Analisis Komparatif Terkait Nilai-Nilai Etika Bisnis dalam Berbagai Perspektif Lintas Agama di Indonesia

Imroatul Latifa Alawiyah

Abstract


Etika bisnis dalam berbagai perspektif lintas agama melibatkan pengakuan bahwa agama memainkan peran penting dalam membentuk pandangan tentang etika dan moralitas dalam konteks bisnis. Setiap agama memiliki ajaran, nilai-nilai, dan prinsip-prinsip berbeda yang membimbing perilaku dan keputusan bisnis umatnya. Tujuan penulisan ini adalah untuk memaparkan tentang etika bisnis dalam berbagai perspektif lintas agama. Metode penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (library research). Studi kepustakaan ini dilakukan dengan mengumpulkan data dari sumber-sumber kepustakaan seperti jurnal, artikel, dan sejenisnya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah dalam perspektif Islam etika bisnis didasarkan pada dua sumber utama yaitu Al-Qur’an dan Hadits yang mana dalam Al-Qur’an, bisnis disebut sebagai suatu aktivitas manusia yang bersifat material dan immaterial. Etika bisnis dalam perspektif Kristen sebagaimana yang dikatakan oleh Alexander Hill bahwa etika bisnis Kristen tidak menerima pemisahan antara pekerjaan dan kehidupan. Etika bisnis dalam perspektif Hindu kegiatan usahanya didasarkan pada konsep kemuliaan manusia sebagai ciptaan Ilahi, maksudnya adalah seorang pengusaha dianggap sebagai mitra Tuhan yang turut menciptakan nilai dan kesejahteraan dalam masyarakat. Etika bisnis dalam perspektif Buddha adalah panduan moral dan prinsip yang mengatur perilaku dan praktik bisnis berdasarkan ajaran Buddha, dan analisis komparatif etika bisnis dalam berbagai perspektif lintas agama, sebagaimana di dalam etika bisnis Islam, Kristen, Hindu, dan Buddha terdapat persamaan yang mana sama-sama menekankan keadilan, kejujuran, tanggung jawab sosial, keseimbangan, dan hak asasi manusia


Keywords


Bisnis; Etika; Lintas agama

References


Aravik, H. F. (2020). Etika Bisnis Islam Seni Keberkahan. Yogyakarta: Deepublish.

Azizah, M. (2020). Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Transaksi Jual Beli Daring di Toko Online Shopee. Humani.

Bambangan, M. (2019). PERSPEKTIF TEOLOGIS TERHADAP ETIKA BISNIS KRISTEN. Jurnal Luxnos .

Connely, Peter. Aneka Pedekatan Studi Agama. Yogyakarta: Lkis Group. 2002.

Dr. Nihayatul Masykuroh, M. (2020). ETIKA BISNIS ISLAM. Banten: Media Karya.

Handayani, Disfa Lidian. “Etika Bisnis Islam: Sebuah Kajian Komparatif”. Jurnal BAABU AL-ILMI: Ekonomi dan Perbankan Syariah 4, no. 1 (April 7, 2019). https://doi.org/10.29300/ba.v4i1.1852.

Hasoloan, A. (2018). PERANAN ETIKA BISNIS DALAM PERUSAHAAN BISNIS. Jurnal Warta.

Haudi, R. G. (2019). KONSEP EKONOMI DALAM PERSPEKTIF BUDDHIS. Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha.

Hunt, Shelby D. dan Scott J Vittel, “The General Theory of Marketing Ethics: A Revision and Three Questions”, dalam Journal of Macromarketing, Vol.26, (2006).

Latupeirissa, J. (2019). Etika Bisnis Ditinjau dari Perspektif Alkitab. Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen.

Maitriya, T. (2021). ANALISIS EKONOMI SYARIAH MENURUT SUUDUT PANDANG AGAMA BUDDHA. Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan , 153-154.

Nur Manna Silviyah, N. D. (2022). Pengaruh Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan UMKM. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam.

Nyanasuryanadi, H. W. (2020). Etika WIrausaha dalam Agama Buddha. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis .

Nyoman Reditiasari, d. (2023). Tri Hita Karana Sebagai Etika bisnis dalam Meningkatkan Perekonomian. Jurnal Manajemen.

Rahimaji, A. (2019). ETIKA BISNIS PADA PT XYZ. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan.

Sanjaya, P. K. (2018). ETIKA BISNIS DAN ENTREPRENEURSHIP DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI BALI : DALAM PERSPEKTIF HINDU. Jurnal Ibnu Agama dan Kebudayaan .

Weruin, U. U. (2019). TEORI-TEORI ETIKA DAN SUMBANGAN PEMIKIRAN PARA FILSUF BAGI ETIKA BISNIS. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis.

Wijaya, I. G. (2022). ETIKA KEWIRAUSAHAAN BERDASARKAN AJARAN WEDA. Jurnal Manajemen.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-hes.v7i02.10935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Imroatul Latifa Alawiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Hukum Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats