The Expansion And Equitable Access To Early Childhood Education In The City Of Baubau
Abstract
This study aims to determine the impact of implementing Baubau Mayor Regulation Number: 1 of 2014 regarding equitable access to early childhood education. In this research, the method used is descriptive qualitative evaluation, that is, research in which one of them describes or takes pictures of policy implementation. The results of the study indicate that the Mayor of Baubau Regulation Number 81 of 2014 concerning the Implementation of Early Childhood Education in the city of Baubau is a policy that has been carried out for a long time and has an impact on increasing and equalizing the number of units, teachers, students as a form of community participation in PAUD services. There are also supporting and inhibiting factors that use a reference in improving the rearrangement of the policy.
Penelitian ini mendeskripsikan dampak implementasi Peraturan Walikota Baubau Nomor:81 Tahun 2014 terkait pemerataan akses pendidikan anak usia dini. Metode yang digunakan adalah evaluasi bersifat kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang salah satunya menggambarkan atau memotret tentang implemenetasi kebijakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peraturan Walikota Baubau Nomor 81 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini di kota Baubau merupakan kebijakan yang telah lama dilakukan dan berdampak pada peningkatan dan pemerataan pada jumlah satuan, guru, peserta didik sebagai wujud partisipasi masyarakat pada pelayanan PAUD. Terdapat pula faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam perbaikan penyusunan kembali kebijakan tersebut.
Keywords
Full Text:
DOWNLOADReferences
Ahmad, S. (2018). Perluasan dan Pemerataan Akses Kependidikan Daerah 3T. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(2), 153–171. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v1i2.4603.154
Arditama, E., & Lestari, P. (2020). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol. 8 No. 2 (Mei, 2020). JUrnal Pendidikan Kewarganegaraan Undika, 8(2), 157–167. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/25434&ved=2ahUKEwic5fep2PHsAhUSeYKHU8fBGQQFjAAegQICRAC&usg=AOvVaw3Tezzh5erg5X3r51XrDwtW
Aristo, T. J. V. (2019). Analisis Permasalahan Pemerataan Pendidikan di Kabupaten Sintang. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 1–9.
Arwildayanto, Suking, A., & Sumar, W. T. (2018). Analisis Kebijakan Pemerintah.
Djaenuri, A. (2015). Konsep-konsep Dasar Pemerintahan Daerah. Repository.Ut.Ac.Id, 3, 1–46. http://repository.ut.ac.id/4206/1/IPEM4214-M1.pdf
Hadiansyah, A., Fidesrinur, F., & Firmiana, M. E. (2017). Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pendirian Lembaga PAUD. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 3(1), 55. https://doi.org/10.36722/sh.v3i1.197
Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Kemdikbud RI. (n.d.). Data Referensi Pendidikan. http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11_sd.php?kode=052400&level=2
Kemdikbud RI. (2020). Neraca Pendidikan Daerah. In Kemdikbud RI (Issue 76, p. 2021). https://npd.kemdikbud.go.id/
Pangastuti, Y., Adriany, V., & Siagian, N. (2020). Dampak covid-19 terhadap pendidikan anak usia dini: identifikasi kerentanan berganda. https://www.kompak.or.id/id/download/386/2020_Laporan Dampak COVID-19 PAUD.pdf
Ridha, A. (2016). Desentralisasi Pendidikan (Sebagai Upaya Pemerataan Pendidikan). Jurnal El-Rusyd, 1(2), 127–148.
Sari, M., Musdalifah, S., & Asfar, E. A. (2021). Implementasi Kebijakan Kartu Indonesia Pintar Dalam Upaya Pemerataan Pendidikan di MTsN 1 Watampone. Jurnal Mappesona, 1, 43–53. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/view/1772
Satoto, B. D., Khotimah, B. khusnul, & Iswati. (2015). Wilayah Madura Berdasarkan Indikator Pemerataan Pendidikan Menggunakan Partition Around Medoids dan Validasi Adjusted Random Index. Journal of Information System Engineering and Business Intelligence, 1(1), 17–24.
Solichin, M. (2015). Imlementasi Kebijakan Pendidikan dan Peran Birokrasi. Jurnal Studi Islam, 6(2), 148–178.
Sucika, P., & Suprapta, I. N. (2018). Implementasi Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebagai Upaya Pemerataan Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 1 Penarukan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. Locus Majalah Ilmiah FISIP, 9(1), 61–74. https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/LOCUS/article/view/80
Sudarsana, I. ketut. (2017). Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Purwadita, 1(1), 41–48.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kebijakan (S. Y. Ratri (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.
Tawa, A. B. (2019). Kebijakan Pendidikan Nasional Dan Implementasinya Pada Sekola Dasar. SAPA-Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 107–117. http://e-journal.stp-ipi.ac.id/index.php/sapa/article/view/82
DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v7i2.7168
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JED (Jurnal Etika Demokrasi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.