PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 19 BULUKUMBA
Abstract
Muh. Irfan Syam: 1051191116319 “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 19 Bulukumba. Di bimbing oleh Ahmad Nasir dan Mursyid Fikri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran pendidikan agama islam (PAI), untuk mengetahui prestasi belajar siswa SMP Negeri 19 Bulukumba, untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama islam (PAI) dalam menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan metode visualisasi media grafis, audio dan proyeksi dalam meningkatakan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di sekolah SMP Negeri 19 Bulukumba berjalan efektif dilihat dari hasil wawancara guru dan murid yang menyatakan sangat setuju dengan adanya media pembelajaran ini. Dengan pemanfaatan media pembelajaran yang baik dan efektif maka akan menarik perhatian siswa, sehingga terhindar dari rasa bosan atau jenuh dan dapat mengembangkan kemampuan dirinya serta prestasi belajaranya, karena tidak membatasi keterbatasan indrea, ruang dan waktu. Terlebih lagi dengan adanya upaya guru dalam mengkreatifitasi fasilitas yang sekolah siapkan guna mendukung pengimplementasian metode visualisasi media di dalam ruangan. Dari penggunaan metode ini motivasi dan kreativitas siswa dalam belajar lebih baik, ditinjau dari hasil wawancara, dengan demikian secara struktur siswa lebih memperhatiakan proses pembelajaran dalam kelas dan nilai siswa akan naik secara signifikan.
Kata Kunci: Pendidikan, Metode Visualisasi, Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar Siswa dan Upaya Guru.
Full Text:
PDFReferences
Kementerian Agama RI, Al-Quran dan Terjemahannya
Elvira.” Faktor Penyebab Rendahnya kualitas Pendidikan dan Cara Mengatasinya”(IQRA, Vol,16, no. 02, (2021). hal.9-98.
Abdurrahman. (2001). “Pengelolaan Pengajaran” Cet. II Makassar: Bintang Selatan.
Abd. Rahman Getteng. (2005). “Pendidikan Islam di Sulawesi Selatan, Tinjauan Historis dan Tradisional Hingga Modern”, Cet. I Yogyakarta: Gina Guru.
Ahmadi, A., & Supriyono, W. “Psikologi Belajar”, Jakarta: Rineka Cipta (2011).
Ahmad Warson Munawwir, (2005). “Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia”. Cet, 3 Yokyakarta: Pondok Pesantren al-Munawwir.
Amin, Moh. (2002). “Pengantar Ilmu Pendidikan”, Cet. III Pasuruan: Garuda Buana Indah,
Arief S. Sadiman, Et, Al. (2011). Media Pendidikan, “Pengertian, Pengembangandan pemanfaatannya”. Cet. 15 Jakarta: Raja Grafindo Persada
Asnawir dan Basyiruddin Usman (2002), Media Pembelajaran, (Jakarta: Ciputat Press).
Brata, S. S. (1998). “Psikologi Pendidikan”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2009). “Kamus Besar Bahasa Indonesia”. Cet. IX Jakarta: Balai Pustaka.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). “Strategi Belajar Mengajar”, Cet. II Banjarmasin: Rineka Cipta.
E. Mulyasa. (2007). “Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan”, Cet. 3, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hadari Nawawi dan Martini Hadari. (2006). “Instrumen Penelitian Bidang Sosial”. Pontianak: Gajah Mada University Press.
Hamalik, Oemar, Media Pendidikan, (Bandung: Alumni, 1985).
Hassan Shadily, (2003). “Ensiklopedi Indonesia”. Cet. II Jakarta: Ikhtiar Baru Van-Hove.
https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/pma_16_10. Permenag No 16 Tahun 2010, diunduh di Makassar, Pada Tanggal 23 November (2022).
http://mahmuddin.wordpress.com/2008/03/19/kompetensi-pedagogik-guru indonesia/diakses pada 27 Mei 2012.
http://arsip.pontianakpost.com/berita/index.asp? Diakses tanggal 27 Mei 2012
Januszweski & Molenda, (2008) “Intrunctional Technology & Media For Learning”. New Jersey: prentice Hall.
John M. Echols dan Hasan Shadily, (2008) “An English-Indonesia Dorectory”, Cet. 26 Jakarta: Gramedia.
Joko Subagyo. (2011). “Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek”. Jakarta: Rineka Cipta.
Kemp, J. E. dan Dauton, D.K. (2001). “Planning and Producing Intrunctional Media (Fifth Editional)”. New York: Harper dan Row, publisher.
Lexy J. Moleong. (2011). “Metodologi Penelitian Kuantitatif”. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. (2004). “Paradigma Pendidikan Islam”, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. (2006). “Nuansa Baru Pendidikan Islam”, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Moh. Uzer Usman. (2003). “Menjadi Guru Profesional” Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhaimin, Paradigma. (2004). “Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama di Sekolah”, Cet. 3 Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mursyid dan Ferdinan (2017). “Peranan Manajemen Boarding School dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam”. Tarwabi, 2, no.1 Hal.43-52.
Pratini, S. (2005). “Psikologi Pendidikan”, Yogyakarta: Studing.
Purwanto, N. (1997). “Psikologi Pendidikan”, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Raharjo R. (2011). Desain Media: “Pengantar Pembuatan OHT”, Cet. III Jakarta: NUFFIC/- Depdikbud/AA.
Rasyid, H., & Mansur. (2007). “Penilaian Hasil Belajar”, Bandung: Wacana Prima.
Roestiyah NK. (2004). “Masalah-masalah Ilmu Keguruan”, Cet, IV Jakarta: Bina Aksara.
Sadiman, Et. Al. (2004). Media Pendidikan: “Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya”, Cet. V Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2010). “Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya”, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudarwan Danim. (2003). “Media Komunikasi Pendidikan, Pelayanan professional Pemb elajaran dan Mutu Hasil Belajar (Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi)”, Cet. II Jakarta: Bumi Aksara.
Sujana, N. (2005). “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar”, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. (2011). “Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”, Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2000). “Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi”, Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2008). “Strategi Belajar Mengajar”, Cetakan III Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, M. (2004). “Psikologi Belajar”, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Syaodih, R. N. (1996). “Perencanaan Pengajaran”, Jakarta: Renika Cipta.
Tim Penyusun. (2010). “Kamus Besar Bahasa Indonesia”, Cet.V; Jakarta: Balai Pustaka.
Tim Redaksi Fokus Media. (2008). “Himpunan Perundang-undangan tentang Standar Nasional Pendidikan”, Bandung: Fokus Media.
Undang-undang RI No. 14 Tahun 2005. (2006). “hal yang sama di sebutkan pula dalam Permenag RI. No 16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah pada pasal 16 ayat 2, 3, 4, 5, dan 6. Dalam peraturan Menteri Agama ini menambah satu jenis kompetensi yakni kompetensi Kepemimpinan”, Cet. I Pustaka Yustisia.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. (2006). “tentang Guru dan Dosen”, Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Phil dan Rice. (1999) “Meraih Prestasi Puncak Akademis”, Jakarta: Kelompok Gramedia.
Wahab, R. (2015). “Psikologi Belajar” Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wina Sanjaya, op. cit. (2013). “Penelitian Pendidikan”, Kencana prenada media group, Bandung.
Widyahening, C. E. “Penggunaan Teknik Pembelajaran Fishbone Diagram Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa”, (2018). Diunduh 22/11/22, dari Jurnal Komunikasi Pendidikan: http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/k omdik/article/view/59
Zakiah Daradjat. (2005). “Ilmu Jiwa Agama”, Jakarta: Bulan Bintang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.