Asosiasi Karakteristik Pasien Dengan Pola Komunikasi Dokter-Pasien Dalam Pemberian Pelayanan Kesehatan

Muhammad Alhada Fuadilah Habib, Marina Ramadhani, Adelina Fitri

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pola komunikasi (verbal dan non-verbal) antara dokter dengan pasien dalam pemberian pelayanan kesehatan. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji asosiasi antara karakteristik pasien dengan pola komunikasi dokter-pasien. Penelitian ini penting dilakukan karena permasalahan interaksi antara dokter dengan pasien masih sering ditemukan dalam realitas yang terdapat di masyarakat. Permasalahan-permasalahan tersebut terutama berkaitan dengan pola komunikasi antara dokter dengan pasien dalam pemberian pelayanan kesehatan.Penelitian ini menganalisis 100 orang pasien yang menjalani rawat inap di salah satu rumah sakit di Kota Surabaya. Pengambilan sambel dilakukan dengan teknik quota random sampling berdasarkan jenis kamar rawat inap, dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara terstruktur dengan menggunakan angket. Adapun analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif untuk mengetahui pola komunikasi yang secara umum terjadi di lokasi penelitian. Selanjutnya teknik analisis inferensial dilakukan dengan melakukan uji tabulasi silang, uji t-test dan uji binary logistic regression untuk mengetahui asosiasi antara karakteristik pasien dengan pola komunikasi dokter-pasien. Adapun untuk memperdalam temuan data, penelitian ini menambahkan data hasil indepthinterview kepada 8 orang informan yang terdiri dari dokter dan pasien rawat inap di lokasi penelitian. Pola komunikasi yang secara umum terjadi di lokasi penelitian menunjukkan hasil yang relatif seimbang antara pola komunikasi yang berpusat pada pasien dengan pola komunikasi yang berpusat pada dokter. Adapun pasien yang mengalami pola komunikasi berpusat pada dokter, jika dipahami dengan menggunakan sudut pandang teori relasi kekuasaan dari Michel Foucault, merupakan pasien yang mengalami upaya dominasi kekuasaan oleh dokter dalam sebuah relasi kekuasaan. Selanjutnya karakteristik pasien yang terbukti berasosiasi dengan pola komunikasi dokter-pasien adalah; lokasi tempat tinggal, agama/aliran kepercayaan, tingkat pendidikan, penghasilan, kepemilikan keluarga/relasi orang berpengaruh, status penggunaan asuransi kesehatan BPJS, dan jenis kamar rawat inap.


Keywords


Pola Komunikasi; Dokter Pasien; Pelayanan Kesehatan.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. (2017). Kota Surabaya Dalam Angka. Surabaya: Badan Pusat Statistik Kota Surabaya.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. (2017). Provinsi Jawa Timur Dalam Angka. Surabaya: Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur.

Brown, L. D. (2016). The doctor-patient relationship as a toolkit for uncertain clinical decisions. Social Science & Medicine, 108-115.

Dekkers, T., Melles, M., Mathijssen, N. M., Vehmeijer, S. B., & Ridder, H. d. (2018). Tailoring the orthopaedic consultation: How perceived patient characteristics influence surgeons’ communication. Patient Education and Counseling, 428-438.

Edelmann, R. J. (2000). Psychosocial Aspects of the Health Care Process. London: Prentice Hall.

Edmonds, B. T., McKenzie, F., Panoch, J. E., Wocial, L. D., Barnato, A. E., & Frankel, R. M. (2015). “Doctor, what would you do?”: Physicians’ responses to patient inquiries about periviable delivery. Patient Education and Counseling, 49-54.

Finset, A. (2012). “I Am Worried, Doctor!” Emotions In The Doctor–Patient Relationship. Patient Education and Counseling, 359-363.

Gáspárika, A. I., Ábrám, Z., Ceana, D., Sebesi, S., Farcas, D., & Gáspárik, A. C. (2014). Shortages of Doctor-Patient Communication. Teaching Patients to Communicate Effectively. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 376-379.

Habib, M. A., & Maika, A. (2018). Pola Komunikasi Dokter-Pasien dalam Pemberian Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta: Repository Universitas Gadjah Mada.

Hadijah. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Palu Provinsi Sulawesi Tengah. e Jurnal Katalogis, 118-129.

Hazfiarini, A., & Ernawaty. (2016). Indeks Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 77-85.

Ihkwan, H. (2013). Imajinasi Pluralitas. Jurnal Studi Pemuda, 90-94.

Iskandar. (2012). Mentalitas Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme Dalam Penyelenggaraan Otonomi Daerah (Suatu Kajian Dari Perspektif Konsep Etika Uber Ich Sigmund Freud dan Good Governance). Bengkulu: Repository Universitas Bengkulu.

Januar, P. (1998). Pengaruh Ciri Perseorangan Pasien Terhadap Interaksi Dengan Dokter Gigi, Kepuasan dan Ketaatan Berobat Pada Pelayanan Kesehatan Gigi. Surabaya: Repository Universitas Airlangga.

JPNN. (2017, November 5). BPJS Kesehatan Berutang Rp 87 Miliar. Retrieved from jpnn.com: https://www.jpnn.com/news/bpjs-kesehatan-berutang-rp-87-miliar?page=2

Kaba, R., & Sooriakumaran, P. (2007). The Evolution of The Doctor-Patient Relationship. International Journal of Surgery, 57-65.

Keshet, Y., & Giveon, A. P. (2017). Neutrality in medicine and health professionals from ethnic minority groups: The case of Arab health professionals in Israel. Social Science & Medicine, 35-42.

Kushner, T. (1981). Doctor-Patient Relationships In General Practice: A Different Model. Journal of Medical Ethics, 128-131.

Liliweri, A. (2005). Prasangka & Konflik: Komunikasi Lintas Budaya Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta.

Lipp, M. J., Riolo, R., Riolo, M., Farkas, J., Liu, T., & J.Cisneros, G. (2016). Showing you care: An empathetic approach to doctor–patient communication. Seminars in Orthodontics, 88-94.

Litva, A., & Eyles, J. (1994). Health or healthy: Why people are not sick in a Southern Ontarian town. Social Science & Medicine, 1083-1091.

Martono, N. (2014). Sosiologi Pendidikan Michel Foucault: Pengetahuan, Kekuasaan, Disiplin, Hukuman, dan Seksualitas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mukharomah, K. I., & Cahyati, W. H. (2016). Hubungan Faktor Sosial Ekonomi Dengan Keterlambatan Diagnosis Penderita Kanker Leher Rahim di RSUD Kota Semarang. Public Health Perspective Journal, 60-66.

Mulkhan, A. M. (2008). Diskriminasi di Sekeliling Kita: Negara, Politik, Diskriminasi dan Multikulturalisme. Yogyakarta: Interfidei.

Pawlikowska, T., Zhang, W., Griffiths, F., Dalen, J. v., & Vleuten, C. v. (2012). Verbal and non-verbal behavior of doctors and patients in primary care consultations – How this relates to patient enablement. Patient Education and Counseling, 70-76.

Pertiwi, A. A. (2016). Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien BPJS dan Pasien Umum Terhadap Kepuasan Pasien di Rawat Jalan RSUD Kota Surakarta. Surakarta: Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ritzer, G. (2012). Teori Sosiologi: Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern (Edisi Kedelapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusqiyati, E. A. (2018, Februari 28). RS Jogja Keluhkan Keterlambatan Pencairan BPJS. Retrieved from Antaranews.com: https://www.antaranews.com/berita/689276/rs-jogja-keluhkan-keterlambatan-pencairan-bpjs

Serambi News. (2018, Januari 9). BPJS Kesehatan Tunggak Klaim Hingga 13 M. Retrieved from Serambinews.com: https://aceh.tribunnews.com/2018/01/09/bpjs-kesehatan-tunggak-klaim-hingga-13-m

Soejoeti, S. Z. (2018, April 15). Konsep Sehat, Sakit dan Penyakit dalam Konteks Sosial Budaya. Retrieved from Yuniawan Blog Unair: http://www.yuniawan.blog.unair.ac.id/files/2008/03/sehatsakit.pdf

Steihaug, S., Gulbrandsen, P., & Werner, A. (2012). Recognition Can Leave Room For Disagreement In The Doctor–Patient Consultation. Patient Education and Counseling, 316-321.

Suryaputra, M. (2016). Relasi kekuasaan dalam interaksi dokter dan pasien pada pemberian layanan kesehatan (studi kualitatif pada dokter dan pasien yang melakukan pengobatan di rumah sakit umum, dr. soetomo, surabaya). Komunitas, 1-15.

Triyono, A. (2017, Desember 5). BPJS Kesehatan Punya Tanggungan Utang Rp 1 Triliun ke Rumah Sakit. Retrieved from Tribun Bisnis: https://www.tribunnews.com/bisnis/2017/12/05/bpjs-kesehatan-punya-tanggungan-utang-rp-1-triliun-ke-rumah-sakit

Wahyuni, T., Yanis, A., & Erly. (2013). Hubungan Komunikasi Dokter–Pasien Terhadap Kepuasan Pasien Berobat Di Poliklinik RSUP DR. M. Djamil Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 175-177.

Widarjono, A. (2016). Ekonometrika: Pengantar dan Aplikasi Disertasi Panduan Eviews. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Yingting, Z., Pal, R. Y., Wilson, T. W., Lee, A., Ong, M., & Hwa, T. L. (2018). Spiritual perspectives of emergency medicine doctors and nurses in caring for end-of-life patients: A mixed-method study. International Emergency Nursing, 13-22.

Yusuf, J. (2017). Hubungan Tingkat Pendidikan Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Rawat Jalan Terhadap Kepatuhan Penggunaan Oad (Oral Anti Diabetes) Di Apotek RSI Unisma Malang. Malang: Repository Universitas Brawijaya.

Zhao, L., & Junwang. (2013). Research on psychological factors which influence Doctor-Patient communications among outpatients. Journal of Medical Colleges of PLA, 20-28.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i2.7161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Equilibrium : Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya