PENGELOLAHAN PENDIDIKAN ISLAM BERKEMAJUAN

Misran Misran, Selvy Hamriani, Bahaking Rama

Abstract


Pengelolahan Pendidikan Islam Dalam Memelihara kesehatan peserta didik yaitu Firmansyah (2017) menjelaskan bahwa pendidikan Islam harus berkembang sesuai dengan wataknya dan sejalan dengan perkembangan jalan. Hal ini senada dari salah satu visi kementerian agama tentang lembaga pendidikan Islam yaitu peningkatan lulusan yang produktif dan memiliki daya saing. Guna mewujudkan lulusan yang produktif dari lembaga pendidikan Islam dibutuhkan penguatan dalam standar kesehatan yang diberlakukan salah satunya kesehatan mental atau jiwa, Islam sebagai agama sangat mengutamakan kesehatan baik lahir dan batin serta menempatkannya sebagai kenikmatan kedua setelah iman, selain itu juga menerapkan prinsip-prinsip dalam menjaga keseimbangan tubuh manusia (Husin, 2014). 2. Sedangkan, Pengelolahan Pendidikan Islam Dalam mencerdaskan peserta didik yaitu Sekolah menjadi katalisator yang pas bagi mereka yang belajar di dalamnya sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam al-Quran dan Sunnah. Lembaga ini harus bersikap kooperatif dengan murid dan gurunya sehingga bisa menghasilkan generesai penerus yang unggul dan berakhlakul karimah. 3. Adapun Pengelolahan pendidikan Islam dalam Mencerahkan peserta didik. 4. pendidikan dapat menjadi sarana memajukan bangsa apabila dikembangkan untuk membangun manusia yang knowledgeable dan capable: menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan yang memungkinkan mereka memanfaatkan kekayaan alam semesta untuk kemajuan bangsa. Untuk itu proses pendidikan harus dikembangkan sedemikian rupa sehingga mendorong keberanian berpikir, kreativitas seni, dan keterampilan teknokratik serta leadership dengan cara yang menyenangkan (joyful), merangsang nalar (mindful), dan melayani (helpful). 5. Pengelolahan pendidikan islam dalam Menciptakan Prestasi pada peserta didik Prestasi belajar dalam pendidikan Agama Islam bukan hanya tentang mencapai nilai yang tinggi, tetapi juga membangun pemahaman mendalam, mengembangkan akhlak mulia, dan meningkatkan pengetahuan agama. Dengan pendekatan yang tepat, siswa dapat meraih prestasi belajar yang baik dalam pendidikan Agama Islam, yang akan membekali mereka dengan keunggulan akademik dan pemahaman yang kuat tentang ajaran agama Islam.

Kata Kunci: Pengelolahan Pendidikan, Islam Berkemajuan,

 


Full Text:

PDF

References


Anshori, Isa. 2020. “DAMPAK COVID-19 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI Mts Al-ASYHAR

BUNGAH GRESIK.” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3 (02): 181–99.

Arifin, H. M. 1996. Ilmu pendidikan Islam : suatu tinjauan teoritis dan praktis berdasarkan Pendekatan interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.

Daradjat, Zakiah. 1994. Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah. Jakarta: : Ruhama. Hidayat, R., & Candra Wijaya, M. P. (2017). Ayat-Ayat Al Quran tentang Manajemen Pendidikan Islam. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Ikhwan, A. (2016). Manajemen Perencanaan Pendidikan Islam (Kajian Tematik Al- Qur'an dan Al-Hadist). EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 4(1), 128- 155.

Khori, A. (2016). Manajemen Strategi dan Mutu Pendidikan Islam. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 75-99.

Kuntoro, A. T. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 7(1), 84-97.

Kurniawan, S. (2015). Konsep Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur'an dan Al-Hadits (Studi Tentang Perencanaan). Nur El-Islam, 2(2), 1-34.

Maya, R., & Lesmana, I. (2018). Pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar, M. Ag. Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(02), 291-316.

Musolin, M. (2019). Sadd Adz-Dzarâi’: Konsep dan Aplikasi Manajemen Pendidikan Islam. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 71


Refbacks

  • There are currently no refbacks.