PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI BULLYING DI SDN 84 PAMMENTENGAN KABUPATEN MAROS

Alfadhila Alfadhila, Muhammad Ali bakri, Abdul Fattah

Abstract


Hasil yang diperoleh pada penelitian ini 1) Bentuk-bentuk bullying yang ada di SDN 84 Pammentengan terdapat dua jenis, yaitu bullying secara fisik dan nonfisik. Contoh bentuk bullying fisik yang dilakukan beberapa siswa seperti, memukul teman saat sedang belajar, dan contoh bullying non fisik mengejek atau mengolok-olok fisik temannya dengan sebutan “hitam-hitam, rambutnya keriting” dan lain-lain. Hal ini membuktikan bahwa sekolah tersebut masih saja terjadi kasus bullying yang harus dan perlu ditangani oleh para guru khususnya guru PAI. 2) Peran guru PAI dalam menangani perilaku bullying di SDN 84 Pammentengan sudah termasuk baik. Namun, beberapa siswa kurang dalam memahami peran-peran yang dilakukan guru PAI dalam menindak lanjuti penanganan perilaku bullying di sekolah tersebut. 3) Faktor pendukung dalam  menangani perilaku bullying di sekolah yaitu terjalinnya hubungan yang baik antara siswa dan para guru, khususnya dengan guru PAI. Dengan adanya metode menarik yang dilakukan guru PAI saat sedang belajar maka siswa-siswi akan lebih memahami nasehat yang disampaikan melalui materi pembelajaran yang diberikan di dalam kelas. Faktor penghambat dalam menangani perilaku bullying di sekolah yaitu para siswa yang susah menerima kritik dan saran dari para guru maupun pihak sekolah lainnya. Siswa-siswi mendapatkan pengaruh buruk dari lingkungannya, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah yang akibatnya di aplikasikanlah di lingkungan sekolah dan mengganggu ketenangan dan kenyamanan teman-temannya di sekolah.

 

Kata kunci : Guru Pendidikan Agama Islam, Perilaku Bullying


Full Text:

PDF

References


Adiyono, dkk. (2022) . Peran Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.

Ahira, Anne. (2012). Terminologi Kosa Kata, (Jakarta: Bumi Aksara)

Ahmadi , Abu.( 2015). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Arifin, M.(1996). Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: Bumi Aksara)

_____. (dalam Muh.Akib: 2021) Beberapa Pandangan Tentang Guru Sebagai Pendidik , Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam

Basrowi, Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Rineka Cipta,)

Darajat, Zakiah. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : PT. Bumi Aksara,.

Efendi , Ridwan, dkk.(2022). Upaya Guru PAI dalam Membina Akhlak Siswa SMP di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling.

Fadil , Khaidir. (2023). Peran Guru dalam Penanaman Sikap Anti Bullying dalam Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Firmansyah, Fitriawan Arif. (2021). Peran Guru dalam Penanganan dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Husna

Firmansyah, Mokh. Iman. (2019). Pendidikan Agama Islam Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam

Fitria, Lailatul. (2016). Upaya Guru Agama Islam dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar PAI pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 7 Kota Kediri. Tesis :IAIN Kediri

Fuad, Ihsan. (2005). Dasar- dasar Kependidikan, (Jakarta: Rineka Cipta,),

Hamzah, dkk. (2023). Bentuk Dan Faktor Penyebab Bullying: Studi Mengatasi Bullying Di Madrasah Aliyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti.

Prasetyo , Ahmad Baliyo Eko. (2011). Bullying di Sekolah dan Dampaknya bagi Masa Depan Anak . Jurnal Pendidikan I slam.

Undang-undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen


Refbacks

  • There are currently no refbacks.