Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD Filadelfia Pemangkat

Gressy Gressy, Mertika Mertika, Dewi Mariana

Abstract


Tujuan penelitian ini; Untuk mendeskripsikan bimbingan orang tua, prestasi belajar siswa, dan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bimbingan belajar orang tua yang dilambangkan dengan (X), sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa yang dilambangkan dengan (Y). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian ex-post facto. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau angket dengan menggunakan skala likert dan lembar hasil prestasi belajar siswa yang diambil dari rapor siswa. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa; hubungan bimbingan belajar yang baik dari orang tua maka prestasi belajar yang diperoleh siswa juga akan baik dan sesuai dengan yang diharapkan, dan semakin baik bimbingan orang tua terhadap siswa maka semakin baik pula prestasi belajar siswa tersebut. Sebaliknya jika bimbingan orang tua menurun maka prestasi belajar siswa juga akan menurun.

 


Keywords


Bimbingan Orang Tua; Prestasi Belajar Siswa.

Full Text:

PDF PDF

References


Amelia, Nur. (2017). Pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD INPRES BATANGKALUKU Kabupaten Gowa. Makassar.2017.

Darwis Dasopang, Muhammad. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal kajian ilmu-ilmu keislaman, Vol 3 No.2,334.

Elvira, Bella. (2019). Peran bimbingan orang tua terhadap disiplin belajar siswa. Jurnal pendidikan dan pengajaran guru sekolah dasar. Vol 2 No.2,2019.

Hendrika Ramopoly, Irene. (2020). Pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar IPA Siswa kelas IV SDN 116 Rante Kasimpo Kelas Jauh Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. Elementary Journal.2(2).18-23.

Ismail, Julia. (2021). Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui bimbingan orang tua di rumah. Jurnal ilmiah wahana pendidikan, Vol 7 No.1,249.

Jayusman, Iyus. (2020). Studi deskriptif kuantitatif tentang aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran edmodo dalam pembelajaran sejarah. Jurnal artefak, Vol 7 No.1.

Puspoarum, Mutiarasati. (2014). Pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas III SDN 3 Winong Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali Tahun pelajaran 2013/2014. Surakarta.

Priyono, Aris Muhammad. (2017). Pengaruh motivasi belajar, minat belajar, dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal pendidikan akuntansi Indonesia, Vol 15 No.2,2017.

Subakti, Hani. (2021). Pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas tinggi di sekolah dasar. Jurnal Basiceda Vol 5 No.1.2021.

Sugiyono. (2016). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta

Schober Patrick (2018). Koofisien korelasi. Vol. 126.2018

Suwandi, Edi (2019). Analisis tingkat kepuasan menggunakan skala likert pada layanan speedy yang bermigrasi ke indihome. 2019.

Wahyudin,Mokhamad. (2018).Pengaruh intensitas bimbingan orang tua dan sarana prasarana terhadap motivasi belajar siswa serta implikasinya pada prestasi belajar siswa. Jurnal kajian pendidikan ekonomi dan ilmu ekonomi, Vol 2,111.

Walid, Ahmad. (2019). Pengaruh rasa percaya diri terhadap motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran IPA.

Wanda Ratnasari, Ika. (2017). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Psikoborneo, Vol 5 No.2,291




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i1.9175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya