Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JED (Jurnal Etika Demokrasi)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Pedoman Penulisan Jurnal Etika Demokrasi (Calibri Body 14pt Bold)

 

Suardi2) (Calibri Body 12pt Bold)

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar, Jl. Sultan Alauddin No.259, Makassar, Indonesia 90221 (Calibri Body 10pt)

suardi@unismuh.ac.id 

 

Abstract. (Calibri Body 10pt) This is a new author's guide and article template from JED (Journal of Democratic Ethics since publication in 2017. The article must begin with the title of the article followed by the author's name and affiliation address and abstract. This abstract section must be typed in Calibri Body letters and 10 pt font size and 150-250 word spacing must be used between the lines in this article If the article is written in Indonesian, the abstract must be typed in Indonesian and English, meanwhile if the article is written in English, the abstract must be typed in English only Abstract is a mini content of all statements of writing, consisting of: problems, objectives, methods, scientific findings, and conclusions conclusions Abstract must be typed in one paragraph and one column format.

Keywords : writing instructions; Journal of Ethical Democracy; the template

 

Abstrak. (Calibri Body 10pt) Ini adalah panduan penulis baru dan template artikel dari JED (Jurnal Etika Demokrasi sejak publikasi tahun 2017. Artikel harus dimulai dengan judul artikel diikuti oleh nama penulis dan alamat afiliasi dan abstrak. Bagian abstrak ini harus diketik dalam huruf Calibri Body dan ukuran font 10 pt dan jumlah kata 150-250 spasi tunggal harus digunakan di antara baris dalam artikel ini. Jika artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia, abstrak harus diketik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Sementara itu, jika artikel ditulis dalam bahasa Inggris, abstrak harus diketik dalam bahasa Inggris saja. Abstrak adalah isi mini dari seluruh pernyataan penulisan, terdiri dari: masalah, tujuan, metode, hasil temuan ilmiah, dan kesimpulan singkat. Abstrak harus diketik dalam format satu paragraf dan satu kolom.

Kata kunci:  petunjuk penulisan; Jurnal Etika Demokrasi; template

 

PENDAHULUAN

Calibri (Body) 11pt, JED (Jurnal Etika Demokrasi) dengan ISSN cetak 2339-2401 dan oline 2615-4334  adalah jurnal Peer-Review yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Bidang kajian JED (Jurnal Etika Demokrasi) bertujuan untuk menyebarkan pemikiran konseptual atau ide, ulasan dan temuan penelitian yang diperoleh di bidang Ilmu pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). JED (Jurnal Etika Demokrasi) berfokus pada (1) isu-isu Pembelajaran PPKn; (2) Pendidikan Karkater; (3) Sosial, Hukum dan Kewarganegaraan. JED (Jurnal Etika Demokrasi) hanya menerima artikel dari temuan asli (prioritas utama), dan artikel ulasan ilmiah baru (non-prioritas) (Bekker et al., 1999; Bezuidenhout et al., 2009). Keputusan apakah artikel ilmiah diterima atau tidak dalam jurnal ini akan menjadi Dewan Editorial tepat berdasarkan rekomendasi peer reviewer (Bhaktavatsalam & Choudhury, 1995).

Judul artikel, nama penulis (tanpa gelar akademis), dan alamat afiliasi penulis ditulis di tengah halaman pertama di bawah judul artikel. Jarak antara judul dan nama penulis adalah spasi ganda; sementara itu jarak antara alamat afiliasi penulis dan judul abstrak adalah spasi tunggal. Kata kunci harus ditulis dalam abstrak untuk setiap bahasa. Ini disusun berdasarkan abjad dan dipisahkan oleh tanda titik koma yang terdiri dari 3-5 kata. Untuk artikel bahasa Indonesia, judul diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris di awal abstrak bahasa Inggris (lihat contoh di atas). Revisi artikel dan keputusan akhir hanya akan dikomunikasikan melalui email Penulis yang bersangkutan.

Jika ada lebih dari satu penulis, tulis nama penulis dipisahkan dengan koma (,). Jika nama penulis terdiri dari dua kata, nama depan tidak boleh disingkat. Jika nama penulis hanya terdiri dari satu kata, tuliskan nama aslinya dalam satu kata. Namun, versi online (HTML) akan ditulis dalam dua kata yang terdiri dari nama yang sama (berulang kali) untuk tujuan indeksasi metadata (Camdali & Tunc, 2006; Fridman, 2008).

