Multiple Method in Cultivating the Independence Character of Mentally Retarded Children

Sitwan Sitwan, Marwiah Marwiah

Abstract


Abstract. The problem in this study is how to develop the character of independence for mildly mentally retarded children in SLB Baruga Negeri Kendari City. This study aims to describe the method used by the teacher in planting the character of the gift of mentally disabled children in Baruga SLB in Kendari. This research was conducted at the end of April to the end of May 2015, located at Baruga State Special School (SLB) Kendari City of Southeast Sulawesi Province.This research is descriptive qualitative, which gives a careful description of an individual situation, symptoms, or a particular group. This research will describe the effort to develop the character of independence in children with mild mental disability in SLB Baruga Negeri Kendari City. Data collection instruments are observation sheets and assignment sheets. Data analysis techniques start from data reduction, data coding, and conclusions. This study concludes that the implementation of efforts to develop the character of independence of mildly mentally retarded children in SLB Baruga State of Kendari City has shown good results. This can be seen from the patterns of daily life of mildly mentally retarded children both at school and at home. Children with mild mental retardation have had the independence to maintain cleanliness themselves, maintain the cleanliness of the classroom and school yard. Children with mild disabilities have also been able to independently do light tasks given by teachers at school, complete homework, clean toilets, school grounds and water the plants

Keywords: Mentally Disabled, Character, Independence

Abstrak.  Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya pengembangan karakter kemandirian bagi anak Mentally Retarded  ringan di SLB Negeri Baruga Kota Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode yang digunakan oleh guru dalam penanaman karakter kemadirian anak Mentally Retarded  pada SLB Baruga di Kendari.  Penelitian ini dilaksanakan pada akhir bulan April sampai dengan akhir bulan Mei 2015, bertempat di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Baruga Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Penelitian ini bersifat deskriptif kuaitatif, yaitu memberikan gambaran secara cermat mengenai suatu keadaan individu, gejala, atau kelompok tertentu. Penelitian ini akan mendeskripsikan upaya pengembangan karakter kemandirian pada anak Mentally Retarded  ringan di SLB Negeri Baruga Kota Kendari. Instrumen pengumpulan data adalah lembar obsevasi dan lembar penugasan. Teknik analisis data dimulai dari reduksi data, koding data, dan simpulan. Penelitian ini meyimpulkan bahwa  pelaksanaan upaya pengembangan karakter kemandirian anak Mentally Retarded  ringan di SLB Negeri Baruga Kota Kendari sudah menunjukkan hasil yang baik. Hal ini dapat dilihat dari pola kehidupan sehari-hari anak Mentally Retarded  ringan baik di sekolah mau pun di rumah. Anak tunag rahita ringan telah memiliki kemandirian untuk menjaga kebersihan dirinya, menjaga kebersihan kelas dan halaman sekolah.  Anak Mentally Retarded  ringan juga sudah mampu secara mandiri mengerjakan tugas-tugas ringan yang diberikan oleh guru di sekolah, menyelesaikan pekerjaan rumah, membersihkan toilet, halaman sekolah serta menyiram tanaman.

Kata Kunci: Mentally Retarded , Karakter, Kemandirian


Keywords


Keywords: mentally disabled, character, independence

Full Text:

DOWNLOAD

References


Abourjilie, C. 2001. Developing Character for Classroom Success. Chapel Hill NC: Character evelopment Group.

Adill, Catherine, at all. 2019. Journal of Voice. Classifying and Identifying Motor Learning Behaviors in Voice-Therapy Clinician-Client Interactions: A Proposed Motor Learning Classification Framework.https://doi.org/10.1016/j.jvoice.2019.03.014. ISSN: 0892-1997.

Agustina, Yeni. 2017. Implementasi Pendidikan Agama Islam bagiPengembangan Mental Anak Mentally Retarded . (StudiKasus Di SLB Bangun Putra NgentakBangunjiwoKasihan Bantul, Yogyakarta. Skripsi. UIN SunanKalijaga.

Christiari, A. Y., Syamlan, R., & Kusuma, I. F. (2013). Hubungan pengetahuan ibu tentang stimulasi dini dengan perkembangan motorik pada anak usia 6-24 bulan di Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Pustaka Kesehatan, 1(1), 20–23.

