IQRA: Jurnal Pendidikan Islam ISSN 2580-5304 (Online/elektronik) merupakan platform akademis yang berkomitmen untuk menerbitkan artikel-artikel berkualitas tinggi yang terkait dengan institusi pendidikan Islam yang memiliki afiliasi tertentu. Jurnal ini berfokus pada berbagai aspek pendidikan Islam pada tingkat mikro, meso, dan makro. Dengan menyajikan wacana ilmiah yang mendalam, IQRA memberikan kontribusi dalam pemahaman filsafat pendidikan Islam, kajian kepemimpinan madrasah, serta dinamika politik pendidikan Islam.
Dalam meliput tingkat mikro, IQRA mengeksplorasi esensi pendidikan Islam sebagai bagian integral dari kehidupan sehari-hari di tingkat individual dan keluarga. Analisis filosofis terkait pendidikan Islam membantu membentuk pemahaman yang lebih mendalam terhadap nilai-nilai fundamental yang terkandung dalam sistem pendidikan tersebut. Pada tingkat meso, jurnal ini membahas aspek kepemimpinan madrasah, menyoroti tantangan dan inovasi yang dihadapi oleh para pemimpin pendidikan Islam di tingkat lembaga. Di sisi lain, pada tingkat makro, IQRA mengeksplorasi peran politik pendidikan Islam dalam konteks sosial dan politik yang lebih luas. Dengan fokus pada berbagai dimensi ini, Jurnal IQRA bertujuan untuk menjadi sumber rujukan yang berharga bagi para akademisi, praktisi, dan pembuat kebijakan yang tertarik dalam mengembangkan dan memahami pendidikan Islam secara holistik.
Jurnal IQRA: Jurnal Megister Pendidikan Islam terbit pada Juni dan Desember setiap tahun.
Current Issue
Articles
-
Manajemen Konflik : Upaya penanganan Krisis dan Konflik di Lembaga Pendidikan Islam
Amin Amin, Arsam Arsam, Muhammad MuzakkiAbstract : 31PDF : 141-11 -
Kebijakan Pendidikan Islam Pesantren (Analisis Historis dan Teori AGIL Talcott Parsons Terhadap UU No. 18 Tahun 2019)
Ahidatun Nikma, Ahidatun NikmaAbstract : 41PDF : 1612-27 -
Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar
sania rosya ariba, Silfa RatihAbstract : 22PDF : 1628-46 -
Manajemen Kurikulum PAI Dalam Mendefinisikan Karakter Peserta Didik Unggul di MA KHA. Wahid Hasyim Bangil
FATHIMAH AZZAHRAH, Qurrota A'yunAbstract : 22XML : 947-63 -
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 MAKASSAR
Munirah Munirah, Andi AmiruddinAbstract : 28PDF : 1864-78 -
Paradigma Pendidikan Islam Tentang Patologi Sosial (Penyakit Sosial)
Wahdaniya WahdaniyaAbstract : 17PDF : 1579-89 -
PERENCANAAN STRATEGIS DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Muhammad Aminullah, Andi AmiruddinAbstract : 18PDF : 1990-99 -
Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Dalam Kelas Bahasa Arab (Studi Tindakan Pada Mahasiswa Tingkat Lanjutan)
Mardiana HarisAbstract : 16PDF : 19100-106