Keefektifan Metode Guessing Game Berbasis Case Method Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Smp Negeri 12 Palu

Ibmasiah Wardatun Islamiyah, Gusti Ketut Alit Suputra, Sitti Harisah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode guessing game berbasis case method terhadap keterampilan berbicara siswa SMP Negeri 12 Palu. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan dalam tahapan siklus, meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX berjumlah 47 siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik menggunakan metode guessing game menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam belajar. Pada siklus ini, aktivitas belajar siswa dengan kriteria sangat baik, dengan hasil yang dicapai 89,42%. 


Keywords


Metode; Guessing Game; Case Method; Keterampilan Berbicara.

Full Text:

PDF

References


Amiruddin, Nirmawati. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Diskusi Siswa Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 12 Makassar. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Arikunto,S. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VI.Jakarta: Rineka Cipta.

Dea, Khaerunnisa. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Penerapan Metode kooperatif Debate Siswa Kelas X Ipa SMA Negeri 2 Wajo.Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Disdik, Purwakarta. (2019). Metode Guessing Game dalam Pembelajaran Descriptive Text Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa.

Eriyanti, Ribut Wahyu. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Interaktif Bagi Mahasiswa, Kembara: Jurnal keilmuan Bahasa Sastra dan pengajarannya.

Gustiningsih, Yulia. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Penerapan Model Pembelajaran Debat Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V B SDN 19 Kota Bengkulu.

Khadijayanti Saputri, Sitti. (2020). Peningkatan Kemampuan Berbicara Dalam Pembelajaran Teks Deskripsi Dengan Menggunakan Metode Guessing Game Pada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 12 Makassar.

Mulyana, Deddy. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyati Yeti, dkk. (2017). Buku Bahasa Indonesia: Universitas terbuka.

Muslimin. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Timetoken (Tito) Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Limbung. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Mutmainah, Siti. (2011). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kasus yang Berpusat Pada Mahasiswa terhadap efektivitas Pembelajaran Akuntansi Keperilakuan. Simposium Nasional Akuntansi

Pulukadang, Wiwy, Triyanty. (2022). Meningkatkan Kemampuan Siswa Mengucapkan Alphabet Bahasa Inggris Melalui Model Talking Stick di Kelas I SDN 5 Tilango Kabupaten Gorontalo. Ideas Publishing. 8 (2), DOI: 10.32884/ideas.v8i2.810. Gorontalo.

Qomaruddin, Moh. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Teknik Bermain Peran Pada Siswa Kelas V MI Negeri Kudus Tahun Ajaran 2007/2008.

Sanjaya, Wina. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Wahyuningsih, Sri. (2013). Metode penelitian studi kasus. Madura: UTM Press.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya