Motivasi Perempuan Bekerja Sebagai Buruh Tani (Studi Buruh Tani Pada Pengusaha Tanaman Cabai Besar dan tomat di Desa Yosomulyo, Kabupaten Banyuwangi)

Ari Widiyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi perempuan bekerja sebagai buruh tani pada pengusaha tanaman cabai besar dan tomat di Desa Yosomulyo, Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan prosedur purposive yaitu orang yang terlibat langsung dalam penelitian, dalam hal ini adalah buruh tani perempuan yang bekerja pada pengusaha tanaman cabai besar dan tomat. Hasil penelitian menunjukan motivasi para perempuan menjadi buruh tani karena tiga motif yaitu motif intrinsik, motif ekstrinsik, dan motif religiusitas. Motif intrinsic yaitu karena masalah ekonomi, Pendidikan yang rendah, dan usia yang tidak lagi muda. Motif ekstrinsik karena lingkungan dan kenyamanan dalam bekerja yang terdiri dari gaji, kebijakan, hubungan kerja, dan pengawasan. Selanjutnya motif religiusitas disebabkan bekerja untuk mendapatkan pahala dan memperoleh ridha dari Allah.


Keywords


Motivasi; Perempuan; Buruh tani

Full Text:

PDF

References


Djamal, M. (2015). Paradigma Penelitian Kualitatif (Revisi). Pustaka Pelajar.

Kabupaten Banyuwangi, B. P. S. (2022). Berita Resmi Statistik. Badan Pusat Statistik Banyuwangi. https://banyuwangikab.bps.go.id/

Maulana, F., Hamid, D., & Mayoan, Y. (2015). Pengaruh Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank BTN Kantor Cabang Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 22, 1.

Silvia, M., & Andriani, R. (2019). Motivasi Bekerja Pada Buruh Tani Tebu Perempuan. Jurnal Sosial Humaniora, 10, 1.

Susanti, H., & Sismudjianto. (2015). Fungsi Ikatan Persaudaraan Muslim SOCFINDO (IPMS) Dalam Membangun Hubungan Sosial Dengan Masyarakat Sekitar. Perspektif Sosiologi, 3(1).

Syahyiuti, syahyuti, & pasaribu, sahat. (2021, January). Peran Petani Perempuan pada Masa Pandemi covid-19. https://pse.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/covid-19/berita-covid19/675-peran-petani-perempuan-pada-masa-pandemi-covid-19#!/ccomment

Utaminingsih, A. (2017). Gender dan Wanita Karir. UB Press.

Wantini, & Kurniati. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Wanita Bekerja Sebagai Buruh Pabrik Garmen Di PT Ameya Living Style Indonesia. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, III(No. I).




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.7709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya