Pendidikan Seks Sejak Dini Menurut Abdullāh Naşih ‘Ulwan (Analisis Psikologis dan Sosiologis)

Mokhamad Miptakhul Ulum

Abstract


Masalah seksual yang terjadi pada remaja dapat menjerumuskan masa depannya ke arus yang sesat. Penyebabnya adalah keterbatasan pengetahuan mereka tentang seks. Para pendidik menghimbau agar siswa di sekolah sedini mungkin diberikan pengenalan tentang pentingnya pendidikan seksual. Pendidikan seks merupakan salah satu bidang studi penting dimana sebagai salah satu cara untuk membentuk kepribadian seseorang agar tidak terjerumus ke hal negatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pustaka dengan analisis deskriptif dan isi terhadap pemikiran Abdullāh Naşih ‘Ulwan, dalam kitab Tarbiyat Al-Aulād Fī Al-Islām tentang Pendidikan seks sejak dini. Penulis menganalisis dari segi psikologis dan sosiologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan seks menurut Abdullāh Nāşih ‘Ulwan adalah upaya pengajaran, penyadaran dan penerangan tentang masalah-masalah seksual kepada anak sejak ia mengenal masalah-masalah yang berkenaan dengan naluri seks dan perkawinan. Ketika anak tumbuh dewasa dan dapat memahami urusan-urusan kehidupan sosial, ia telah mengetahui apa saja yang diharamkan dan dihalalkan. Interaksi sosial yang berkaitan dengan Pendidikan seks dalam lingkup keluarga diantaranya dengan mengajarkan etika meminta izin, terutama ketika hendak memasuki kamar kedua orangtuanya, etika melihat aurat baik itu bagi mahram maupun bukan mahram. Adapun dalam hubungan sosial kemasyarakatan, anak mampu mengetahui kepedulian sosial yang berada dalam jalur nilai-nilai keislaman.

Keywords


Pendidikan Seks; Abdullāh Naşih 'Ulwan; Sosiologis; Psikologis

Full Text:

PDF

References


‘Ulwan, A. N. (1976). Tarbiyat Al-Aulād Fī Al-Islām. Daarussalam.

Abdirrahīm, A. al-‘Alī M. ‘Abdirrahmān ibni. (n.d.). Sunan At-tirmiżi. al-Maktabah asy-syāmilah.

Ad-Dasūqiyyu, M. ibnu A. (n.d.). Hāsyiyyah al-Dasūqiyyu. al Maktabah al Syamilah.

Akbar, A. (1986). Seksualitas Ditinjau dari Hukum Islam. Ghalia Indonesia.

Aṣ-Ṣuyūṭi, J. (n.d.). Jāmi’ al-Ahādits. al-Maktabah asy-Syāmilah.

Ath-Thawil, U. (2000). Ajaran Islam tentang Fenomena Seksual. Raja Grafindo Persada.

Gunawan, A. (2000). Sosiologi Pendidikan, Suatu Analisis Sosiologis tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Rineka cipta.

Hathuut, H. (2006). Panduan Seks Islami. Zahra.

Imron, A. (2016). Pendidikan Kepribadian Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. Edukasia Islamika, 1, 89. http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/edukasiaislamika/article/view/771

Katsīr, A. al-F. I. ibnu. (n.d.). Tafsīr al Qur’an al Adzīm. al Maktabah al Syamilah.

Khahya, T. I. (2005). Nikah dan Seks Menurut Islam. Akbar.

Khalis, I. (2011). Selain Nikmat, Seks itu Sangat Menyehatkan! Diva Press.

Madan, Y. (1995). Sex Education for Teens, Pendidikan Seks Remaja dalam Remaja. Mizan.

Madan, Y. (2004). Sex Education For Children. Mizan Publika.

Muslim, I. A. al-H. (n.d.). Al Jāmiu as-shahīh al-Musamma Shahīh Muslim. Toha Putra.

Prastiti, W. D. (2008). Psikologi Anak Usia Dini. Indeks.

Rezi, M., & Zubir, M. (2017). SEKSUALITAS DALAM ALQURAN (tinjauan Deskriptif Analitis Ayat-ayat Alquran). HUMANISMA : Journal of Gender Studies, 1(1), 47–60.

Rosyid, M. (2007). Pendidikan Seks, Mengubah Seks Abnormal Menuju Seks yang Lebih Bermoral. Syiar Media Publishing.

Sahli, S. (1975). Sex Education. Yayasan Arofah Abadi dan Yayasan Keluarga Sejahtera.

Srlito Wirawan Sarwono, A. S. (1986). Peranan Orang Tua dalam Pendidikan Seks. Rajawali.

Sudjana, N. (1995). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda Karya.

Suradi, M. A. (2008). Dr Abdullah Nasih Ulwan, Selagi Nadi Berdenyut Pena Sentiasa Menulis. Http://Tamanulama.Blogspot.Com/. http://tamanulama.blogspot.com/2008/01/dr-abdullah-nasih-ulwan-selagi-nadi.html

Syarifudin, A. (1991). Islam dan Pendidikan Seks Anak. Pustaka Mantiq.

Ulum, M. M. (2018). PENERAPAN KONSEP ṬŪLU AZ-ZAMĀN MENURUT AZ-ZARNUJI DI PONDOK PESANTREN ASMA’ CHUSNA KRANJI KEDUNGWUNI PEKALONGAN. 6(2), 58–86.

Zulpiadi. (2010). PENDIDIKAN SEKS PADA REMAJA MENURUT ISLAM. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Zuraeq, M. (2010). Pedoman Mendidik Anak Menjadi Shaleh dan Shaliha. Bintang Cemerlang.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i2.7481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya