Implementasi Program Sekolah Adiwiyata dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa di SD Muhammadiyah Nitikan

Ihsan Hermawan, Fitri Nur Mahmudah

Abstract


Program Adiwiyata di sekolah ditujukan untuk peningkatan karakter peduli lingkungan anak-anak dan remaja lewat pihak sekolah. Kurangnya sikap peduli lingkungan pada siswa dikarenakan salah satunya belum maksimalnya penggunaan sarana prasarana di sekolah dan tidak adanya sanksi yang diberikan oleh sekolah jika melanggar peraturan. Untuk itu memang sarana juga peraturan yang ada penting sekali untuk diperhatikan dalam kegiatan dan pemaksimalan Program Sekolah Adiwiyata ini. Dengan adanya program Adiwiyata ini sekolah mempunyai pandangan bagaimana memaksimalkan peningkatan karakter peduli lingkungan siswa. Dengan penumbuhan sikap karakter peduli lingkungan pada peserta didik disekolah diharapkan mampu membentuk insan yang mempunyai karakter peduli lingkungan, sehingga kedepannya lingkungan sekolah, masyarakat maupun di lingkungan keluarga nyaman dan kondusif untuk kegiatan dan aktivitas sehari-hari. Penelitian ini dilakukan dengan kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian ada di SD Muhammadiyah Nitikan karena baru saja melaksanakan Program Adiwiyata di tingkat Provinsi.

Keywords


Adiwiyata; Character; Environmental Care

Full Text:

PDF

References


Aisyah. (2019). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Akhwani, A. (2019). Strategy of Digital Etiquette Education of Elementary School Students. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 3(2), 43. https://doi.org/10.22460/pej.v3i2.1378

Ambarawati, N. L. G., Arthana, W., & Suarna, I. W. (2016). Tingkat Kenyamanan Lingkungan Belajar Sekolah Menengah Atas (Sma) Negeri Di Kota Denpasar. ECOTROPHIC : Jurnal Ilmu Lingkungan (Journal of Environmental Science), 10(1), 22. https://doi.org/10.24843/ejes.2016.v10.i01.p04

Ardi Novan Wiyani. (2013). Manajemen Kelas. Ar-Ruzz Media.

Bahrudin, M. D. F. (2017). Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1), Hal. 25-37. https://ejournal.upi.edu/index.php/gea/article/download/5954/4719. Diunduh 14 Oktober 2021

Basri. (2017). Manajemen Kepala Sekolah dalam mewujudkan Sekolah. Al Fikrah, 5.

Budiman, A. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Adiwiyata Nasional di SD Negeri 18 Pekanbaru AKSARA : Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal pendidikan adalah pembentukan Sekolah Adiwiyata . Program Adiwiyata adalah salah terciptanya pengetahuan dan kesada. 08(January), 87–100.

Daryanto. Dan Suprihatin, A. (2013). Pengantar Pendidikan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Gava Media. Penerbit Gaya Media.

Herlina, R. (2021). Implementasi Program Adiwiyata terhadap Penanaman Sikap Peduli Siswa pada Lingkungan Di SMK Negeri 1 Jaro. Jurnal Langsat, 8(1), 38–41. https://rumahjurnal.net/langsat/article/view/1040

Hidayah, N., & Ahyani, H. (2021). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Budaya Sekolah Di Era Revolusi Industri 4.0. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan …, III(1), 46–70. https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/1681%0Ahttps://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/download/1681/738

Landriany, E. (2014). Implementasi Kebijakan Adiwiyata Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2, 82–88.

Meyzilia, A. (2015). Hubungan antara Keterlibatan siswa pada Program Adiwiyata dengan Partisipasi Siswa dalam Pengelolaan Lingkungan Tempat Tinggal. Universitas Negeri Semarang.

Multisitus, S., Sdn, D. I., Malang, P., Sdn, D. A. N., & Malang, P. (2020). Dalam Program Sekolah Adiwiyata Mandiri Public Participation in Adiwiyata Mandiri School Program ( Multi Site Study At Sdn Pandanwangi 1 Malang and Sdn Purwantoro 1 Malang ). 1–22.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.

Naziyah, S., Akhwani, Nafiah, & Hartatik, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Nuraeni. (2021). Adiwiyata Implementation in Attempts to Create Environmental Education at Barrang Lompo Elementary School. Universitas Muhammadiyah Makasar.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94–101.

Prihatin, E. (2011). Manajemen Peserta Didik. Alfabeta.

Rahmat, N. (2010). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa melalui Guru Kelas di SD N 3 Rejosari Kabupaten Oku Timur. 2(2), 156–173.

Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150

Setiyowati, L. E. (2017). Pemberdayaan Guru Menuju Sekolah Adiwiyata di SD Negeri Sine 1 Sragen. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Simarmata, B., Daulae, A. H., & Raihana, R. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan Lingkungan Hidup dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(4), 204–210. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i4.10584

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757

WIDYANTO, P. (2020). Satya Sastraharing Vol 04 No. 02 Tahun 2020 https://ejournal.iahntp.ac.id/index.php/Satya-Sastraharing. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i1.9254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya