis Statistik Dengan SmartPLS. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Nasution, M. E., Setyanto, B., Huda, N., Mufraeni, M. A., & Utama, B. S. (2017). Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam. Kencana Prenada Media Group.

Nugraha, J. P. (2021). Konsep Perilaku Konsumen. In Teori Perilaku Konsumen. PT Nasya Expanding Management.

Nurfitriana. (2023). Aplikasi Theory Planned of Behaviour untuk Memprediksi Keputusan Pembelian Online Fesyen Halal dengan Niat Beli sebagai Variabel Intervening. Tesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Rahayu, W. (2018). Pengaruh Tingkat Religiusitas dan Motivasi Konsumen Muslimah terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Tidak Berlabel Halal pada Pedagang Kaki Lima Pasar Kaget Tegallega Bandung. Tesis. Bandung: Universitas Islam Negeri Bandung.

Rangkuti, I., Leovita, A., & Dermawan, A. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen Dalam Membeli Sayur Hidroponik Non Pestisida Di Kota Padang. Musamus Journal of Agribusiness (Mujagri), 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35724/mujagri.v4i2.4359

Undang-Undang RI No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, Bab I, Pasal 4.

Rukmana, L. (2022). Determinan Keputusan Pembelian Busana Muslim Rabbani dengan Kelompok Referensi sebagai Variabel Moderasi. Tesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Santoso, D. T. T., & Purwanti, E. (2014). Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, dan Faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam Memilih Produk Operator Seluler Indosat-M3 di Kecamatan Pringapus Kab. Semarang. Among Makarti Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 6(12), 112–129. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52353/ama.v6i2.92

Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Kencana Prenadamedia Group.

Standard, D. (2022). “The Global Islamic Economy Indicator 2022” State of the Global Islamic Economy Report. https://www.dinarstandard.com/post/state-of-the-global-islamic-economy-report-2022

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Yuniarti, V. S. (2015). Perilaku Konsumen: Teori dan Praktik. Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-hes.v8i1.13730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sri Fatimah Rahmatillah, Syahriyah Semaun, Andi Bahri S, Darmawati Darmawati, Muzdalifah Muhammadun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Hukum Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats