Dinamika Psikologis Resiliensi Anak dari Ibu Penyintas Kekerasan Dalam Rumah Tangga pada Konteks Prestasi Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menndeskripsikan dinamika psikologis, faktor-faktor pendukung, faktor-faktor penghambat, dan dampak resiliensi anak dari ibu penyintas KDRT dalam konteks prestasi belajar.Karakteristik informan adalahanak SMA dan berprestasi di sekolah yang ibunya merupakan penyintas kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) secara fisik.Informan berjumlah dua anak dan metode pengambilan data yang dipakai adalah wawancara. Hasil penelitian: 1)informan sebagai anak dari ibu penyintas KDRT dalam konteks prestasi belajar melakukan kompensasi dari emosi-emosi yang negatif ke hal-hal yang lebih positif dengan cara belajar dan adanya keinginan untuk membuktikan pada orang lain terutama kepada orang tuanya bahwa mereka bisa berprestasi walau dalam kondisi yang buruk.2) faktor pendukung resiliensi anak dari ibu penyintas KDRT dalam konteks prestasi belajar yaitu adanya hubungan positif dengan orang terdekat, lingkungan sekolah yang mendukung, dan perilaku coping yang berorientasi pada masalah. 3) faktor penghambat resiliensi anak dari ibu penyintas KDRT dalam konteks prestasi belajar yaitu masih terjadinya KDRT, dukungan negatif dari tetangga, kehilangan figur ayah, dan interaksi teman sebaya yang negatif. 4) dampak resiliensi terhadap anak dari ibu penyintas KDRT dalam konteks prestasi belajar yaitu harga diri yang tinggi, optimis, dan rasa syukur. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah informan sebagai anak dari ibu penyintas KDRT melakukan resiliensi sehingga dapat berprestasi di sekolah.
Kata kunci: Resiliensi, Anak Penyintas KDRT, Prestasi Belajar
Full Text:
JED (Journal of Etika Demokrasi)DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v4i2.2388
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JED (Jurnal Etika Demokrasi)