IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII B DI SMP NEGARI 26 MAKASSAR

Bima Darmawan Sugiono, Abdul Fattah, Alamsyah Alamsyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VII B Di SMP Negari 26 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian yang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan ini dianggap efektif diterapkan dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran agama islam. Implementasi model IBL dapat diterapkan dengan memerhatikan enam langkah yaitu: yang pertama orientasi masalah, Merumuskan masalah, Membuat hipotesis, Eksplorasi, Menguji hipotesis, dan yang terakhir yakni Membuat kesimpulan. Walaupun model IBL menuntut para peserta didik untuk lebih aktif dalam mencari jawabannya sendiri, namun para guru juga harus memberi pengawasan agar proses belajar tetap berjalan dan sesuai dengan yang diharapkan. Peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam dalam menggunakan model pembelajaran IBL terdapat peningkatan secara signifikan, yang ditunjukkan oleh indikator keberhasilan mulai dari tes awal, siklus I, dan siklus II. Tingkat keberhasilan sebelum menggunakan model IBL atau pada tes awal 64, setelah menggunakan model IBL pada siklus I yaitu 82 dan dilanjutkan pada siklus II untuk lebih meyakinkan bahwa dengan model ini dapat membantu meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam peserta didik, hasil dari siklus II memiliki hasil yang sama yakni  85. Hal ini dapat dibuktikan bahwa model IBL dapat meningkatkan hasil belajar pada peserta didik.

 

Kata Kunci: Inquiry Based Learing, Hasil Belajar, PAI


Full Text:

PDF

References


Alqur’an al-Karim dan Terjemahnya.

Achmad, Ghufran Hasyim. 2021. Refleksi Pemikiran Pembaharuan Pendidikan Islam Kh.Ahmad Dahlan Terhadap Problematika Pendidikan Islam, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Arikunto, 2012. Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembalajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, B.S & A. Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Epistemologi Dan Ontologi Pendidikan Islam Perilaku hal Sosial. 2020. Situs Resmi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Gunawan, Heri. 2013. Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Omear. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamid, Abdul. 2018. Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Penguatan Nasionalisme Di Indonesia, UIN Sunan Kalijaga

I. Arends, Richard. 2008. Learning To Teach, Penerjemah; Helly Prajitno Soetjipto, Sri Mulyantini Soetjipto, Belajar Cara Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jalaluddin. 2011. Filsafat Pendidikan Islam:Telaah sejarah dan pemikirannya. Jakarta: Kalam Mulia.

Lorens, Bagus. 2005. Kamus Filsafat, Jakarta: Gramedia.

Mesiono. 2020. Urgensi Pendidikan Agama Di Madrasah Dalam Membangun Kesolihan Sosial, EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial.

Mufidah, Lailya. 2021. Urgensi penelitian tindakan kelasdalam memperbaiki praksis pembelajaran. At-tajdid : jurnal pendidikan dan pemikiran islam.

Muhajir, Noeng. 2001. Filsafat Ilmu, Positivisme, Post Positivisme, dan Post Modernisme, Yogyakarta: Rakersan.

Mulyasa, Enco. 2005 Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurdin K, dkk. 2019. The implementation of inquiry discovery learning. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature.

Qomar, Mujamil. 2005. Epistemologi Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga.

Ramnarain, Umesh Dewnarain. 2014. Teachers perceptions of inquiry-based learning in urban, suburban, township and rural high schools: The context- specificity of science curriculum implementation in South Africa. Teaching and Teacher Education.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran : Megembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: CV Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Kencana.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Soe Margono, soejono. 1986, Pengantar Filsafat Louis O.Kattsoff. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Zaman, Badrus. 2019 Aplikasi Pendekatan Kontekstual pada Proses Pembelajaran Rumpun PAI, Jurnal Profetika, Pascasarjana UMS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.