The Effect of The Implementation of The Independent Curriculum on The Motivation and Learning Outcomes Of Pancasila Education In High School Students In Bantaeng Regency
Abstract
Keywords
Full Text:
DOWNLOADReferences
. Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Mnusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–67.
. Amsir, J., & Arifyanto, A. T. (2020). Faktor-Faktor Penghambat Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 57–63. https://doi.org/10.36709/bening.v5i1.12107
. Bujuri, D. A., Sari, M., Handayani, T., & Saputra, A. D. (2023). Penggunaan media sosial dalam pembelajaran: analisis dampak penggunaan media Tiktok terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 112. https://doi.org/10.30659/pendas.10.2.112-127
. Chaniago, S., Yeni, D. F., & Setiawati, M. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Geografi di MAN I Koto Baru. Sultra Educational Journal, 2(3), 184–191. https://doi.org/10.54297/seduj.v2i3.400
. Faturrachman, M. A., Nur, J., & Suardi, S. (2024). Implementasi Nilai – Nilai Literasi Baca Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 2 Manuju. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(2).
. Febriany, R., & Yusri. (2013). HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS-TUGAS SEKOLAH. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 8–16.
. Hendrayadi, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). MIXED METHOD RESEARCH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2402–2410.
. Hidayati, V. N., Dani, F. R., Wati, M. S., & Putri, M. Y. (2022). Pengaruh Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Motivasi Siswa Kelas X Di Sman 1 Payung Sekaki. Jurnal Eduscience, 9(3), 707–716. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3443
. Indriani, N., Suryani, I., & Mukaromah, ul. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan , 17(1), 242–252. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16228
. Kanji, H., Nursalam, N., Nawir, M., & Suardi, S. (2019). Evaluasi Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(2), 56–63. https://doi.org/10.26618/jed.v4i2.2386
. Kanji, H., Nursalam, N., Nawir, M., & Suardi, S. (2020). Supporting and Inhibiting Factors of Character Education in Learning Social Studies at Primary Schools. JED (Journal of Etika Demokrasi), 5(1), 1–14. https://doi.org/10.26618/JED.V5I1.2966
. Muhajir, M., Suardi, S., Pudjiastuti, S. R., Mathuro, M., Latief, A., Kasmawati, K., Nurhikma, N., & Nurfadilah, N. (2023). Strengthening Pancasila Student Profiles Based on Culture Character in the Mobilization School Program in Mobilizing Schools in Makassar City. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 8(2), 289–302. https://doi.org/10.26618/jed.v
. Nitami, M., Daharnis, D., & Yusri, Y. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Konselor, 4(1), 1. https://doi.org/10.24036/02015416449-0-00
. Nur, R., Suardi, S., Nursalam, N., & Kanji, H. (2021). Integrated Model of Character Education Development Based on Moral Integrative to Prevent Character Value Breaches. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 107–116. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.272
. Nurlaela, A. (2014). Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Dalam Menumbuhkan Sikap Dan Perilaku Keruangan Peserta Didik. Jurnal Geografi Gea, 14(1), 40–48. https://doi.org/10.17509/gea.v14i1.3361
. Nursalam, N., & Suardi, S. (2022a). Penguatan Karakter Bernalar Kritis Berbasis Integratif Moral untuk Siswa Sekolah Dasar dalam Program Kampus Mengajar di Indonesia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 7(8). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v7i8.15416
. Nursalam, N., & Suardi, S. (2022b). Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila Berbasis Integratif Moral di Sekolah Dasar. In CV. AA. RIZKY. CV. AA. RIZKY. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
. Nursalam, N., & Suardi, S. (2024). Learning Innovation Combination of Project-Based Learning and Problem-Based Learning Based on Research and Devotion. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 9(1), 101–113. https://doi.org/10.26618/jed.v
. Oktaviani, A. M., Marini, A., & Zulela MS, Z. M. (2023). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Tehadap Hasil Belajar IPS Ditinjau Dari Perbandingan Kurikulum 2013. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 341–346. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4590
. Panginan, V. R., & Susianti. (2022). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Perbandingan Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(1), 9–16.
. Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
. Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. In H. B. Uno, Y. Fitria, Sulfasyah, I. G. Margunayasa, & R. Husain (Eds.), Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional.
. Rahmat, N., Suardi, S., Nursalam, N., & Hasnah, K. (2021). The Integration Model of the Development of Student Religious Character Education Based on Integrative Morals in Higher Education. … (Journal of Etika Demokrasi), 6(1), 149–162. https://jurnal.unismuh.ac.id/index.php/jed/article/view/4692
. Rahmawati, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X Sma N 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 5(4), 326–336.
. Reski, D. J. (2019). Konsep Kesiapan Siswa dalam Mengerjakan Tugas. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 1(2), 33–38. https://doi.org/10.23916/08419011
. Saputra, N. E., Ekawati, Y. N., & Islamiah, R. (2020). Skala Karakter Religius Siswa SMA Implementasi Nilai Utama Karakter Kemendikbud. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia, 9(1), 57–76. https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i1.14782
. Sari, Y. G., Putra, B. E., Miranti, Y., & Setiawati, M. (2022). Hubungan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X DI SMA 1 IX Koto Sungai Lasi. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(4), 131–138. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol1.iss4.375
. Satriaman, K. T., Pujani, N. M., & Sarini, P. (2018). IMPLEMENTASI PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA DAN RELEVANSINYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 12. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21912
. Sina, I. (2024). Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Untuk Ilmu Sains (A. T. Putranto (ed.); Pertama). Widina Media Utama.
. Suardi., Nursalam., Hashim, S., B., & Kanji, H. (2023). Strengthening the Character of the Integrative Moral-Based Muhammadiyah da ’ wah Movement as a Preventive Design for Student Anarchist Demonstrations. Journal of Etika Demokrasi, 8(3), 431–441. https://doi.org/10.26618/jed.v
. Suardi. (2023a). METODE PENELITIAN KUALITATIF. In CV. AA. RIZKY.
. Suardi, Agustang, A., & Sahabuddin, J. (2020). Model Kolaborasi Sosial Pendidikan Karakter di Sekolah Swasta Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar, 1–11. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17769
. Suardi, Nursalam, & Kanji, H. (2020). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER: BERBASIS INTEGRATIF MORAL DI PERGURUAN TINGGI (Vol. 1). CV. AA. RIZKY. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=DOADEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=buku+suardi+nursalam+pendidikan+karakter&ots=aL1dBe9Ue3&sig=oMu7hsupROlXcDncIso8LdgI_Oc&redir_esc=y#v=onepage&q=buku suardi nursalam pendidikan karakter&f=false
. Suardi, S. (2022). Kajian Penelitian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. CV. AA. RIZKY.
. Suardi, S. (2023b). Penguatan Karakter Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia melalui Kegiatan HIMA Prodi PPKn. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 5(02), 117. https://doi.org/10.20527/pn.v5i02.8486
. Suardi, S. (2023c). Penguatan Karakter Cerdas Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0. CV. AA. RIZKY.
. Suardi, S. (2023d). Strengthening the Character of Global Diversity Based on Integrative Morale in the Teaching Campus Program in Makassar City. Journal.Unismuh. Ac.Id, 8(1), 170–180. https://doi.org/10.26618/jed.v
. Suardi, S. (2024). Inovasi Pembelajaran Kombinasi Model Project Based Learing Dan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Devotion Untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi, Komunikasi, Kreatifitas Dan Berpikir Kritis Mahasiswa. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran ISSN, 4(1), 12–27.
. Suardi, S., Herdiansyah, H., Ramlan, H., & Mutiara, I. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Jaya Negara Makassar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(1), 22–29. https://doi.org/10.26618/jed.v4i1.1983
. Suardi, S., Megawati, M., & Kanji, H. (2018). Pendidikan Karakter di Sekolah (Studi Penyimpangan Siswa di Mts Muhammadiyah Tallo). JED (Jurnal Etika Demokrasi), 3(1), 75–84. https://doi.org/10.26618/jed.v3i1.1979
. Suardi, S., & Muhajir, M. (2022). Strengthening Character Through Character Habitus in Students of the Sociology Education Study Program and Pancasila and Citizenship Education. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 7(2), 319–327. https://doi.org/10.26618/jed.v
. Suardi, S., Nursalam, N., & Israpil, I. (2023). Strengthening Religious, Personal, Human, Natural and State Character Based on Integrative Morals in Elementary Schools in Makassar City. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1999–2012. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.2443
. Suardi, S., Nursalam, N., Israpil, I., Kanji, H., & Nur, R. (2022). Model of Strengthening Students ’ Intelligent Character in Facing Changes in Society in the Industrial Revolution Era. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1419–1430. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1061
. Suardi, S., Yusnita, A., & Muhajir, M. (2022). Strengthening Student Character Education Based on School Culture at Bissappu Public Junior High School 1, Bantaeng Regency. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 7(4), 738–386. https://doi.org/10.26618/jed.v
. Susilo, Y., & Khabibah, S. (2013). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together ( NHT ) materi ajar perbandingan dan fungsi trigonometri pada siswa kelas X. MATHEdunesa, 2(2), 1.
. Tiara, P., Ayu, P., & Hakim, D. L. (2020). Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 1146–1154.
. Uruk, F. H. (2021). MENGUAK KONDISI MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2227–2234.
. Wulandari, E., & Satiningsih. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA KELAS XI DI MAN 1 TUBAN. Jurnal Penelitian Psikologi, 05(03), 1–6.
. Wulandari, R. S., & Sari, F. K. (2022). Media Sosial sebagai Platform Pembelajaran Alternatif di Era Digital. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 3(1), 65–80.
. Zulaiha, S., Meldina, T., & Meisin. (2020). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163–177.
DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v9i3.15794
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JED (Jurnal Etika Demokrasi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.