Kontribusi Jual Beli Online dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi: Perspektif Ekonomi Syariah di Masa Pasca Pandemi

Nurhayati Nurhayati

Abstract


Pasar Majene adalah pusat perputaran ekonomi, khususnya dalam sektor jual beli, karena mayoritas masyarakat Majene bekerja di bidang perdagangan. Pandemi COVID-19 mengakibatkan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan dampaknya masih dirasakan hingga pasca pandemi, menyebabkan kebingungan di kalangan pedagang di Pasar Sentral Majene mengenai cara memutar roda perekonomian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana jual beli online dapat menjadi peluang untuk meningkatkan perekonomian dan untuk mengidentifikasi kelemahan serta keunggulan jual beli online bagi masyarakat Majene. Penelitian ini menggunakan metode field research dengan pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan pengamatan melalui YouTube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mengatasi permasalahan ekonomi, para pedagang di Pasar Sentral Majene menambah metode penjualan mereka dengan sistem jual beli online menggunakan aplikasi WhatsApp dan Facebook. Mereka mengunggah gambar-gambar dagangan mereka di aplikasi tersebut. Kelemahan dari jual beli online adalah penjual harus selalu siap dengan kuota internet, rajin membuka aplikasi, menghadapi keraguan konsumen terhadap barang dagangan, dan seringkali diminta untuk menyediakan ongkos kirim gratis. Namun, jual beli online juga memiliki keunggulan seperti dapat berjualan dari rumah, tetap dapat berkumpul dengan keluarga, pekerjaan rumah tetap terkontrol dan selesai dengan baik, menghemat biaya transportasi ke pasar, serta menghemat biaya kebersihan di pasar.

Keywords


Covid-19; Ekonomi Syariah; Jual Beli Online; Pemulihan Ekonomi; Peningkatan

References


Al-Qur’an Kemenag Online. (2024). Qur’an dan Terjemahan. Kementrian Agama Indonesia. https://quran.kemenag.go.id/

Amrita, N. D. A., Handayani, M. M., & Erynayati, L. (2021). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Pariwisata Bali. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 7(2), 246–257. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v7i2.824

Anas, A., & Utami, M. M. (2021). Faktor Penghambat Pembelian Barang Secara Online pada Konsumen Muslim: Study pada Mahasiswa Universitas di Meulaboh. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(2). https://doi.org/10.35308/jbkan.v5i2.4277

Balai POM di Mamuju. (2023). Verifikasi Penilaian Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas di Pasar Sentral Majene. Mamuju.Pom.Go.Id.

Basyariah, N., Asmadia, T., Apriantoro, M. S., Ilyas, F., Agusti, N., Febriyanti, N., Jasri, Athief, F. H. N., Kholishudin, Rahmat, F., Pratiwi, A., & Asra. (2023). Mengapa Harus Ekonomi Syariah? AZ-ZAHRA MEDIA SOCIETY.

Endriastuti, A., & Permatasari, M. P. (2018). Pelatihan Pemasaran, Pemberdayaan Toko Online, dan Pengenalan M-Commerce pada Produk Unggulan Jagung Tortiladi Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 56. https://doi.org/10.31604/jpm.v1i2.56-66

Fauzi, M. I. F. (2023). Jual Beli Online Bentuk Muamalah di Masa Modern di Tinjau dalam Hukum Islam. Al-Bayan: Journal of Islamic Law and Economics, 3(1), 18–31.

Hastharita, R., & Jasri, J. (2024). Facebook dan Etika Digital: Pendekatan Hukum Islam terhadap Batasan Konten Media Sosial. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 1(4), 672–677.

Jasri, Aidil, A. M., S., A., & Mustaming, M. (2023). The Islamic Legal Analysis of Mixed Rice Buying and Selling Transactions in Traditional Markets. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 11(2), 255–265. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/masharif.v11i2.10133

Jasri, Arfan, N., Hasanuddin, & Hasan, H. A. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452

Khairul Akbar, K. A., Irsad, I., Emmia Tambarta Kembaren, E. T. K., Ade Firmansyah Tanjung, A. F. T., & Ahmad Rizki Harahap, A. R. H. (2022). Dampak Pandemi Covid 19 pada Pertumbuhan Perekonomian Indonesia. Jurnal Agriuma, 4(2), 88–96. https://doi.org/10.31289/agri.v4i2.8247

Khusna, A. N. (2020). Online Reservation System Based On E-Commerce In Colega Store Yogyakarta. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.21460/jutei.2019.31.71

Lazuardi, M. R., & Fauzi, A. M. (2024). Strategi Adaptasi Perekonomian Warung Kecil Pasca Pandemi Covid-19 di Kelurahan Sepanjang. Paradigma: Journal Of Sociological Studies, 13(3), 161–170.

