Pemanfaatan Fitur Whiteboard pada Aplikasi Zoom Sebagai Sarana Pembelajaran Latihan Menulis Huruf Hiragana di Akpar BSI Bandung

Willma Fauzzia, Rina Dwi Handayani

Abstract


Abstrak.Huruf Jepang yang pertama kali harus dikuasai adalah hiragana, tiap huruf memiliki tata cara urutan penulisannya tersendiri. Salah satu faktor penghambat penguasaan huruf Jepang di masa pandemi ini yaitu para peserta didik tidak bisa melihat langsung bagaimana tata cara penulisan huruf tersebut. Banyak peserta didik hanya sekedarnya dalam menuliskan huruf hiragana, tanpa memperhatikan tata cara penulisannya. Media yang digunakan dalam pembelajaran hiragana secara daring adalah fitur whiteboard yang terdapat dalam aplikasi zoom meeting. Fitur ini adalah sebuah papan tulis digital yang dapat dimanfaatkan untuk membuat coretan, tulisan hingga gambar. Dengan fitur ini pengajar dapat mencontohkan tata cara penulisan huruf hiragana dengan menuliskannya di whiteboard, lalu peserta didik pun bisa ikut mencoba menuliskan huruf tersebut. Hasil dari penelitian ini mendapatkan respon yang positif dari para mahasiswa. Dengan fitur ini mahasiswa dapat mengetahui tata cara dan urutan penulisan huruf hiragana secara langsung, selain itu mahasiswa juga dapat berlatih menulis huruf hiragana di fitur whiteboard lalu bila terdapat kesalahan dalam penulisan huruf hiragana, dosen bisa langsung mengoreksi karena antara mahasiswa dan dosen terjadi interaksi dua arah saat pembelajaran.

Keywords


Huruf Hiragana; Pembelajaran Daring, Fitur Whiteboard

Full Text:

PDF

References


Archibald, M. M., Ambagtsheer, R. C., Casey, M. G., & Lawless, M. (2019). Using Zoom Videoconferencing for Qualitative Data Collection: Perceptions and Experiences of Researchers and Participants. Https://Doi.Org/10.1177/1609406919874596, 18. https://doi.org/10.1177/1609406919874596

Chik, A., & Benson, P. (2021). Commentary: Digital language and learning in the time of coronavirus. Linguistics and Education, 62. https://doi.org/10.1016/J.LINGED.2020.100873

Ely Satiyasih Rosali. (2020). Aktivitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE), Vol.1 No 1(1), 22. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/article/view/1921

Espino-Díaz, L., Fernandez-Caminero, G., Hernandez-Lloret, C. M., Gonzalez-Gonzalez, H., & Alvarez-Castillo, J. L. (2020). Analyzing the impact of COVID-19 on education professionals. Toward a paradigm shift: ICT and neuroeducation as a binomial of action. Sustainability (Switzerland), 12(14), 5646. https://doi.org/10.3390/su12145646

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 95–104. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866

Kadek, N., Utami, Y., Ds, M., Gema, N., & Persada, E. (2022). FITUR DESAIN PADA APLIKASI ZOOM SEBAGAI PENDUKUNG KONSULTAN ARSITEKTUR DI ERA PANDEMI. Jurnal Anala, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.46650/ANALA.10.1.1195.1-8

MacIntyre, P. D., Gregersen, T., & Mercer, S. (2020). Language teachers’ coping strategies during the Covid-19 conversion to online teaching: Correlations with stress, wellbeing and negative emotions. System, 94, 102352. https://doi.org/10.1016/J.SYSTEM.2020.102352

Mulyana, T. O. E. (2020). FAKTOR KESULITAN BELAJAR MENULIS HURUF HIRAGANA PADA SISWA KELAS X SMA LABSCHOOL SURABAYA TAHUN AJARAN 2019/2020 | Hikari. Hikari, 1(4), 61–67. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/kejepangan-unesa/article/view/33865

Setiawati, N. (2020). Pembelajaran Kanji II di Masa Pandemi Covid-19 dengan Bantuan Media Edmodo. Janaru Saja: Jurnal Program Studi Sastra Jepang, 9(November), 13–27. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/janarusaja/article/download/3565/2148

Wijayanti, A. A. R., & Poetranto, I. W. D. (2021). Chi ’ e : Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang. CHIE: Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 9(1), 54–61.

Zoom Communication Inc. (2016). Security Guide. https://d24cgw3uvb9a9h.cloudfront.net/static/81625/doc/Zoom-Security-White-Paper.pdf




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i1.9385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya