The Effectiveness of Storytelling Method To Increase Language Development In Early Childhood
Abstract
Keywords
Full Text:
DOWNLOADReferences
Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301
Alfin, J., & Pangastuti, R. (2020). Perkembangan Bahasa pada Anak Speechdelay. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.572
Aripradono, H. W. (2020). Penerapan Komunikasi Digital Storytelling Pada Media Sosial Instagram. Teknika. https://doi.org/10.34148/teknika.v9i2.298
Azhari, S. (2021). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Lembaga Paud Meraje Gune. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 181–197. https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i2.3312
Darmawan, I. P. A., & Priskila, K. (2020). Penerapan Storytelling Dalam Menceritakan Kisah Alkitab Pada Anak Sekolah Minggu. Kurios. https://doi.org/10.30995/kur.v6i1.129
Devianty, R. (2017). Bahasa Sebagai Cerminan Budaya. Fakutas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN SU Medan.
Fatimah, F., & Mahmuddin, M. (2021). MENINGKATKAN ASPEK BAHASA DALAM MEMAHAMI CERITA MENGGUNAKAN MODEL STORY TELLING DAN ROLE PLAYING DENGAN MEDIA WAYANG KERTAS. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD). https://doi.org/10.20527/jikad.v1i2.4272
Fauziah, F., & Rahman, T. (2021). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak). https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i02.870
Friantary, H. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2100
Hasbullah, M. (2020). Hubugan Bahasa, Semiotika dan Pikiran dalam berkomunikasi. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v3i1.3712
Hasim, E. (2019). Perkembangan Bahasa Anak. Pedagogika, 9(2), 195–206. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i2.87
Hastuti, S., & Neviyarni, N. (2021). Teori Belajar Bahasa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.179
Hidayat, D. B., Muktadir, A. M., & Dharmayana, I. W. (2019). Efektivitas Metode Mendongeng (Storytelling) dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Keterampilan Membaca Siswa (Sebuah Studi Kasus di SDN 55 Bengkulu Selatan). Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(2), 120–128. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i2.10582
Iswinarti, I., Asrini, H. W., Hasanati, N., & Kartono, R. (2020). Program Story Telling dengan Metode BERLIAN (Bercerita-ExpeRiential-LearnIng-ANak) untuk Menanamkan Moral pada Anak-anak. Altruis: Journal of Community Services. https://doi.org/10.22219/altruis.v1i2.12163
Lestari, T. (2021). Story Telling sebagai Sarana Perkembangan Bahasa pada Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 1512–1515. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1128%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/1128/1011
Maghfiroh, S., & Eliza, D. (2021). Perkembangan Bahasa Anak Usia 3 Tahun. Journal of Education Research. https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.54
Marcela, R. A., Rozie, F., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Keguruan, F., … Rozie, F. (n.d.). PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM OPTIMALISASI BAHASA RESEPTIF ANAK USIA 5-5 TAHUN DI TK NEGERI 02 TENGGARONG tema dan cerita yang akan disampaikan , ( 5 ) guru bercerita kepada anak , ( 6 ) guru. 27–38.
Mayasari, D. (2017). Fungsi dan peran sintaksis bahasa Indonesia dalam rubrik deteksi harian Jawa Pos. Sastranesia.
Nurmadiah, N. (2016). STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v3i1.101
Priyoambodo, G. A. E., & Suminar, D. R. (2021). Hubungan Screen Time dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini : A Literature Review. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i5.119
Puspita, S. M., & Diana, A. (2021). PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM ANIMASI SISWA. JURNAL PESONA. https://doi.org/10.52657/jp.v7i2.1508
Putri, U. N., Sari, A., & Miswanto, M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Sejak Dini Dengan Menggunakan Metode Mendongeng Kepada Guru Dan Orang Tua Siswa di PAUD Nusantara, Medan Polonia. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM). https://doi.org/10.35335/abdimas.v5i1.1833
Sari, S. Y., & Nofriadi, N. (2019). PEMBENTUKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. https://doi.org/10.30631/smartkids.v1i2.50
Suhendi, E. T. (2017). Berbahasa, berpikir, dan peran pendidikan bahasa. Proceedings Education and Language International Conference.
Sulaiman, F. A. (2017). Pengembangkan Kemampuan Bahasa dan Sosial Anak melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio.
Wahyundari, N. W. S., & Handayani, D. A. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan pada Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Berseri. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36877
Wardasari, N.-, Laturrakhmi, Y. F., & Illahi, A. K. (2021). Strategy Analysis of Storytelling in Communicating Marriage Age Maturity Program in The Society. Jurnal Komunikasi. https://doi.org/10.24912/jk.v13i2.11093
Yolanda, W., & Muhid, A. (2022). EEfektivitas Metode Belajar StoryTelling untuk Meningkatkan Sosio-Emosional Anak Pandemi COVID-19 : Literature Review. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 21–32. Retrieved from https://doi.org/10.24853/yby.v6i1.9547
Yulia Indah Firyati, Een Y Haenillah, S. (2009). STORY TELLING MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI Yulia. 2009(Icte), 3–5.
DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v7i3.8140
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JED (Jurnal Etika Demokrasi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.