Naskah yang mematuhi instruksi penulisan untuk JED (Jurnal Etika Demokrasi), dengan ISSN cetak 2339-2401 dan oline 2615-4334  (menggunakan format MS Word dan template artikel ini) harus diserahkan secara online di URL berikut https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jed/index (Jika ada kesulitan dalam mengirimkan naskah online, silakan hubungi email: ppkn@unismuh.ac.id atau suardi@unismuh.ac.id)

Instruksi tentang mengirimkan naskah secara online dapat dilihat pada Pedoman untuk Pengiriman Online di bawah ini. Naskah tidak mematuhi instruksi penulisan untuk JED (Jurnal Etika Demokrasi), dengan ISSN cetak 2339-2401 dan oline 2615-4334 akan dikembalikan kepada penulis sebelum ditinjau.

Naskah harus terdiri dari komponen artikel ilmiah yaitu: (a) Judul Artikel, (b) Nama Penulis (tanpa judul), (c) Alamat Afiliasi Penulis, (d) Abstrak dan Kata Kunci, (e) Pendahuluan, (f) Metode Penelitian, (g) Pembahasan, (h) Kesimpulan dan (i) Referensi.

Naskah dapat dibuat dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan maksimal 10 halaman termasuk gambar dan tabel. Naskah harus ditulis sesuai dengan templat artikel ini dalam bentuk siap-cetak. Artikel harus diketik dengan A4 (210 x 297 mm), margin kiri 2 cm, margin kanan 2 cm, margin bawah 2 cm, dan margin atas 2 cm. Naskah harus ditulis menggunakan Calibri Body, ukuran font 11 poin (kecuali judul artikel, nama penulis dan judul abstrak), spasi tunggal, dan format dua kolom (kecuali judul artikel, nama penulis, dan abstrak).

Kata atau istilah asing digunakan dalam huruf miring. Penulis diharapkan tidak menggunakan istilah asing untuk artikel bahasa Indonesia.

Tabel dan Gambar ditempatkan dalam kelompok teks setelah tabel atau gambar direferensikan. Setiap gambar harus diberi judul (Gambar Keterangan) dan ditempatkan di bagian bawah gambar. Itu diberi nomor menggunakan angka Arab dan diikuti oleh judul gambar. Setiap tabel harus diberi judul. Gambar dapat dicetak dengan jelas (ukuran font, resolusi, dan ukuran garis). Gambar dan tabel dan diagram / skema harus ditempatkan sesuai dengan kolom antara sekelompok teks atau di tengah halaman jika terlalu besar.

  1. Judul Artikel: Judul artikel harus ditulis secara singkat dan jelas. Ini menunjukkan masalah yang harus dibahas dan tidak boleh membuat salah tafsir. Judul artikel ditulis secara simetris dan tidak mengandung singkatan yang tidak biasa. Ekspresikan ide utama sebuah artikel baru dan diikuti dengan penjelasan lain.
  2. Pendahuluan: Pendahuluan terdiri dari (secara berurutan) latar belakang umum, keadaan seni sebagai dasar untuk pernyataan kebaruan ilmiah artikel, pernyataan kebaruan ilmiah, dan masalah penelitian atau hipotesis. Pada akhirnya, pengantar harus menyebutkan tujuan ulasan artikel. Tinjauan literatur tidak diperbolehkan dalam format artikel ilmiah, sehingga digantikan oleh keadaan seni untuk membuktikan kebaruan artikel.

Pedoman untuk Menyerahkan Naskah Daring

Naskah harus diserahkan menggunakan salah satu cara berikut (yang kedua lebih disukai):

  1. Naskah disampaikan melalui Sistem Pengajuan Online di JED (Jurnal Etika Demokrasi), dengan nomor terdaftar ISSN 2088-3706 (Cetak), ISSN 2502-9320 (Online) https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jed/index. Pertama, penulis mendaftar sebagai Penulis dan / atau Peninjau (periksa peran sebagai Penulis dan / atau Peninjau) dalam menu "Daftar" atau alamat: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jed/user/register

Setelah penulis masuk sebagai Penulis, klik "Pengiriman Baru". Ada 5 langkah untuk mengirimkan artikel, yaitu .: (1). Mulai, (2). Kiriman Unggahan, (3). Masukkan Metadata, (4). Unggah File Tambahan, (5). Konfirmasi

Di menu Mulai, pilih Bagian Jurnal (Artikel Lengkap) dan periksa semua daftar periksa.

Di menu Unggah Pengiriman, unggah file naskah dalam MS Word. Di menu Enter Metadata, masukkan semua Penulis dan data afiliasi dan diikuti dengan judul, abstrak, dan kata kunci pengindeksan. Dalam menu Unggah File Tambahan, penulis diizinkan untuk mengunggah file data pendukung atau surat pengantar atau dokumen lainnya. Di menu Konfirmasi, klik "Finish Submission"

  1. Naskah juga dapat dikirim melalui Email ke tim editorial JED (Jurnal Etika Demokrasi), dengan nomor terdaftar ISSN 2088-3706 (Cetak), ISSN 2502-9320 (Online) melalui email ppkn@unismuh.ac.id atau suardi@unismuh.ac.id . Namun, metode ini tidak disarankan.

Setiap artikel yang dikirim ke kantor editorial JED (Jurnal Etika Demokrasi), dengan nomor terdaftar ISSN 2088-3706 (Cetak), ISSN 2502-9320 (Online)  tidak dikenai biaya termasuk pemrosesan artikel. Biaya publikasi ditanggung oleh penerbit jurnal.

METODE PENELITIAN

Calibri (Body) 11pt spasi 1,15. Metode diterapkan untuk memecahkan masalah, termasuk metode analitis. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah penelitian dijelaskan pada bagian ini.

PEMBAHASAN

Calibri (Body) 11pt spasi 1,15. Bagian ini terdiri dari hasil dan diskusi. Setiap hasil harus didukung oleh data yang memadai. Kemudian, hasilnya harus dapat menjawab pertanyaan penelitian atau hipotesis yang dinyatakan sebelumnya dalam pendahuluan.

KESIMPULAN

Calibri (Body) 11pt spasi 1,15. Kesimpulan: Kesimpulan menyatakan jawaban atas hipotesis dan / atau tujuan penelitian atau temuan ilmiah. Kesimpulan bukanlah pengulangan temuan dan diskusi, tetapi itu adalah ringkasan temuan seperti yang diharapkan dalam tujuan atau hipotesis. Jika perlu, kesimpulan juga dapat diakhiri dengan ide selanjutnya untuk diterapkan pada penelitian ini. Selain itu perlu dicantumkan pengakuan terutama ditujukan kepada penyandang dana penelitian atau donor. Pengakuan juga dapat didedikasikan untuk orang yang berkontribusi dalam penelitian ini.

DAFTAR PUSTAKA

Calibri (Body) 10pt spasi 1. Daftar Pustaka, semua referensi yang digunakan dalam artikel harus terdaftar di bagian Referensi. Referensi harus mengandung literatur referensi yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah setidaknya 80% dari seluruh referensi) yang diterbitkan dalam 10 (sepuluh) tahun terakhir. Setiap artikel mengandung setidaknya 10 (sepuluh) referensi. Lebih baik menulis sistem referensi di artikel dan di bagian referensi menggunakan APA (American Psychological Association) dan sebaiknya menggunakan program manajemen referensi seperti Mendeley, EndNote, Zotero, atau lainnya.

Penulis harus menulis sumber ketika dia menggunakan data atau mengutip pernyataan dari literatur lain. Referensi atau kutipan ditunjukkan dengan menulis nama dan tahun penulis (Irwan dan Salim, 1998). Segala sesuatu yang dikutip dalam artikel harus terdaftar di bagian Referensi, dan sebaliknya, semua yang ditulis dalam Referensi harus ada dalam artikel (Wang et al., 2011). Contoh:

 

  1. Referensi dalam bentuk Jurnal Ilmiah

Suardi, S., Herdiansyah, H., Ramlan, H., & Mutiara, I. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Jaya Negara Makassar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(1).

  1. Referensi dalam bentuk buku

Suardi. (2019). Model Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Yogyakarta: WR Revolution.

  1. Referensi dalam bentuk Seminar Prosiding

Suardi, S. (2017). Pendidikan Keluarga: Basis pendidikan pertama dan Utama dalam Membina Ketahanan Moral Anak Usia Dini. In

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.