PERAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN ANAK-ANAK DI DESA BINAAN TAENG KEC.PALANGGA KAB.GOWA
Abstract
NurAmri Ramadhan 2024, Peran Mahaiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Anak-Anak Di Desa Binaan Taeng Kec. Palangga Kab. Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Anak-Anak Di Desa Binaan Taeng Kec. Palangga Kab. Gowa. Jenis penelitian yang digunahkan adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini data primer dan sekunder. Data primer Mahasiswa HMJ PAI dan anak-anak yang mengikuti kegiatan belajar mengajar. Data sekunder dari penelitan ini, buku, majalah, koran, internet dan sumber data lainnya. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Tingkat kemampuan anak-anak di desa binaan Taeng masih tergolong kurang mampu karna masih banyak anak-anak di desa binaan Taeng ini belum benar cara pengucapan atau panjang pendeknya sesuai tajwid. Namun juga sudah ada beberap aanak yang sudah mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, walau masih banyak yang kurang mampu, tetapi Mahasiswa HMJ PAI terus berusaha melakukan pembinaan terkhusus kepada anak-anak yang kurang mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. 2). PeranMahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Qur’an, Mahasiswa HMJ PAI ini membimbing, mengajarkan ilmu tajwid, menggunakan metode iqro dari belum mampu membaca hingga mampu, di harapkan setelah mengikuti kegiatan belajar metode iqra di desa Binaan Taeng ini memiliki kemampuan mambaca Al-Qur’an sesuai tingkat IQ yang dimiliki. 3). Faktor pendukung dan penghambat Mahasiswa, adapun faktor pendukung ialah didukung oleh masyarakat, prod ijurusan dan sarana prasarana yang tersedia.kemudian faktor penghambatnya adalah kurangnya kemampuan anak-anak yang berbeda-beda dalam mempelajari Al-Qur’an,kerja sama orangtua yang tidak maksimal dalam memantau muroja’ah di rumah sehingga kurang lancar dan tertinggal targetnya dan kurangnya displin waktu Mahasiswa HMJ PAI dan perbedaan karakter anak-anak di desa binaan Taeng.
Kata kunci : Peran, kemampuan, Al-Qur’an
Full Text:
PDFReferences
Al-Qur’an Dan Terjemahan Kementrian Agama RI, 2019
Aulia, N., &Anggaraini, G. (2023).Deskripsi Toxic Parenting dan Pengaruh nya terhadap Kesehatan Mental menurut Mahasiswa Universitas X dalam Pandangan Islami. Islamic Education, 1(3), 456-464.
A.Fahurrozi,,& E.Mahyudi, (2009). Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI.
Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Pendekatan dan Praktik.( Jakarta: Bina Aksara 2007). h. 115
Aswandi; ALWIZAR, Alwizar. Belajar dan Mengajar dalam Perspektif Al-Qur’an. Hamalatul Qur'an: Jurnal Ilmu Ilmu Alqur'an, 2024, 5.2: 54-65.
A., Arlina, R., Anggraini, N., Maulana, A. A., & Rahmaini, S. (2021). Persepsi Mahasiswa Sebagai Calon Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Menghadapi Tantangan Era Digital (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pai Uin Sumatera Utara). Asatiza: Jurnal Pendidikan.
Barriyah, K. (2024). Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Qur’anAnak-anak Melalui Metode Demonstrasi. Ta'limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 350-362.
Cahyono Habib, peran mahasiswa di Masyarakat, Volume 1 (1) Oktober 2019
Fakultas Agama Islam, Panduan Penulisan Karya Ilmiah, (Cet-1 ; Universitas Muhammadiyah Makassar: 2019) , h. 12.
Hariyani, Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, (Cet-1; Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020), h.121.
Hasanah, U., Setia, S. D., Fatonah, I., & Deiniatur, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Qur’an Melalui Pengenalan Makhorijul Huruf Pada Anak Menggunakan Metode Sorogan. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 6(2).)
Hidayah, A. R., & Hanifiyah, F. (2022). Implementasi Program BTA (Baca Tulis Al Quran) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran Santri. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 109-125.
