Analisis Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Mts Madrasah TsanawiahPatani

Ika Lestari, Ahmad Nashir, Wahdaniyah Wahdaniyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah:UntukmengetahuiAnalisisMinatBelajar Pendidikan Agama Islam Siswa Mts Madrasah TsanawiahPatani 2). Untukmengetahuifaktorapa yang mempengaruhiAnalisisMinatBelajar Pendidikan Agama Islam Siswa Mts Madrasah TsanawiahPatani3). Untukmengetahuibagaimanacarameningkatkanmotivasibelajar Pendidikan Agama Islam siswa Mts Madrasah TsanawiyahPatani.Penelitianinimenggunakanmetodepengumpulan data, dalampenelitianinimenggunakanobservasi, wawancara dan dokumentasi. Metodeanalisis data dalampenelitianinimenggunakanlangkah-langkahreduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan.Hasil penelitianmenunjukkanbahwa: 1). Minatbelajar Pendidikan Agama Islam di MTs.MadrsahTsanawiyahsangatrendah, minatbelajartersebutdipengaruhikarenakurangnyakesadaransiswa. Dan pentingnyaperan orang tua yang memberikandoronganataumotivasikepadaanaknyasehinggaminatbelajartumbuhdalamdirianak. 2).Faktor yang mempengaruhikurangnyaminatbelajar di MTs. Madrasah Tsanawiyahyaitumetode yang digunakan guru pada saatmengajarterlalumonontonatautidakadanyametode-metode lain yang digunakan agar bisamenumbuhkansemangatsiswadalammegikutipelajaran. Selaindarisistempengajaran yang digunakan oleh guru yaitufaktorkurangnyajumlahsiswa yang berada di MTs Madrasah Tsanawiyahsehinggamempengaruhikurangnyaminatbelajarsiswa, dan faktor lain yang mempengaruhiminatbelajarsiswayaitukurangnyakedisiplinan yang diterapkan di sekolahatausikapkurangtegasnya guru dalammengajarkarenaapabila guru menerapkansikapkedisiplinanterhadapsiswamakatentunyahasilbelajar yang diperolehmenjadibaik. 3). Cara guru dalammeningkatkanminatbelajarsiswayaitumelakukanpendekatankepadasiswa, memberikanmotivasiminatbelajar, dan memberikantugas. Inilahcara guru di MTs. Madrasah Tsanawiyahsehinggabisameningkatkanminatbelajarsiswa.

 

Kata Kunci: MinatBelajar, Pendidikan Agama Islam


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’anAl Karim

Abdul tolib, “Pendidikan di PondokPesantren Modern,” Risalah: Jurnal Pendidikan dab Studi Islam, 1.1 (2015)

Abdurrahman Fathori, MetodologiPenelitian dan Teknik PenyususnanSkripsi, (Jakarta:RinekaCipta, 2011)

AhamdTasir, Ilmu Pendidikan dalamPerspektif Islam, (Bandung: RemajaRosdakarya, 2004)

AIdhoh Anas, “kurikulum Dan MetodologiPembelajaranPesantren, “Cendikia: JurnalKependidikan dan Kemasyarakatan, 10.1(2012)

AkyasAzhari, PsikologiPendidikan , (Cet, 1: Semarang:Diana Utama Semarang, 1996)

Al-Mala ala’ Al-Qari’, Miqrat Al-MafatihSyarhMisykat Al-Mashabih

Asfiati, MenajemenPembelajaran Pendidikan Agama Islam Berorientasi pada PengembanganKurikulum 2013, (Bandung: Citapustaka Media,2014)

Burhan Bungin, PenelitianKulitatifKomunikasi, Ekonomi, KebijakanPublik dan IlmuSosiallainnya,( Jakarta: KencanaPrenanda Media Group, 2007)

Crow D. Leater& Crow, Alice, Psikologi Pendidikan. (Yogyakarta: Nur Cahya, 1989)

M.Alisuf Sabri, Ilmu Pendidikan, (Jakarta; CV. PedomanIlmu Jaya, 1999), Cet. I,.

Mahmud Yunus, Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran, (Jakarta: Hidakarya Agung 2007),

Mahfudz Siddiq, Konfigurasi Kata Sam’, Bashar, dan Fu’adDalam Al-Qur’an MenurutiTinjauanIlm Al- Ma’aniy, JurnalIlmu Bahasa dan Sastra, Volume 5, Nomor 1, Juni 2010,

Masyhuri dan Zainuddin, MetodologiPenelitianPendekatanPraktis dan Aplikatif(Bandung PT Refika, Aditama, 2008)

M. Dalyono, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: RinekaCipta, 1997)

Miles, MB dan Humbermen. Analisis Data Kualitatif: A Sourcebook of New Methods.SAGE. Beverly Hills

Moleong. J. Lexy, (2009), MetodologiPenelitianKualitatif. Bandung; RemajaRosdakarya

MuhaibbinSyah, Psikologi Pendidikan denganPendekatanBaru, (Bandung: PT Remaja Rodakarya,2006), Cet XII,

Nana SyapodihSukmadinata, MetodePenelitian Pendidikan, (Bandung: PT. RemajaRosdakarya, 2001)

Nur Hasan, ”ModelPembelajaranBerbasisPondokPesantrenDalamMembentukKarakterSiswa Di PondokPesantrenRaoudhotutTholibinRembangJawa Tengah, “ WahanaAkademika: JurnalStudi Islam dan Sosial, 3.2(2017)

Nusa Putra, Santi Lisnawati, PenelitianKualitatif Pendidikan Agama Islam, (Bandung:PT. Rosdakarya,2012)

ORumayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Kalam Mulia,1998), Cet 2,

Shodiq M, “Pesantren dan PerubahanSosial,” Islam, JurnalSosiologi, 1.1 (2011), http://jsi.unisby.ac.id/index.php/jsi/article/view/8/5.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, (Cet.IV: Jakarta:RinekaCipta 2003),

Sugiyono, MetodePenelitian Pendidikan PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Cet, 27 27: Bandung: Alfabeta, 2017)

SuharsimiArikunto, ProsedurPenelitianSuatuPendekatan, (Jakarta: RinekaCipta, 2010), hlm, 206

Tadjub, Ilmu Jiwa Pendidikan, (Cet. I; Surabaya; KaryaAbitama, 1994)

Tim PelaksanaPentashihanMazhab Al-Qur’an Depag RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya (Semarang: Toha Putra, 1989), HLM. 1045

Tim PenyusunanKamus Pusat Bahasa, KamusBesar Bahasa Indonesia (Jakarta:Balai Pustaka,2001),hlm.744

Undang-UndangRepublik Indonesia, Nomor 20, Th. 2003, Sistem Pendidikan Nasional,(Semarang: Aneka Ilmu, 2003), Cet. I,h.

Wina Sanjaya, “SistemPembelajaran,” FaktorJurnalIlmiahKependidikan , 2.3 (2015),198-206


Refbacks

  • There are currently no refbacks.