Diffusion of Innovation: Application of Interactive Learning Media in PPKn Subjects in Junior High School
Abstract
Keywords
Full Text:
DONWLOADReferences
. Achru, A. (2019). Pengembangan minat dalam pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205–215. https://doi.org/10.24252/IDAARAH.V3I2.10012
. Afifuddin, M. (2014). Pendidikan sebagai pilar kebangkitan bangsa. CENDEKIA, 6(02), 135–142. https://doi.org/10.37850/CENDEKIA.V6I02.102
. Ahmad, A. (2012). Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi: Akar revolusi dan berbagai standarnya. Jurnal Dakwah Tabligh, 13(1), 137–149. https://doi.org/10.24252/JDT.V13I1.300
. Alaudin, F. M., Samidi, R., & Kusuma, W. J. (2023). Pengembangan media pembelajaran interactive video pada materi norma dan keadilan di SMP MBS Wanasari. JOURNAL CIVIC EDUCATION AND ETHNOGRAPHY, 1(2), 7–13. https://doi.org/10.24905/CIVET.V1I2.13
. Alumu, W. O. M. L. O. (2019). Peran pendidikan dalam mencerdaskan masyarakat. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 11(2), 231–240. https://doi.org/10.46339/FORAMADIAHI.V11I2.208
. Alvira, S., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan bagi generasi muda sebagai agent of change. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9201–9207. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V5I3.2447
. Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata pelajaran pendidikan kewarganegaaraan sebagai pendidikan karakter peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304. https://doi.org/10.23887/JPKU.V9I2.34133
. Anugraheni, M. T. I. M., Zaman, A. Q., & Lestari, B. B. (2023). Pemanfaatan aplikasi quizizz untuk meningkatkan hasil belajar PPKn kelas VIII SMP Wiyata Dharma Kesamben. Jurnal Kependidikan, 7(2), 89–96. https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1134
. Arianto, A. S., & Nadiar, F. (2021). Studi literatur tentang penerapan media pembelajaran modul pada materi menggambar 2D dengan Autocad di sekolah kejuruan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 7(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/42929
. Ariyanti, T. (2016). Pentingnya pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak the importance of childhood education for childhood development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.30595/DINAMIKA.V8I1.943
. Bagaskara. (n.d.). UU no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Indonesia. Retrieved November 21, 2023, from https://mutucertification.com/uu-no-20-tahun-2003-sistem-pendidikan/.
. Basit, A. (2016). Proses pembelajaran PKn dalam meningkatkan kreativitas peserta didik melalui pembelajaran berbasis masalah di SMAN 3 Probolinggo. Jurnal Pedagogy. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/58
. Dwi, A. (2023). Sistem pendidikan di Indonesia. https://fkip.umsu.ac.id/2023/07/11/sistem-pendidikan-di-indonesia/
. Fedora, A., Nur, N., Fitria, A., Khasanah, K., Fadilah, R. E., Mahardika, I. K., & Yusmar, F. (2023). Inovasi pendidikan sebagai solusi permasalahan pendidikan. FKIP E-PROCEEDING, 6–10. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/37103
. Fitriani. (2016). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin terhadap hasil belajar IPS siswa di SMP Karya Indah kecamatan Tapung. PEKA, 4(2), 137–142. https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/683
. Hendrizal. (2019). Permasalahan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SD dan solusinya. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 14(2). https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/7869
. Herawati, D., & Syahri, M. (2023). Penerapan media pembelajaran crossword puzzle (teka-teki silang) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII mata pelajaran PPKn di SMP negeri 1 Batu. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2). https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1083
. Irnawati, Arsana, I. W., Zaman, A. Q., Anugraheni, M. T. I. M., & Salma, J. A. (2022). Pelatihan dan pendampingan penggunaan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran. Kanigara, 2(2), 404–411. https://doi.org/10.36456/KANIGARA.V2I2.5990
. Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana dan prasarana pembelajaran sebagai faktor determinan terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 63–70. https://doi.org/10.17509/JPM.V3I1.9457
. Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan penyusunan studi literatur. https://stikesmajapahit.ac.id/lppm/wp-content/uploads/2019/04/panduan-penyusunan-studi-literatur.pdf
. Kurniasari, D. (2023). Pengembangan inovasi dalam pembelajaran. https://lahatonline.com/268969-pengembangan-inovasi-dalam-pembelajaran.html
. Kurniawati, N., Waluyati, S. A., & Saputra, A. (2023). Upaya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII dengan media pembelajaran crossword puzzle pada mata pelajaran PPKn di SMP negeri 10 Palembang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4). https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.4070
. Marzura, W., Darmawati, G., Okra, R., & Annas, F. (2023). Perancangan media pembelajaran PKn berbasis game edukasi menggunakan mit app invertor di SMPN 1 Simpang Alahan Mati. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2), 1328–1333. https://doi.org/10.36040/JATI.V7I2.7263
. Merliana, S., Zahra, A., Sufyadi, S., & Utama, A. H. (2023). Pengembangan media video pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PKn di SMPN 15 Banjarmasin. J-INSTECH, 4(2), 178–187. https://doi.org/10.20527/J-INSTECH.V4I2.8854
. Nisrokha, N. (2020). Difusi inovasi dalam teknologi pendidikan. Madaniyah, 10(2), 173–184. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/135
. Palunga, R., & Marzuki, M. (2017). Peran guru dalam pengembangan karakter peserta didik di sekolah menengah pertama negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/10.21831/JPK.V7I1.20858
. Pálvölgyi, L., & Horváth, L. (2023). How do bottom-up innovations spread between schools and districts? An actor-container model of educational innovation diffusion. Journal of Adult Learning, Knowledge, and Innovation, 1(aop). https://doi.org/10.1556/2059.2023.00084
. Pangestu, A. N. B., & Suharno, S. (2023). Pengaruh quizizz sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar PPKn di SMP N 2 Karangmojo. AGORA, 12(2), 144–153. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/20145
. Pramana, Moch. E. A., & Trihantoyo, S. (2021). Pembentukan karakter siswa melalui budaya sekolah di jenjang sekolah dasar. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/40032
. Priambodo, B. (2019). Jujur dan disiplin, dua karakter kunci kesuksesan. https://bbpmpjatim.kemdikbud.go.id/site/detailpost/jujur-dan-disiplin-dua-karakter-kunci-kesuksesan
. Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I6.9498
. Purbayatri, S. (2023). Peningkatan hasil belajar peserta didik melalui aplikasi quizizz pada materi sistem dan dinamika demokrasi Pancasila kelas XI MIPA 6 SMAN 1 Surabaya. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36456/p.v3i1.7184
. Reski, N. (2021). Tingkat minat belajar siswa kelas IX SMPN 11 kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485–2490. https://doi.org/10.47492/JIP.V1I11.496
. Riani, A. (2023). Di balik konten guru mengajar dengan cara kreatif yang viral di media sosial. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5292778/di-balik-konten-guru-mengajar-dengan-cara-kreatif-yang-viral-di-media-sosial
. Rihani, A. L., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2022). Studi literatur: Media interaktif terhadap hasil belajar peserta didik kelas V sekolah dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 7(2), 123–131. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/7702
. Said, A. R., Iriansyah, H. S., & Huzaefah, O. (2023). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis WEB Google Sites untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMPN I Teluknaga Tangerang. Jurnal Citizenship Virtues, 3(2), 544–558. https://doi.org/10.37640/JCV.V3I2.1872
. Salju, St. N. H., Rakib, M., & Rahmatullah. (n.d.). Pemberian kuis dan media presentasi pengaruhnya terhadap hasil belajar ekonomi siswa (Studi Pada Siswa Kelas X SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar). Retrieved November 22, 2023, from http://eprints.unm.ac.id/19053/1/1594040021%20ARTIKEL.pdf.
. Salsabila, U. H., Saputri, R. M., Nursusanti, D. N., Setianto, E., Sabhara, H., & Dahlan, U. A. (2021). Kedudukan teknologi pendidikan Islam di era globalisasi. NUSANTARA, 3(3), 402–416. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
. Samsuri. (n.d.). Model pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk membangun kompetensi warga negara. CIVICUS. Retrieved November 21, 2023, from https://staffnew.uny.ac.id/upload/132300167/pengabdian/model-pembelajaran-pkn-untuk-membangun-kompetensi-warga-negara.pdf.
. Santoso, M., & Syafrida, L. A. (2023). Pengembangan media pembelajaran e-comic dalam peningkatan literasi siswa SMP pada pembelajaran PPKn. JURNAL PENDIDIKAN: RISET & KONSEPTUAL, 7(4). https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i4.873
. Sari, N. A., Yulianto, Y., & Yuliani, H. (2021). Studi literatur media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash Professional CS6 pada pembelajaran fisika di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 18–26. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2791
. Sarwono, J. (2009). Memadu pendekatan kuantitatif dan kualitatif: Mungkinkah? Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 9(2), 98208. https://www.neliti.com/id/publications/98208/
. Sindiani, P., Dewi, R. S., & Bahrudin, F. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Moodle terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKn. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(2), 203–214. https://doi.org/10.26618/EQUILIBRIUM.V11I2.10584
. Suardi, Herdiansyah, Herdianty, & Mutiara, I. A. (2019). Implementasi pendidikan karakter melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMA Jaya Negara Makassar. Jurnal Etika Demokrasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jed/article/view/1983
. Suardi, Megawati, & Hasnah. (2018). Pendidikan karakter di sekolah (Studi penyimpangan siswa di Mts Muhammadiyah Tallo). Jurnal Etika Demokrasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jed/article/view/1979
. Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur kecamatan Bumi Raya. JKO: Jurnal Kreatif Online, 3(1). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/4110
. Triyani, D., Irawati, & Hosan. (2023). Penerapan media interaktif dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Buddha siswa kelas III SD Maitreyawira Dumai. Jurnal Maitreyawira, 4(1), 26–35. https://maitreyawira.e-journal.id/jm/article/view/72
. Uchrowi, Z., & Ruslinawati. (2021). Buku panduan guru: Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan SMP kelas VII. http://118.98.166.64/bukuteks/assets/uploads/pdf/PPKn-BG-KLS_VII.pdf
. Wandini, R. R., Sipahutar, D. A., Rahmawati, I., Diah, R., & Harpani, S. (2022). Merubah pandangan siswa yang menganggap pembelajaran PKn membosankan menjadi pembelajaran PKn yang menyenangkan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1489–1496. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I4.5557
. Wasik. (2022). Difusi dan diseminasi inovasi, proses keputusan inovasi, proses inovasi pendidikan dan pembelajaran PAI. SIRAJUDDIN, 2(1). https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v2i1.938
. Wibana, A. (2022). Masa transisi pendidikan dari pra sekolah hingga SMA. https://www.dwijo.id/2022/01/masa-transisi-pendidikan-dari-pra.html
. Wicaksono, D., & Iswan. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah di kelas IV sekolah dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2). https://doi.org/10.24853/holistika.3.2.111-126
. Widyatama, P. R., Novitasari, A., Selek, A. S. D., Almaulana, A. W., Agustin, R. N. A., Sholihak, S. M. A., Nisa’Q, M. F., Andriyani, N. B., Ngene, P. K., & Suyono. (2022). Pengembangan aplikasi teka-teki silang (TTS) sebagai alternatif pembelajaran PPKn kelas IX pada materi lembaga-lembaga negara. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/p.v2i1.5457
. Widyatama, P. R., & Suhari. (2023). Penanaman nilai karakter cinta tanah air pada siswa di SMP PGRI 1 Buduran. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (EMBISS), 3(2). https://embiss.com/index.php/embiss/article/view/213
. Zulfiati, H. M. (2014). Peran dan fungsi guru sekolah dasar dalam memajukan pendidikan dunia. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1). https://doi.org/10.30738/TRIHAYU.V1I1.63
DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v9i1.13104
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JED (Jurnal Etika Demokrasi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.