Marlina Elly, Risti Nabela, Hardiyanti Sindi, Peran Mahasiswa Dalam Pendidikan Dan Produktivitas Masyarakat Dimasa Pandemi Di Pedesaan Kabupaten Ciamis,Vol: I No: XII (November 2021).
Maharani Sri, Izzati, Pembelajaran Membaca menulis Al-Qur’an Anak Usia Dini,Volume 4 Nomor 2 Tahun 2020
Maharani Sri, Izzati, Pembelajaran Membaca menulis Al-Qur’an Anak Usia Dini,Volume 4 Nomor 2 Tahun 2020
Mahfud, A., & Al Ghazal, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Iqro di TPQ X Rengasdengklok Karawang. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 109-114.
Nur, I. R., & Aryani, R. (2022).Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra’pada Santriwan/Santriwati TPQ Nurussholihin Pamulang Kota Tangerang Selatan. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 2(3), 100-110.
Narbuko Cholid dan Ahmadi Abu, Metodologi Penelitian, (Cet. VIII; Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2007), h.70.
Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., &Wismanto, W. (2023).Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.
Nurhazizah, N., Ariza, H., &Nurfatmi, N. (2024).Peran Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Anak-anak yang Kesulitan Baca Tulis Al-Quran di SMP Negeri IV Koto. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 3(1), 29-33.
Nurhazizah, N., Ariza, H., &Nurfatmi, N. (2024).Peran Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Anak-anak yang Kesulitan Baca Tulis Al-Quran di SMP Negeri IV Koto. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 3(1), 29-33
Pranti, S. (2021). Problematika Membaca Al-Qur’an Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Di Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu (Doctoral Dissertation, UIN Fatmawati Sukarno
Riswanda, R., Zahra, N., Mausufi, N., NST, N. R., &Siregar, M. N. (2022). Peran mahasiswa KKN dalam mengurangi butaaksara Al-Qur’an di kelurahan Pulo Brayan kota. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 506.
Rezyika, I., & Alimni, A. (2023). Strategi Pembelajaran Tahfizh dalam Meningkatan Kemampuan Membaca, Menghafal dan Menulis Al-Qur’an dengan Menggunakan Media Buku Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) anak-anak kelas VIII Di MTsN 1 Kota Bengkulu. JIM: Jurnal Ilmiah MahasiswaPendidikan Sejarah, 8(2), 121-129.
Sukardi, Metodologi Penelitian Kompetensi dan Prakteknya (Cet.IV; Jakarta : Bumi Aksara,2007), h. 14
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan,(Bandung: Alfabeta. 2017) h. 307
Sudaryono, Metode Penelitian, (Cet.2; Depok: Raja Grafindo Persada, 2018), h.229.
Sulianti, A., Isyuniandri, D., Anjarwati, A., Ningrum, E. F. S., &Nisak, I. K. (2023).Sosialisasi Mahasiswa dalam Proses Penguatan Nilai-Nilai Pancasila di Lingkungan Masyarakat. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 134-141.
Subir, M. S. (2019). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Anak-anak SMP Model Al-Iatiqomah. Transformasi: Jurnal Studi Agama Islam, 12(2), 104-120 )
Saputra, A. (2023). Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Anak-anak Kelas VII SMP Amanah 1 Helvetia. JURNAL SYIAR-SYIAR, 3(2), 1-13.)
SAPUTRA, Aditia. Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Anak-anak Kelas VII SMP Amanah 1 Helvetia. JURNAL SYIAR-SYIAR, vol 3 hal 7-9)
Widiantoro, M. (2022). Peran TPQ Nurul Hidayah Dalam Memperbaiki Bacaan Qur’an Anak-Anak Di Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Muratara. TAZKIRAH, 7(2), 137-158.
Yuliawanti, A., & Rozak, P. (2020). Peran Guru TPQ Dalam Mengatasi Kesuliatan Membaca Al-Quran. Jurnal Ilmiah Promis, 1(1), 51-70
Refbacks
- There are currently no refbacks.