The Innovation and Creativity of Religious Moderation Learning Through Sociology Learning and Pancasila and Citizenship Education in Public Schools and Madrasas Gorontalo City

Israpil Israpil, Suardi Suardi

Abstract


This study aims to explore educators' ideas regarding learning materials and methods that integrate moderation insights by utilizing creative learning media carried out in public schools and madrasas. The value of moderation insight is urgent to be implemented for students, given the widespread dissemination of information through misleading online media, including intolerant religious messages. This study used a qualitative descriptive approach, with data collection conducted through interviews and FGDs. The results of the study show: (1) Educators are very creative in using learning media technology, including: zoom meeting applications, WhatsApp, Telegram, and E-learning. Platforms provided by Google (Google Classroom, Google Forms, Google Meet), Kingmaster, Filmmora, Font Art, Camtasia, Quizizz, Microsoft 365, and create innovative learning modules. (2) Materials containing the value of religious moderation are found and integrated in various subjects, including Pancasila and Citizenship Education Lessons. The effectiveness of the use of learning media through the media has a significant impact on students' attitudes and experience improvement, as well as seriousness in participating in learning boldly.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggali gagasan pendidik terkait materi dan metode pembelajaran yang mengintegrasikan wawasan moderasi beragama dengan memanfaatkan media pembelajaran secara kreatif yang dilaksanakan di sekolah umum dan madrasah. Nilai wawasan moderasi beragama urgen untuk diimplementasikan kepada peserta didik, mengingat maraknya penyebaran informasi melalui media online yang menyesatkan, termasuk pesan-pesan keagamaan yang intoleran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan datanya dilakukan melalui wawancara dan FGD. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kalangan pendidik sangat kreatif menggunakan teknologi media pembelajaran, meliputi: aplikasi zoom meeting, WhatsApp, Telegram, dan E-learning. Platform yang disediakan oleh Google (Google Classroom, Google Forms, Google Meet), Kingmaster, Filmora, Font Art, Camtasia, Quizizz, Microsoft 365, dan membuat modul pembelajaran yang inovatif. (2) Materi yang mengandung nilai moderasi beragama ditemukan dan diintegrasikan dalam berbagai mata pelajaran antara lain mata pelajaran sosiologi dan Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Efektivitas penggunaan media pembelajaran melalui media kreatif berdampak secara signifikan terhadap sikap peserta didik dan peningkatan kehadiran, serta keseriusan dalam mengikuti pembelajaran secara daring.


Keywords


Learning Innovation, Religious Moderation, Creative Media, Civics

Full Text:

DOWNLOAD

References


Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 55–65. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197

Abdullah, Ramli. 2016. “Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran”. Jurnal. Lantanida Journal, Vol. 4 No. 1, 2016

Agus, Maulana. DeVito. Joseph A. 2011. Komunikasi Antarmanusia Edisi Kelima. Alih Bahasa Maulana. Agus. (Tangerang Selatan : Karisma, 2011), 67

Arsyad, Ahmad . 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Atsani, Zainuddin Muhammad, Lalu Gede. 2020. “Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal. Al-Hikmah Jurnal Studi Islam Volume 1 Nomor 1 Tahun Terbitan Januari-Maret. Lombok Timur: LP2M IAIH NW.

Ananda, Rusydi dan Amiruddin. 2017. INOVASI PENDIDIKAN: Melejitkan Potensi Teknologi dan Inovasi Pendidikan. Medan: Widya Puspita.

Basid, A., & Saimroh. (2020). Kesiapan Pesantren Di Era Kenormalan Baru. In Pembelajaran Jarak Jauh Era Covid-19.

Baharun, H., Bali, M. M. E. I., Muali, C., & Munawaroh, L. 2020. “Self-Efficacy sebagai Media Peningkatan Profesionalisme Guru di Madrasah”. Jurnal Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 244–257. Bali, M. M. E. I.

Baruadi, Moh. Karim. 2012. “Sendi Adat dan Eksistensi Sastra: Pengaruh Islam Dalam Nuansa Budaya Lokal Gorontalo”. Jurnal el Harakah Vol.14 No.2 Tahun 2012. Malang: UIN Malang

Edi, Sutrisno. 2019. “Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan”. Jurnal Bimas Islam Vol. 12 No. 1.

Faridi, Abdurrachman. 2009. “Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Ict Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Lembaran Ilmu Kependidikan 38 (1): 59–67.

Junaedi, Edi. 2019. “Telaah Pustaka. Inilah Buku Moderasi Beragama Perspektif Kementerian Agama”. Jurnal. Multikultural & Multireligius Harmoni. Vol. 18 No. 2. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Kanji, H., Nursalam, N., Nawir, M., & Suardi, S. (2019). Evaluasi Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(2), 56–63. https://doi.org/10.26618/jed.v4i2.2386

Kamal, Irsyad, dkk. Pembelajaran di Era 4.0 Aplikasi Teknologi Informasi dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Wedia.

Kementerian Agama RI. 2019. Peraturan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2791 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Darurat. Jakarta: Pendis Kemenag RI.

Munip, A. (2012). Menangkal Radikalisme di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, I(1), 159–182.

Maili, Mashadi & Wahidah Suryani. 2018. “Jaringan Islamisasi Gorontalo (Fenomena Keagamaan dan Perkembangan Islam di Gorontalo” Jurnal Al-Ulum. Volume 18 Number 2 December 2018. p.435-458 https://doi.org/10.30603/au.v18i2.555. Madura: Universitas Islam.

Muflihin, Muh. Hizbul. 2009. “Aplikasi Dan Implikasi Teori Behaviorisme Dalam Pembelajaran (Analisis Strategis Inovasi Pembelajaran).” Khazanah Pendidikan, 1–11.

Ningrum, D. J., Suryadi, S., & Chandra Wardhana, D. E. (2019). Kajian Ujaran Kebencian Di Media Sosial. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 241–252. https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6779

Nurdin, Arbain. 2016. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Information and Communication Technology.” Jurnal Tadris: Jurnal Pendidikan Islam 11 (1): 49. https://doi.org/10.19105/tjpi.v11i1.971.

Nurryana, Ayu Fiska. 2009. “Pengembangan Media Pendidikan Untuk Inovasi Pembelajaran Di Pesantren.” Speed: Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi 1 (2): 1–5. https://doi.org/10.35891/amb.v5i2.2153.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Suardi. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Pokok Bahasan Interaksi Sosial Melalui Metode Diskusi pada Siswa Kelas X MA. Muhammadiyah Panaikang Kacamatan Bissappu Kabupten Bantaeng. Jurnal Etika Demokrasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, II(1), 2339–2401. https://doi.org/10.26618/JED.V2I1.1145

Suardi, & Nursalam. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Approach Berbasis Media Classroom | Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Devolopment, 2(2), 88–97. http://ijsed.ap3si.org/index.php/journal/article/view/vol2iss2_2020_2suardi

Suardi, & Syarifuddin. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Approacd Berbasis Media Pembelajaran Kearifan Lokal pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Sosiologi dalam Membangun Karakter dan Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Makassar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 3(2), 75–85. https://doi.org/10.26618/jed.v3i2.1627

Shalikhah, Norma Dewi, Ardhin Primadewi, and Muis Sad Iman. 2017. “Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran.” Warta LPM 20 (1): 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842.

Sugianto, Hendi. 2020. Inovasi Pembelajaran PAI Pada Mata Pelajaran Fiqh. Jurnal. Pedagogik vol. 7 No. 02 Juli-Des 2020. Probolinggo: Universitas Nurul Jadid (UNUJA).

Supriadi, E., Ajib, G., & Sugiarso, S. (2020). Intoleransi dan Radikalisme Agama: Konstruk LSM tentang Program Deradikalisasi. JSW (Jurnal Sosiologi Walisongo), 4(1), 53-72.

Sutrisno, Edy. “Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan”. Jurnal Bimas Islam Vol 12 No. 1. Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam.

Tim Penyusun Kementerian Agama. 2019. Tanya Jawab Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Zuriah, Nurul. 2006. Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan Antara Teori Dan Praktek. Jakarta: PT. Umi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v6i2.5527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JED (Journal of Etika Demokrasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.