Darmayanto dan Suryatri D. 2013. Implementasi Pendidikan Karakterdi Sekolah.Yogyakarta: Gava Media

Delphie,Bandi.2010. Pembelajaran Anak Mentally Retarded . SuatuPengantardalamPedidikanInklusi. Bandung: PT. RefikaAditama.

Dewantara, J. A., Efriani, E., Sulistyarini, S., & Prasetiyo, W. H. (2020). Optimization of Character Education Through Community Participation Around The School Environment (Case Study in Lab School Junior High School Bandung). JED (Journal of Etika Demokrasi), 5(1), 53-66.

Torppa, Rivta 2019.Hearing ResearchW. Why and how music can be used to rehabilitate and develop speech and language skills in hearing-impaired children.https://doi.org/10.1016/j.heares.2019.06.003. ISSN: 0378-5955.

Desiningrum, D. R. (2017). Psikologi anak berkebutuhan khusus. psikosain.

Ismayanti, A., Sugiati, A., & Rukman, A. A. (2019)Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Siswa Sekolah Menengah Atas Nasional Makassar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(2).

Isnaini, S. N. H., & Al Hana, R. (2014). Bimbingan dan Konseling Islam Dengan Terapi Behavior Dalam Memotivasi Belajar Anak Penderita Dyslexia di Kelurahan Pagesangan Kecamatan Jambangan Surabaya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(2), 75–89.

Kanji, H., Nursalam, N., Nawir, M., & Suardi, S. (2020). Supporting and Inhibiting Factors of Character Education in Learning Social Studies at Primary Schools. JED (Journal of Etika Demokrasi), 5(1), 1-14.

Mursanib, M. (2014). Meningkatkan keterampilan Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Mahasiswa Prodi. PG/PAUD FKIP Universitas Tadulako. Tri Sentra Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(4).

Potter, P. A. (2010). Fundamental keperawatan. Elsevier.

Muhajir, M., & Sugiarti, N. (2019). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran PPKn dalam Pembentukan Karakter Siswa SMP Muhammadiyah 1 Makassar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(1).

Napolion, K. (2010). Pengalaman keluarga dalam merawat anak Mentally Retarded di kelurahan balumbang jaya kecamatan Bogor barat Kota Bogor 2010: Studi fenomenologi. Tesis. Depok: FIK UI, accesed from http://lib. ui. ac. id/file.

Nasution, S. (1988). Metode penelitian naturalistik kualitatif. Tarsito.

Orozco Calderón, G. (2015). Temperamento y Carácter en Practicantes Mexicanos de Haidong Gumdo (Espada Coreana): Una Perspectiva Psicobiológica de la Personalidad. Acta de investigación psicológica, 5(3), 2148-2161.

Rismawati, R., Rahim, A., & Nur, J. (2019). Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam Mencegah Kenakalan Remaja di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Enrekang. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(2).

Rukman, A. A. (2018). Pemahaman tentang Nilai-Nilai Pancasila di Masyarakat Pedesaan Desa Gunung Perak Kecamatan Perak Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 3(2).

Ramawati, D. (2011). Faktor-faktor Berhubungan dengan Kemampuan Perawatan Diri Anak Mentally Retarded di Kabupaten Banyumas. Tesis]. Depok: FIK UI. Available from: lontar. ui. ac. id/file.

Ramawati, Dian. (2011). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kemampuan perawatan diri anak Mentally Retarded di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Fakultas Ilmu Keperawatan: Universitas Indonesia.

Rismawati, R., Rahim, A., & Nur, J. (2019). Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam Mencegah Kenakalan Remaja di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Enrekang. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(2).

Saidatul, A., Babo, R., & Muhajir, M. (2019). Hubungan antara Kedisiplinan Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas XII di SMA Somba Opu Sungguminasa Kabupaten Gowa. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(2).

Suardi, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Approacd Berbasis Media Pembelajaran Kearifan Lokal pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Sosiologi dalam Membangun Karakter dan Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Makassar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 3(2).

Suardi, S., Herdiansyah, H., Ramlan, H., & Mutiara, I. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Jaya Negara Makassar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(1).

Surakhmad, W. (1998). Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik. Bandung: Tarsito.

Tutu, M. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(2).

Ulfatusholiat, R. (2010). Peran orangtua dalam penyesuaian diri anak Mentally Retarded . Jurnal Universitas Gunadharm

Zuriati, E. (2019)Internalisasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS). JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(1).




DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v5i2.3246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JED (Journal of Etika Demokrasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.