The Relationship Between Students’ Understanding Of The Unitary Republic Of Indonesia And The State Defense Attitude
Abstract
Abstract: The purpose of this study was to obtain empirical data about the relationship between students' understanding of the Unitary Republic of Indonesia (Unitary State of the Republic of Indonesia) and the state defense attitude at SMK Al-Bahri Bantar Gebang. This research was conducted on grade X students of Al-Bahri Bantar Gebang Vocational School. The research method used was quantitative descriptive method with correlation study approach. The sample in this study was taken randomly using the Proportional Random Sampling technique with a sample size of 40 respondents. The instrument used was a multiple choice test for variable X and a questionnaire with the type of attitude scale for variable Y. The reliability test results for variable X were 0.968 (0.968> 0.444) and Y variable were 0.965 (0.965> 0.444). Hypothesis testing is done using Pearson's product moment formula. Obtained r count 0.656 with r table 0.312 (0.656> 0.312). Thus it can be concluded that there is a positive relationship between students' understanding of the Homeland with the attitude of defending the country.
Keyword: Understanding, Unitary Republic of Indonesia, Defending the Nation
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang hubungan pemahaman peserta didik tentang NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dengan sikap bela negara di SMK Al-Bahri Bantar Gebang. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas X SMK Al-Bahri Bantar Gebang, Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi korelasi. Untuk sampel dalam penelitian ini diambil secara acak menggunakan teknik Proporsional Random Sampling dengan jumlah sampel 40 responden. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes pilihan ganda untuk variabel X dan angket dengan jenis skala sikap untuk variabel Y. Hasil uji realiabilitas variabel X sebesar 0,968 (0,968 > 0,444) dan variabel Y sebesar 0,965 (0,965 > 0,444). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus product moment pearson. Diperoleh r hitung 0,656 dengan r tabel 0,312 (0,656 > 0,312). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara pemahaman peserta didik tentang NKRI dengan sikap bela negara.
Kata Kunci : Pemahaman, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bela Negara
Keywords
Full Text:
DOWNLOADReferences
Abdul Rahman, Agus, Psikologi Sosial, Jakarta: Rajawali Pers, 2017.
Anwar Saifudin, Sikap Manusia dan Teori Pengukurannya, Yogyakarta: Liberty, 1989.
Anwar Saifudin, Tes Prestasi, Yogyakarta: Liberty, 1997.
Budiarjo Miriam, Dasar – Dasar Ilmu Politik, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2003.
Dimyati, Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Djali, Mudjiono, Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan, Jakarta: Gramedia, 2008.
Hartati Atik, Sarwono, Pendidikan Kewarganegaraan SMA/MA Kelas X, Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendiknas, 2001.
Sri Wilujeng, Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta: Erlangga, 2001.
Poerwadarmita, Pembimbing ke Arah Filsafat, Jakarta: Bina Aksara, 1983.
Purwanto Ngalim, Prinsip – prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1981.
Setyobroto Sudibyo, Pendidikan Psikologi Sosial, Jakarta: Solo, 2003.
Subagyo Agus, Bela Negara, Peluang dan Tantangan di Era Globalisasi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2015.
Sudjana Nana, Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru.
Sudjana Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Sudjono Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Perkasa, 1996.
Susanto Ahmad, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Balai Pustaka, 2003.
Suteng Bambang, Pendidikan Kewarganegaraan SMA Kelas X, Jakarta: Erlangga.
Suwarno, Pengantar Dikdoktik Metode Kurikulum PBM, Jakarta: Rajawali Pers, 1989.
W.A Gerungan, Psikologi Sosial, Jakarta: Eresco, 1977.
Walgito, Psikologi Sosial, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2001
W.S W inkel, Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia, 1989.
Yulaelawati Ella, Kurikulum dan Pembelajaran; Filosofi, Teori dan Aplikasi, Bandung: Pulau Raya, 2004.
DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v6i1.3018
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JED (Jurnal Etika Demokrasi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.