Implementation of Pancasila Values in Scouting Activities (Case study at SMP Negeri 1 Mallusetasi Barru Regency)

Rismawati Rismawati, Muhajir K

Abstract


This study aims to determine how the implementation of Pancasila values in Scouting activities and what are the inhibiting factors and supporting factors for the Implementation of Pancasila values in Scouting activities. The benefits of this study use the theoretical benefits and practical benefits. This type of research is descriptive with a qualitative approach. Data collection techniques and data analysis techniques using interviews, and documentation. The results of this study indicate that: (1) The application of the divine value is evident from the observance of the members of the Boy Scouts in practising the teachings of Religion. The application of human values can be seen from the love between Scout members. Application of the value of unity seems to be carried out activities always prioritize to foster a sense of togetherness. The application of popular values can be seen from the preservation of democracy in scouting activities. Fairness values can be seen from the tolerance level of Scout members, as well as the Scoutmaster who is being fair. (2) Inhibiting factors lack of self-awareness to obey the rules, lack of cooperation in the task, the number of negative behaviours from outside. And Supporting Factors become more independent individuals, raise awareness, train discipline, learn Scout organizations well and train leadership, improve themselves to always apply the values of Pancasila such as diligently worshipping so that hearts and minds become calm.

Keywords: Pancasila, the implementation of the values of Pancasila, Scouting

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Implementasi nilai-nilai pancasila dalam kegiatan Kepramukaan dan apa faktor penghambat dan faktor pendukung Implementasi nilai-nilai pancasila dalam kegiatan Kepramukaan. Manfaat penelitian ini menggunakan manfaat teoritis dan manfaat praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dan teknik analisis data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan nilai ketuhanan tampak terlihat dari ketaatanan aggota pramuka dalam mengamalkan ajaran-ajaran Agama. Penerapan nilai kemanusiaan tampak dari rasa kasih sayang antar anggota Pramuka. Penerapan nilai persatuan tampak kegiatan yang dilakukan selalu mengedepankan untuk memupuk rasa kebersamaan. Penerapan nilai kerakyatan tampak dari terjaganya demokrasi dalam kegiatan kepramukaan. Nilai Keadilan tampak dari tingkat toleransi anggota Pramuka, serta Pembina Pramuka yang bersikap adil. (2) Faktor Penghambat kurangnya kesadaran pada diri sendiri untuk patuh pada peraturan, kurangnya kerjasama dalam tugas, banyaknya perilaku negatif dari luar. Dan Faktor Pendukung menjadi pribadi yang lebih mandiri, meningkatkan kepedulian, melatih kedisiplinan, belajar organisasi Pramuka dengan baik dan melatih kepemimpinan, lebih membenahi diri untuk selalu menerapkan nilai-nilai Pancasila seperti rajin beribadah agar hati dan pikiran menjadi tenang.

Kata kunci: Pancasila, implementasi nilai-nilai Pancasila, Kepramukaan.


Full Text:

Download

References


Anggaran Dasar Gerakan Pramuka

Arikunto.Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta

Christanto, Yan Adi Dan Sarmini. (2015). Konstruksi Masyarakat Samin Tentang Nilai-Nilai Pancasila Di Dusun Jepang Kecamatan Margomulyo Bojonegoro Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Volume 01 Nomor03 Tahun 2015, Hal 54-70

Creswell. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Herdiansyah, Haris. (2013). Wawancara, Observasi, dan Focus Groups: Sebagai Data Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers

Heri Gunawan, (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

J. Tjiptabudy, (2010). Kebijakan Pemerintah Dalam Upaya Melestarikan Nilai-Nilai Pancasila Di Era Reformasi Jurnal Sasi Vol.16. No.3 Juli September 2010

Kasmawati Andi. (2011). Dasar dan Konsep Pendidikan Moral. Makassar: PPKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya Sebagai Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

Kurnisar. (2012). Pancasila Sumber Dari Segala Sumber Hukum Di Indonesia Universitas Sriwijaya Palembang 2012 ISSN 1412 - 8683 243didownload ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Mkfis/article/download/467/385

Kwarnas. (2013). Gerakan Pramuka, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.Jakarta : Kwarnas.

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah

Lukman Santoso Az, (2014) Panduan Terlengkap Pramuka (Jogjakarta: Buku Biru,

Maftuh, Bunyamin. (2008). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Educationist Vol. II

Mardalis. (2010). Metode Penelitian: suatu pendekatan proposal. Jakarta: Bumi Aksara

Mas’ut, (2014). Pengaruh Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka

Ms, Bakry Noor. (2010). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mulyasa. (2011). Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi.Bandung: .PT Remaja Rosdakarya

Pancasila Dan Bhineka Tunggal Ika Solusi Heterogenitas. Jurnal Transnasional, Vol. 4, No. 2,

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RInomor 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Tjarsono, Idjang. 2013. Demokrasi

Syarbani, Syahrial, dkk. (2006). Membangun Karakter dan Kepribadian melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Undang-Undang nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Warsito. (2012). Pendidikan Pancasila Era Reformasi. Yogyakarta: Ombak

Widjaja. (2010). Penerapan Nilai-nilai Pancasila dan HAM di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Widodo, HS, Agus, (2011). Ramuan Lengkap Bagi Pramuka Penggalang Pramuka Penegak dan Pembina.Yogyakarta: Kwartir Daerah XII DIY




DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v5i1.3037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JED (Journal of Etika Demokrasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.