Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Murid Di SD Inpres Bontomarinra Kec. Bontonompo

Syaza Syafirah Mahmud, Wahdaniyah Wahdaniyah, Mursyid Fikri

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kegiatan mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 di SD Inpres Bontomarinra Kec. Bontonompo. Untuk mengetahui motivasi belajar murid di SD Inpres Bontomarinra Kec. Bontonompo. Untuk mengetahui peran mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 dalam meningkatkan motivasi belajar murid di SD Inpres Bontomarinra Kec. Bontonompo. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sedangkan yang menjadi objek penelitian pada penelitian ini adalah mahasiswa kampus mengajar angkatan 3, guru, dan siswa di SD Inpres Bontomarinra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) bentuk-bentuk kegiatan mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 di SD Inpres Bontomarinra yaitu Mengajar (membantu proses pembelajaran), adaptasi teknologi, administrasi sekolah dan guru, pesantren kilat dan lomba anak islami dan workshop. 2) Motivasi belajar murid di SD Inpres Bontomarinra semakin meningkat. Indikator yang menunjukkan bahwa murid mempunyai motivasi belajar yang meningkat yaitu semangat murid dalam belajar, tekun menghadapi tugas, dan ada keinginan dan harapan untuk masa depan. 3) Peran mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 dalam meningkatkan motivasi belajar murid di SD Inpres Bontomarinra Kec. Bontonompo yaitu menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan, menjadikan murid aktif dalam kegiatan belajar, menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi serta memberikan penghargaan.

 

Kata Kunci: Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3; Peningkatan Motivasi Belajar

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Qur’an dan terjemahannya

A.M. Sardiman, 2006. Aksi & Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Raja Grafindo)

Anwar, Rosyida Nurul, (2021). ‘Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 WProgram Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan.

Apriliyani, Neng Virly, Denny Hernawan, Irma Purnamasari, Gotfridus Goris, Berry Sastrawan, Administrasi Publik, and others, (2022). ‘Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka’, Jurnal Governansi.

Asdiniah, Euis Nur Amanah, and Anggraeni Dinie Dewi, (2021). ‘Urgensi Merdeka Belajar : Tanggapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru’, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.

Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, 2020. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI, (Cet. Ke-1)

Darmaningtyas. 2004. Pendidikan yang memiskinkan. Yogyakarta: Penerbit Galang Press.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2010. (Jakarta: Balai Pustaka)

Ekowati, Dyah Worowirastri, and Beti Istanti Suwandayani, 2019. Literasi Numerasi Untuk Sekolah Dasar (Malang: UMM Pres)

Fadli, Nafis Abqori, et al. (2022). "Kebijakan Progam Kampus Mengajar: Antara Cita Dan Fakta." Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.

Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, and Dkk, 2020. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif (Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Hartini Nara dan Eveline Siregar, 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Penerbitan Ghalia Indonesia.

Hikmawati, Fenti, 2017. Metodologi Penelitian (Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Iriawan, Sandi Budi, and Asep Saefudin, 2021. Buku Saku Utama Aktivitas Mahasiswa Program Kampus Mengajar, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Islamuddin, Haryu. 2012. Psikologi Pendidikan. Cet.I. Pustaka Pelajar.

Narwoko, J. Dwi, and Bagong Suyanto, 2004. Sosiologi Teks Pengantar Dan Terapan (Jakarta: Prenada Media)

Moleong Lexy, 2007, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Muhammad Rifa’I. and Subhi A’la, Rofiqul, (2016). “Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa.” Madaniyah.

Mulyasa, 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung: Remaja Rosdakarya)

Nasional, D. P. (2019). Kamus besar bahasa Indonesia.

Perdana, Ryzal, and Meidawati Suswandari, (2021). ‘Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar’, Absis: Mathematics Education Journal.

Rusminiati. 2014. Sosio Antropologi Pendidikan: Suatu Kajian Multicultural. Malang: Penerbit Gunung Samudera.

Santoso, Heri Dwi, Diana Puspita Sari, Apriliana Dian Fadilla, Faidah Fitri Utami, Fitria Pangesti Rahayu, Della Chamelia Sari, and others, (2022). ‘Asistensi Mengajar, Adaptasi Teknologi, Dan Administrasi Dalam Program Kampus Mengajar’, Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri.

Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siti Suprihatin, (2015). "Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa." Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro.

Soekanto, Soerjono, 2000. Sosiologi Suatu Pengantar (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada)

Suliswiyadi, 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Konsep Dan Aplikasi) (Yogyakarta: CV. Sigma)

Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Alfabeta CV)

Tobing, Erwin, Junaedi, and Dkk, 2022. Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan. Cet. V, Jakarta: Asdi Mahasatya.

Wina Sanjaya. 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.