MODEL PEMBELAJARAN KREATIF LITERASI ISLAM MENUJU SEKOLAH UNGGULAN DI SMA NEGERI 2 KAROSSA KABUPATEN MAMUJU TENGAH

Subuki Subuki, Ali Bakri, Nurhidayah Muchtar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mengetahui konsep sekolah unggulan di SMA Negeri 2 Karossa, untuk mengetahui model pembelajaran kreatif literasi islam di SMA Negeri 2 Karossa, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kreatif literasi islam menuju sekolah unggulan di SMA Negeri 2 Karossa. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dan sumber data, data primer, data sekunder. Teknik pengumpulan data, teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa    1) Konsep sekolah unggulan yang ada di SMAN 2 Karossa yaitu, bagaimana menciptakan pembelajaran yang efektif dan untuk memenuhi semua itu di perlukan beberapa penopang sebagai berikut: Sumber dana dan anggaran yang memadai, tenaga pengajar yang memadai dan profesional, sarana dan prasarana yang memadai, memperkaya kurikulum, dan lingkungan belajar yang kondusif. 2) Model pembleajaran kreatif literasi Islam di SMAN 2 Karossa diantaranya: Discovery Learning, Problem Based Learning (PBL), pemanfaatan media pembelajaran islami, diskusi khalaqoh, dan bimbingan baca Al-Qur’an, metode tahsin (dirosa). 3) Faktor pendukung pembelajaran kreatif literasi Islam di SMAN 2 Karossa adanya fasilitas media elektronik maupun non elktronik. Faktor penghambat, kurangnya minat siswa dalam belajar khususnya membaca, kurangnya kuota internet, dan kurangnya tenaga pengajar pendidikan agama Islam.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kreatif, SMA Negeri 2 Karossa, Sekolah Unggulan


Full Text:

PDF

References


Haryanto, 2012: dalam artikel “pengertian pendidikan menurut para akhli http://belajarpsikologi.com/pengertian pendidikan-menurut-ahli/ diakes pada tanggal 9 april 201

Abas Asyafah Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam) 1mei 2019

Mohammad Syarif Sumatri, Strategi Pembelajaran Teori dan praktik di Tingkat Pendidikan Dasar, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015), hal.31

Paul Eggen dan Don Kauchak, Strategi dan Model Pembelajaran, (Jakarta: PT Indeks,2012), hal.7

Anonim (2007) ModelPembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Dit. Ketenagaan Dikti Depdiknas: Jakarta.

Hamzah B. Uno (2007) Model Pembelajaran: menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Bumi Aksara: Jakarta

Hernowo, Belajar Akan Efektif Kalau Anda Dalam . fun, Terj. Word Translation Service, (Bandung: Kaifa, 2002), hlm.9.

Florence Beetlestone, Creative Learning: ; Strategi Pembelajaran Untuk MelestrikanKreatifitas Siswa, (Bandung: Nusa Media, 2013), hlm. 3.

Balitbang, Kreativitas Pembelajaran di Jenjang Dikdas, (Jakarta: Balitbang Depdiknas, 2007), hlm. 14.

Feri Sulianta, “Literasi digital, Riset, Perkembanganya & Perspektif Social Studiens” (Bandung:Feri Sulianta, 2020), hlm. 58

Lisnawati Ruhaena, Proses Pencapaian Kemampuan Literasi Dasar Anak Prasekolah danDukungan Faktor-faktor Dalam Keluarga (Disertasi: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013). Hlm, 9

Kundharu Saddhono & St. Y. Slamet, Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Bandung: Karya Putra Darwati, 2012), 96.

Gerakan Literasi Nasional, Materi Pendukung Literasi Baca Tulis (Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017), 5

Ali Romdhoni, Dakwah dan Tradisi Literasi Di Pondok Pesantren: Studi Kasus Di Pondok Pesantren al-Anwar, Sarang Jawa Tengah (Jurnal Bimas Islma Vol.9. No.1 2016), 117-142. Diakses pada Tanggal 23 September 2019.

Mike Schmoker, Menjadi Guru yang Efektif: Bagaimana Mencapai Pengembangan BaruMelalui Membaca dan Menulis, Terjemah Devri Barnadi Putera (Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 2012), 54

Isma Wakhidatul Amroh, Yunita Noorfitriana, Peran Literasi Orang Tua DalamPerkembangan Anak (Universitas Negri Malang: bibliotika, Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 2017),24

Darmaningtyas, Pendidikan Yang Memiskinkan (Yogyakarta: Galang Press, 2004).

T. Cholik Mutohir, Wawasan Keunggulan dalam Konteks Pengembangan SekolahUnggulan ( Surabaya:IKIP, 1997)

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi ke26.Alfabeta. Bandung. Indones

Fakultas Agama Islam.2019 Panduan Penulisan Karya Ilmiah, Makassar https//lecture.id/arti-memperkuat/diakses pada Minggu 21 Februari pukul,21.00

http://skripsimahasiswa.blogspot.com/2009/11/menentukan-sumber-data.html

(3desember 2020

https://www.pgri.sch.id/2021/09/18/apa-aja-sih-konsep-sekolah-unggulan/

Https://www.kompasiana.com/putrilatifa/61ea227b4b660d3eec42d402/pentingnya-literasi-di-sekolah

https://lpmpsulbar.kemdikbud.go.id/2021/10/26/lpmp-provinsi-sulawesi-barat-gelar-pendampingan-implementasi-mitigasi-resiko-phbs-literasi-dan-numerasi/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.