Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Budaya Lokal di SMPN 4 Takalar Kabupaten Takalar

Herlindawati Herlindawati

Abstract


Model pelaksanaan budaya lokal dengan menggunakan strategi mind map, dengan adanya model pembelajaran ini guru mampu mengarahkan siswa belajar kondusif dan dapat membantu siswa untuk lebih mencintai kebudayaan atau budaya lokal yang ada disekitarnya.Implementasi pembelajaran PAI berbasis budaya lokal, keberhasilam pelaksanaan pembelajaran berbasis budaya lokal tidak lepas dari beberapa komponen yaitu pendidik, peserta didik, dan media pembelajaran. Faktor pendukung adanya sarana dan prasarana sekolah sebagai fasilitas pendukungnya dan guru yang kompeten, sedangkan faktor penghambat berada pada siswa yang masih sering tidak kondusif selama pembelajaran, serta durasi waktunya sangat singkat ini juga mempengaruhi hasil dari pembelajaran berbasis budaya lokal.

Kata Kunci: Berbasi Budaya Lokal, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, R., & Rose, K. R. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: ar-Ruzz Media).

Arifin, Muzayyin, 2005, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi aksara.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran (Vol. 118). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Burhan Bungin, 2007 Penelitian Kualitatif Komunikasi Ekonomi Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya, (Jakarta: Kencana Media Group).

H Mgs.Nazaruddin, 2007, Manajemen Pembelajaran, Yogyakarta: TERAS.

Jamal Ma’mur Asmami, 2012, Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Yogyakarta: DIVA Press.

Majid Abdul dan Andayani Diana, 2006, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Majid Abdul, 2014, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Malli, R. (2016). Konsep Pemikiran Pendidikan Islam Kontemporer di Indonesia. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 159-166.

Malli, R., & Asiz, N. (2019). Pemahaman masyarakat Gowa tentang nilai-nilai pendidikan islam yang terintegrasi dalam sarak sebagai unsur pangngadakkang di kabupaten gowa. Visipena, 10(2), 271-280.

Mardenis, 2018, Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Rangka Pengembangan Kepribadian Bangsa, Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Mawardi, A. (2016). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 29-36.

Moeloeng Lexy J, 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Rosda Karya.

Mubah, Strategi Daya Tahan Budaya Lokal Dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Jurnal unair,24(4).

Muhaimin, 2002, Paradigma Pendidikan Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya)

Mujib Abdul dan Mudzakkir Jusuf, 2016. Ilmu Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Prenada Media.

Nuraini Asriati, Mengembangkan karakter peserta didik berbasis kearifan lokal melalui pembelajaran di sekolah, Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora.2 (III).

Raoudhoh, 2007, Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak Usia Dini, Harkat An-Nisa Jurnal Studi genger dan Anak.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.