Diffusion of Innovation: Application of Interactive Learning Media in PPKn Subjects in Junior High School

Pandu Rudy Widyatama, Jayan Trianus, Sri Utami

Abstract


The aim of this research is now realized to improve the quality of advanced education and the creation of digitalization of education. The study used a literature review to examine the application of interactive learning media in PPKn subjects in junior high schools (SMP). This research uses a qualitative approach. The findings in this research are of the analysis, which shows that 50% of the interactive media used by researchers in PPKn subjects are quiz games-based, namely by utilizing the Quizizz platform, Crossword Puzzle method, and independent applications. In addition, the results of the analysis showed that 60% of researchers applied interactive learning media to PPKn subjects to increase students' learning willingness (interest in learning, motivating, and increasing willingness to read). The cocclusion importance of diffusion of innovation in education in the form of the application of interactive learning media the interest of students in learning so that the realization of the nation's ideals is to educate the nation's life.

Keywords


Diffusion Innovation; Interactive Learning, Subjects; PPKn; Junior High School

Full Text:

DONWLOAD

References


. Achru, A. (2019). Pengembangan minat dalam pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205–215. https://doi.org/10.24252/IDAARAH.V3I2.10012

. Afifuddin, M. (2014). Pendidikan sebagai pilar kebangkitan bangsa. CENDEKIA, 6(02), 135–142. https://doi.org/10.37850/CENDEKIA.V6I02.102

. Ahmad, A. (2012). Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi: Akar revolusi dan berbagai standarnya. Jurnal Dakwah Tabligh, 13(1), 137–149. https://doi.org/10.24252/JDT.V13I1.300

. Alaudin, F. M., Samidi, R., & Kusuma, W. J. (2023). Pengembangan media pembelajaran interactive video pada materi norma dan keadilan di SMP MBS Wanasari. JOURNAL CIVIC EDUCATION AND ETHNOGRAPHY, 1(2), 7–13. https://doi.org/10.24905/CIVET.V1I2.13

. Alumu, W. O. M. L. O. (2019). Peran pendidikan dalam mencerdaskan masyarakat. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 11(2), 231–240. https://doi.org/10.46339/FORAMADIAHI.V11I2.208

. Alvira, S., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan bagi generasi muda sebagai agent of change. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9201–9207. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V5I3.2447

. Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata pelajaran pendidikan kewarganegaaraan sebagai pendidikan karakter peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304. https://doi.org/10.23887/JPKU.V9I2.34133

. Anugraheni, M. T. I. M., Zaman, A. Q., & Lestari, B. B. (2023). Pemanfaatan aplikasi quizizz untuk meningkatkan hasil belajar PPKn kelas VIII SMP Wiyata Dharma Kesamben. Jurnal Kependidikan, 7(2), 89–96. https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1134

. Arianto, A. S., & Nadiar, F. (2021). Studi literatur tentang penerapan media pembelajaran modul pada materi menggambar 2D dengan Autocad di sekolah kejuruan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 7(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/42929

. Ariyanti, T. (2016). Pentingnya pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak the importance of childhood education for childhood development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.30595/DINAMIKA.V8I1.943

. Bagaskara. (n.d.). UU no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Indonesia. Retrieved November 21, 2023, from https://mutucertification.com/uu-no-20-tahun-2003-sistem-pendidikan/.

. Basit, A. (2016). Proses pembelajaran PKn dalam meningkatkan kreativitas peserta didik melalui pembelajaran berbasis masalah di SMAN 3 Probolinggo. Jurnal Pedagogy. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/58

. Dwi, A. (2023). Sistem pendidikan di Indonesia. https://fkip.umsu.ac.id/2023/07/11/sistem-pendidikan-di-indonesia/

. Fedora, A., Nur, N., Fitria, A., Khasanah, K., Fadilah, R. E., Mahardika, I. K., & Yusmar, F. (2023). Inovasi pendidikan sebagai solusi permasalahan pendidikan. FKIP E-PROCEEDING, 6–10. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/37103

. Fitriani. (2016). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin terhadap hasil belajar IPS siswa di SMP Karya Indah kecamatan Tapung. PEKA, 4(2), 137–142. https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/683

. Hendrizal. (2019). Permasalahan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SD dan solusinya. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 14(2). https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/7869

. Herawati, D., & Syahri, M. (2023). Penerapan media pembelajaran crossword puzzle (teka-teki silang) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII mata pelajaran PPKn di SMP negeri 1 Batu. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2). https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1083

. Irnawati, Arsana, I. W., Zaman, A. Q., Anugraheni, M. T. I. M., & Salma, J. A. (2022). Pelatihan dan pendampingan penggunaan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran. Kanigara, 2(2), 404–411. https://doi.org/10.36456/KANIGARA.V2I2.5990

. Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana dan prasarana pembelajaran sebagai faktor determinan terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 63–70. https://doi.org/10.17509/JPM.V3I1.9457

. Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan penyusunan studi literatur. https://stikesmajapahit.ac.id/lppm/wp-content/uploads/2019/04/panduan-penyusunan-studi-literatur.pdf

. Kurniasari, D. (2023). Pengembangan inovasi dalam pembelajaran. https://lahatonline.com/268969-pengembangan-inovasi-dalam-pembelajaran.html

. Kurniawati, N., Waluyati, S. A., & Saputra, A. (2023). Upaya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII dengan media pembelajaran crossword puzzle pada mata pelajaran PPKn di SMP negeri 10 Palembang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4). https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.4070

. Marzura, W., Darmawati, G., Okra, R., & Annas, F. (2023). Perancangan media pembelajaran PKn berbasis game edukasi menggunakan mit app invertor di SMPN 1 Simpang Alahan Mati. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2), 1328–1333. https://doi.org/10.36040/JATI.V7I2.7263

. Merliana, S., Zahra, A., Sufyadi, S., & Utama, A. H. (2023). Pengembangan media video pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PKn di SMPN 15 Banjarmasin. J-INSTECH, 4(2), 178–187. https://doi.org/10.20527/J-INSTECH.V4I2.8854

. Nisrokha, N. (2020). Difusi inovasi dalam teknologi pendidikan. Madaniyah, 10(2), 173–184. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/135

. Palunga, R., & Marzuki, M. (2017). Peran guru dalam pengembangan karakter peserta didik di sekolah menengah pertama negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/10.21831/JPK.V7I1.20858

. Pálvölgyi, L., & Horváth, L. (2023). How do bottom-up innovations spread between schools and districts? An actor-container model of educational innovation diffusion. Journal of Adult Learning, Knowledge, and Innovation, 1(aop). https://doi.org/10.1556/2059.2023.00084

. Pangestu, A. N. B., & Suharno, S. (2023). Pengaruh quizizz sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar PPKn di SMP N 2 Karangmojo. AGORA, 12(2), 144–153. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/20145

. Pramana, Moch. E. A., & Trihantoyo, S. (2021). Pembentukan karakter siswa melalui budaya sekolah di jenjang sekolah dasar. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/40032

. Priambodo, B. (2019). Jujur dan disiplin, dua karakter kunci kesuksesan. https://bbpmpjatim.kemdikbud.go.id/site/detailpost/jujur-dan-disiplin-dua-karakter-kunci-kesuksesan

. Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I6.9498

. Purbayatri, S. (2023). Peningkatan hasil belajar peserta didik melalui aplikasi quizizz pada materi sistem dan dinamika demokrasi Pancasila kelas XI MIPA 6 SMAN 1 Surabaya. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36456/p.v3i1.7184

. Reski, N. (2021). Tingkat minat belajar siswa kelas IX SMPN 11 kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485–2490. https://doi.org/10.47492/JIP.V1I11.496

. Riani, A. (2023). Di balik konten guru mengajar dengan cara kreatif yang viral di media sosial. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5292778/di-balik-konten-guru-mengajar-dengan-cara-kreatif-yang-viral-di-media-sosial

. Rihani, A. L., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2022). Studi literatur: Media interaktif terhadap hasil belajar peserta didik kelas V sekolah dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 7(2), 123–131. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/7702

. Said, A. R., Iriansyah, H. S., & Huzaefah, O. (2023). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis WEB Google Sites untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMPN I Teluknaga Tangerang. Jurnal Citizenship Virtues, 3(2), 544–558. https://doi.org/10.37640/JCV.V3I2.1872

. Salju, St. N. H., Rakib, M., & Rahmatullah. (n.d.). Pemberian kuis dan media presentasi pengaruhnya terhadap hasil belajar ekonomi siswa (Studi Pada Siswa Kelas X SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar). Retrieved November 22, 2023, from http://eprints.unm.ac.id/19053/1/1594040021%20ARTIKEL.pdf.

. Salsabila, U. H., Saputri, R. M., Nursusanti, D. N., Setianto, E., Sabhara, H., & Dahlan, U. A. (2021). Kedudukan teknologi pendidikan Islam di era globalisasi. NUSANTARA, 3(3), 402–416. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

. Samsuri. (n.d.). Model pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk membangun kompetensi warga negara. CIVICUS. Retrieved November 21, 2023, from https://staffnew.uny.ac.id/upload/132300167/pengabdian/model-pembelajaran-pkn-untuk-membangun-kompetensi-warga-negara.pdf.

. Santoso, M., & Syafrida, L. A. (2023). Pengembangan media pembelajaran e-comic dalam peningkatan literasi siswa SMP pada pembelajaran PPKn. JURNAL PENDIDIKAN: RISET & KONSEPTUAL, 7(4). https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i4.873

. Sari, N. A., Yulianto, Y., & Yuliani, H. (2021). Studi literatur media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash Professional CS6 pada pembelajaran fisika di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 18–26. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2791

. Sarwono, J. (2009). Memadu pendekatan kuantitatif dan kualitatif: Mungkinkah? Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 9(2), 98208. https://www.neliti.com/id/publications/98208/

. Sindiani, P., Dewi, R. S., & Bahrudin, F. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Moodle terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKn. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(2), 203–214. https://doi.org/10.26618/EQUILIBRIUM.V11I2.10584

. Suardi, Herdiansyah, Herdianty, & Mutiara, I. A. (2019). Implementasi pendidikan karakter melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMA Jaya Negara Makassar. Jurnal Etika Demokrasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jed/article/view/1983

. Suardi, Megawati, & Hasnah. (2018). Pendidikan karakter di sekolah (Studi penyimpangan siswa di Mts Muhammadiyah Tallo). Jurnal Etika Demokrasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jed/article/view/1979

. Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur kecamatan Bumi Raya. JKO: Jurnal Kreatif Online, 3(1). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/4110

. Triyani, D., Irawati, & Hosan. (2023). Penerapan media interaktif dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Buddha siswa kelas III SD Maitreyawira Dumai. Jurnal Maitreyawira, 4(1), 26–35. https://maitreyawira.e-journal.id/jm/article/view/72

. Uchrowi, Z., & Ruslinawati. (2021). Buku panduan guru: Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan SMP kelas VII. http://118.98.166.64/bukuteks/assets/uploads/pdf/PPKn-BG-KLS_VII.pdf

. Wandini, R. R., Sipahutar, D. A., Rahmawati, I., Diah, R., & Harpani, S. (2022). Merubah pandangan siswa yang menganggap pembelajaran PKn membosankan menjadi pembelajaran PKn yang menyenangkan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1489–1496. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I4.5557

. Wasik. (2022). Difusi dan diseminasi inovasi, proses keputusan inovasi, proses inovasi pendidikan dan pembelajaran PAI. SIRAJUDDIN, 2(1). https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v2i1.938

. Wibana, A. (2022). Masa transisi pendidikan dari pra sekolah hingga SMA. https://www.dwijo.id/2022/01/masa-transisi-pendidikan-dari-pra.html

. Wicaksono, D., & Iswan. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah di kelas IV sekolah dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2). https://doi.org/10.24853/holistika.3.2.111-126

. Widyatama, P. R., Novitasari, A., Selek, A. S. D., Almaulana, A. W., Agustin, R. N. A., Sholihak, S. M. A., Nisa’Q, M. F., Andriyani, N. B., Ngene, P. K., & Suyono. (2022). Pengembangan aplikasi teka-teki silang (TTS) sebagai alternatif pembelajaran PPKn kelas IX pada materi lembaga-lembaga negara. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/p.v2i1.5457

. Widyatama, P. R., & Suhari. (2023). Penanaman nilai karakter cinta tanah air pada siswa di SMP PGRI 1 Buduran. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (EMBISS), 3(2). https://embiss.com/index.php/embiss/article/view/213

. Zulfiati, H. M. (2014). Peran dan fungsi guru sekolah dasar dalam memajukan pendidikan dunia. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1). https://doi.org/10.30738/TRIHAYU.V1I1.63




DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v9i1.13104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JED (Jurnal Etika Demokrasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.