Analisis Dampak Globalisasi Sebagai Dasar Penentuan Arah Kebijakan Pendidikan di Sekolah

Sri Nanti, Fadriati Fadriati

Abstract


Abstrak. Menghadapi era globalisasi sekolah sebagai penyelengara pendidikan dipandang perlu merumuskan kebijakan pendidikan agar proses pendidikan yang dilakukan tetap relevan dan mampu menjawab kebutuhan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana sebuah lembaga pendidikan menentukan arah kebijakan pendidikannya sebagai sebuah respon terhadap kehadiran era globalisasi. penelitian ini adalah deskriptif kualitatif atau dengan metode studi library research yang dikembangkan berdasarkan hasil pengamatan di lapangan. Hasil dari kajian ini menyimpulkan bahwa Kebijakan pendidikan dalam sebuah lembaga pendidikan dapat menjadi titik awal untuk memulai langkah pembaharuan. Kebijakan pendidikan sejatinya lebih komprehensif serta tepat guna sehingga benar-benar efektif untuk dilaksanakan.

 


Keywords


Globalisasi; Kebijakan; Pendidikan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 93–116. https://doi.org/10.32533/03105.2019

Hasan, M. I. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian. Ghalia Indonesia.

Karunia Vanya. (2022). /https://www.kompas.com/dampak-positif-dan-negatif-globalisasi-di-bidang-pendidikan?page=all.

Muhdi.S , Kastawi. N.S, W. . (2017). Teknik Pengambilan Keputusan Dalam Menentukan Model Manajemen Pendidikan Menengah. Manajemen Pendidikan, 4(2), 135–145.

Muslam, H. (2011). Globalisasi dalam Pendidikan (Desain Kurikumum yang Harus Dikembangkan Dalam Pendidikan di Era Globalisasi). Wahana Akademika, 12(3), 4–12.

Oktavia, L. S., Nurhidayati, N., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan pendidikan: kerangka, proses dan strategi. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 95. https://doi.org/10.29210/3003909000

Pawero, A. M. D. (2021). Arah Baru Perencanaan Pendidikan dan Implikasinya Terhadap Kebijakan Pendidikan. Dirasah (Jurnal Study Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam), 4(1), 24. http://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah/article/view/177

Rahmawaty, PeniSi, M., Respati, D., Sumunar, S., & Si, M. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL Prosiding Seminar Nasional. LPP Mandala, 2(January), 978–979.

Subayil. (2020). Kebijakan Pendidikan Di Era Globalisasi. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 23(1), 30–44. https://doi.org/10.24853/ma.3.

Suharsimi, A. (2002). Prosedur Penenltian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Sulindawati, N. L. G. E. (2018). Analisis Unsur-Unsur Pendidikan Masa Lalu Sebagai Dasar Penentuan Arah Kebijakan Pembelajaran Pada Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(1), 51–60. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i1.14363

Sya’bani, M. A. Y. (2017). Kebijakan Pendidikan Di Era Globalisasi. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 23(1), 30–44.

Tektona, R. I. (2022). Kebijakan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Era Disrupsi Globalisasi. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 6(1), 73. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2022.006.01.6

Tilaar, H. A. R. (2009). Kekuasaan dan Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta

Wirasasmita, R., & Hendriawan, E. (2020). Implementasi Model Pendidikan Masyarakat pada Era Globalisasi. Mimbar Pendidikan, 5(2), 161–176. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i2.28873




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.9667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya