The Influence of Active Learning By Integrating Religious Moderation Values On PPKN Learning Outcomes By Students
Abstract
Keywords
Full Text:
DOWNLOADReferences
. Abdulbaki, K., Suhaimi, M., Alsaqqaf, A., & Jawad, W. (2018). The use of the discussion method at university: Enhancement of teaching and learning. International Journal of Higher Education, 7(6), 118–128. https://doi.org/10.5430/ijhe.v7n6p118
. Agus, C. (2013). Panduan Aplikasi Teori Belajar. PT. Diva Press.
. Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
. Arianti, A. (2017). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika Jurnal Kependidikan, 11(1), 41–62. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161
. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi 10). Rineka Cipta.
. Bahrudin, F. A. (2019). Implementasi Kompetensi Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 2(2), 184–200. https://doi.org/10.47080/propatria.v2i2.593
. Baso, A., & Mardiana. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Murid Melalui Metode Diskusi pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Tentang Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama Kelas V Sekolah Dasar Negeri 221 Bulu Dua Kabupaten Soppeng. Etika Demokrasi Pendidikan Pancasila, II(1), 1–8. https://doi.org/10.26618/jed.v2i1.1137
. Budiutomo, T. W. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Bangsa. Academy of Education Journal, 4(1), 32–38. https://doi.org/10.47200/aoej.v4i1.94
. Candra, & Retnawati, H. (2020). A meta-analysis of constructivism learning implementation towards the learning outcomes on civic education lesson. International Journal of Instruction, 13(2), 835–846. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13256a
. Chizhik, E. W., & Chizhik, A. W. (2018). Using Activity Theory to Examine How Teachers’ Lesson Plans Meet Students’ Learning Needs. Teacher Educator, 53(1), 67–85. https://doi.org/10.1080/08878730.2017.1296913
. Dahri, M. (2016). Jenis Variabel dan Skala Pengukuran, Perbedaan Statistik Deskriptif dan Inferensial dan Statistik Parametrik dan Nonparametrik. 4(1), 1–23.
. Daulae, H. T. H. (2016). Pengaruh Motivasi Dan Metode Mengajar Terhadap Prestasi Mata Kuliah Hadits Mahasiswa Iain Padangsidimpuan. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 2(1), 91. https://doi.org/10.24952/tazkir.v2i1.404
. Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Building Tolerance Attitudes Of PPKN Students Through Multicultural Education Courses. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 6(1), 103–115. https://doi.org/10.26618/jed.v6i1.4503
. Doringin, F. T. P. (2021). Efektivitas Metode Debat Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(November), 31–38. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i2.12250
. Hackathorn, J., Solomon, E. D., Blankmeyer, K. L., Tennial, R. E., & Garczynski, A. M. (2011). Learning by Doing: An Empirical Study of Active Teaching Techniques. The Journal of Effective Teaching, 11(2), 40–54.
. Hasbullah, H., & Rahmawati, E. Y. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Hypnoteaching terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 83–90. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.163
. Hidayah, Y. N. U. S. (2019). Analisis Pendekatan Pembelajaran Mata Kuliah Wajib Umum Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 22–33. https://doi.org/10.24269/jpk.v4.n1.2019.pp22-33
. Irwan, Hasbi, R. (2018). Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(1), 54. https://doi.org/10.24256/iqro.v1i1.312
. Istiqomah, N., & Prastowo, A. (2022). Analisis Pendekatan Saintifik Dalam Perencanaan Pembelajaran Tematik di SD/MI. Jurnal Pendidikan, 4(1), 7–12. https://doi.org/10.33627/gg.v4i1.648
. Jones, R., & Bursens, P. (2015). The effects of active learning environments: How simulations trigger affective learning. European Political Science, 14(3), 254–265. https://doi.org/10.1057/eps.2015.22
. Kariadi, D., & Suprapto, W. (2018). Model Pembelajaran Active Learning Dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PKn. Educatio, 13(1), 11. https://doi.org/10.29408/edc.v12i1.838
. Kementrian Hukum dan HAM. (2012). UU RI No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi. Undang Undang, 18.
. Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
. Kurniawan, M. I. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Strategi Active Learning. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(1), 124–132. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.764
. Livingston, E. H. (2004). The mean and standard deviation: What does it all mean? Journal of Surgical Research, 119(2), 117–123. https://doi.org/10.1016/j.jss.2004.02.008
. Mahpudz, A., Palimbong, A., & Lande, A. (2021). Integrasi Nilai Toleransi pada Pembelajaran pendidikan Kewarganegaraan di perguruan Tinggi di Masa pandemi Covid 19. UCEJ:Untirta Civic Education Journal, 6(1), 58–76. https://doi.org/10.30870/ucej.v6i1.11351
. Mangram, J., Haddix, M., Ochanji, M., & Masingila, J. (2015). Active Learning Strategies for Complementing the Lecture Teaching Methods in Large Classes in Higher Education. Journal of Instructional Research, 4(2015), 57–68. https://doi.org/10.9743/jir.2015.8
. Močinić, S. N. (2012). Active Teaching Strategies in Higher Education. Metodički Obzori/Methodological Horizons, 7(2), 97–105. https://doi.org/10.32728/mo.07.2.2012.08
. Mustika, Z. (2015). Urgenitas Media Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Yang Kondusif. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.311
. Nor, N. (2022). Moderasi Beragama dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(3), 187–197. https://doi.org/10.55868/jeid.v2i3.141
. Nur, R., Suardi, S., Nursalam, N., & Kanji, H. (2021). The Integration Model of the Development of Student Religious Character Education Based on Integrative Morals in Higher Education. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 6(1), 149–162. https://doi.org/10.26618/jed.v6i1.4692
. Pahlevi, F. S. (2017). Eksistensi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Dalam Memperkokoh karakter Bangsa Indonesia. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 65–82. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.26
. Patih, A., Nurulah, A., & Hamdani, F. (2023). Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Kewarganegaraan Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001 (Special Issue 2023)), 1387–1400. https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.6139
. Purwanti, S., & Gafur, A. (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Autocad. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 2(2), 140–148. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22673
. Rahayu, Krida Puji, R. S. (2020). Penerapan Path Analysis Model Mediasi Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 5(2), 87–103. https://doi.org/10.32493/eduka.v5i2.8174
. Rahman, F., Khalil, J. k., Jumani, N. B., Ajmal, M., Malik, S., & Sharif, M. (2011). Impact of Discussion Method on Students Performance. International Journal of Business and Social Science, 2(7), 84–94. https://www.ijbssnet.com/journal/index/300
. Rahmi, N., Gani, A., & Nasution, J. (2023). Penguatan Moderasi Beragama Melalui Pembelajaran PKN di MIN 7 Kota Medan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 1929–1944. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4457
. Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
. Somantri, M. numun. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS (R. M. Dedi supriadi, Rohmat Mulyana (ed.)). Remaja Rosdakarya.
. Stapor, K. (2020). Descriptive and Inferential Statistics. Intelligent Systems Reference Library, 176(1), 63–131. https://doi.org/10.1007/978-3-030-45799-0_2
. Sugiyono. (2017). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
. Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36.
. Susanti, R. (2019). Sampling Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 16, 187–208. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.543
. Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326
. Ulfah, N. (2017). Penerapan Pendekatan Active Learning pada Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi sebagai Upaya Mengembangkan Kompetensi Kewarganegaraan. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 216. https://eprints.uad.ac.id/9784/
. Wandiri Rizki Rora, Sipahutar Alwina Dedek, Rahmawati Indi, Diah Rahmani, & Harpani Sulistia. (2022). Merubah Pandangan Siswa yang Menganggap Pembelajaran PKn Membosankan Menjadi Pembelajaran PKn Yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 14890. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5557
. Widiatmaka, P. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Ujung Tombak Pembangunan Karakter Pancasila Di Perguruan Tinggi. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 01(02), 176–185. https://doi.org/10.52738/pjk.v1i2.41
. Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v4i2.607
. Winata, K. A., Sudrajat, T., Yuniarsih, Y., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Peran Dosen dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Mendukung Program Moderasi Beragama. Jurnal Pendidikan, 8(2), 98–110. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.449
. Winataputra, U. S. (2016). Posisi akademik pendidikan kewarganegaraan (PKn) dan muatan/mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) dalam konteks sistem …. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(1), 15–36. https://doi.org/10.21067/jmk.v1i1.1184
. Yunita, S. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Afektif Pendidikan Kewarganegaraan Mahasiswa Jurusan PPKn FIS UNIMED. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1), 94–103. https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i1.530
DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v9i2.12851
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JED (Jurnal Etika Demokrasi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.