Mansyur, F., Jasri, J., & Masuwd, M. (2024). Overcoming Intellectual Unemployment through Entrepreneurship Learning Transformation: A Case Study on Sharia Economic Law Study Program of Unismuh Makassar. Al-Muamalat: Jurnal Ekonomi Syariah, 11(2), 251–268. https://doi.org/10.15575/am.v11i2.34562

Orinaldi, M. (2020). Peran E-commerce dalam Meningkatkan Resiliensi Bisnis diera Pandemi. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 4(2), 36. https://doi.org/10.30631/iltizam.v4i2.594

Palevy, M. R., Furqani, H., & Hasnita, N. (2020). Sistem Transaksi dan Pertanggungan Risiko dalam Jual Beli Dropshipping Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Journal of Sharia Economics, 1(2), 99–119. https://doi.org/10.22373/jose.v1i2.642

Polda Sulbar. (2021). Pasar Sentral Majene Jadi pasar Digital, Kapolres Majene Terima Program Sosial Bank Indonesia. Www.Humas.Polri.Go.Id.

Pujowati, Y., Hasibuan, P. A. S., & Budiono, S. T. (2022). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan UMKM (Usaha Mikro, Kecil Menengah) Di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 15(1), 100–112. https://doi.org/10.21107/pamator.v15i1.13922

Putri, A. A., Aisyah, A. I., Pratama, D. A. P., Maritza, E. N., Priambodo, G., Hermawan, G. V., Dianti, R., & Natalia, J. (2021). Pelatihan Strategi Pemasaran Online Untuk Pedagang yang Terdampak Covid19 di Surabaya dan Sekitarnya. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 363. https://doi.org/10.35914/tomaega.v4i3.864

Quran Tazkia. (2024). Hadits - Jual Beli (Bai’). Quran.Tazkia.Ac.Id.

Rohmah, S. N. (2020). Adakah Peluang Bisnis di Tengah Kelesuan Perekonomian Akibat Pandemi Coronavirus Covid-19? Jurnal Inovasi Penelitian, 4(1), 63–74. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.279

Sari, A. N., & Suryan, V. (2021). Pandemi Covid-19: Dampak terhadap Pekerjaan Konstruksi. Jurnal Talenta Sipil, 4(2), 214. https://doi.org/10.33087/talentasipil.v4i2.77

Suhedi, S., & Alfarisi, M. A. (2023). Pemulihan Ekonomi Kota Pontianak melalui Digitalisasi UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2668–2680. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.5274

Tangkas, I. G. T. P. B., I Gede Sutarya, & I Gusti Made Widya Sena. (2023). Strategi Komunikasi di Media Sosial Facebook dalam Pemasaran Tikus Putih Pada Saat Wabah Covid-19 Sebagai Pakan Reptil dan Burung Predator. Anubhava: Jurnal Ilmu Komunikasi HIndu, 3(1), 424–433. https://doi.org/10.25078/anubhava.v3i1.2806

Triantika, N. A., Marwenny, E., & Hasbi, M. (2020). Tinjauan Hukum tentang Pelaksanaan Perjanjian Jual Beli Online Melalui E-Commerce Menueur Pasal 1320 Kuhperdata. Ensiklopedia Sosial Review, 2(2), 119–131. https://doi.org/10.33559/esr.v2i2.488

Ulum, M. (2020). Prinsip-Prinsip Jual Beli Online dalam Islam dan Penerapannya pada e-Commerce Islam di Indonesia. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 17(1). https://doi.org/10.34001/jdeb.v17i1.1115

Wahyuddin, W., Itang, I., Jasri, J., Abidin, Z., Qurtubi, A. N., Zulfa, M., Melina, F., & Mustika, M. (2023). Kaidah Fiqih Ekonomi Syariah. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-hes.v8i1.13106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 hafizhah hafizhah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Hukum Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats