Analisis Dampak Globalisasi Sebagai Dasar Penentuan Arah Kebijakan Pendidikan di Sekolah
Abstract
Abstrak. Menghadapi era globalisasi sekolah sebagai penyelengara pendidikan dipandang perlu merumuskan kebijakan pendidikan agar proses pendidikan yang dilakukan tetap relevan dan mampu menjawab kebutuhan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana sebuah lembaga pendidikan menentukan arah kebijakan pendidikannya sebagai sebuah respon terhadap kehadiran era globalisasi. penelitian ini adalah deskriptif kualitatif atau dengan metode studi library research yang dikembangkan berdasarkan hasil pengamatan di lapangan. Hasil dari kajian ini menyimpulkan bahwa Kebijakan pendidikan dalam sebuah lembaga pendidikan dapat menjadi titik awal untuk memulai langkah pembaharuan. Kebijakan pendidikan sejatinya lebih komprehensif serta tepat guna sehingga benar-benar efektif untuk dilaksanakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 93–116. https://doi.org/10.32533/03105.2019
Hasan, M. I. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian. Ghalia Indonesia.
Karunia Vanya. (2022). /https://www.kompas.com/dampak-positif-dan-negatif-globalisasi-di-bidang-pendidikan?page=all.
Muhdi.S , Kastawi. N.S, W. . (2017). Teknik Pengambilan Keputusan Dalam Menentukan Model Manajemen Pendidikan Menengah. Manajemen Pendidikan, 4(2), 135–145.
Muslam, H. (2011). Globalisasi dalam Pendidikan (Desain Kurikumum yang Harus Dikembangkan Dalam Pendidikan di Era Globalisasi). Wahana Akademika, 12(3), 4–12.
Oktavia, L. S., Nurhidayati, N., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan pendidikan: kerangka, proses dan strategi. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 95. https://doi.org/10.29210/3003909000
Pawero, A. M. D. (2021). Arah Baru Perencanaan Pendidikan dan Implikasinya Terhadap Kebijakan Pendidikan. Dirasah (Jurnal Study Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam), 4(1), 24. http://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah/article/view/177
Rahmawaty, PeniSi, M., Respati, D., Sumunar, S., & Si, M. (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL Prosiding Seminar Nasional. LPP Mandala, 2(January), 978–979.
Subayil. (2020). Kebijakan Pendidikan Di Era Globalisasi. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 23(1), 30–44. https://doi.org/10.24853/ma.3.
Suharsimi, A. (2002). Prosedur Penenltian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Sulindawati, N. L. G. E. (2018). Analisis Unsur-Unsur Pendidikan Masa Lalu Sebagai Dasar Penentuan Arah Kebijakan Pembelajaran Pada Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(1), 51–60. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i1.14363
Sya’bani, M. A. Y. (2017). Kebijakan Pendidikan Di Era Globalisasi. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 23(1), 30–44.
Tektona, R. I. (2022). Kebijakan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Era Disrupsi Globalisasi. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 6(1), 73. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2022.006.01.6
Tilaar, H. A. R. (2009). Kekuasaan dan Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta
Wirasasmita, R., & Hendriawan, E. (2020). Implementasi Model Pendidikan Masyarakat pada Era Globalisasi. Mimbar Pendidikan, 5(2), 161–176. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i2.28873
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.9667
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .